Waspada, Perubahan DNA terjadi karena Kegemukan

Oleh : Dirk/Metro | Minggu, 09 Juni 2019 | 12:35 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Sebentar waktu liburan akhir tahun segera berakhir dan salah satu hal yang paling berdampak selama liburan adalah peningkatan berat badan. Hal ini juga diungkapkan oleh sebuah studi berskala internasional yang mengungkapkan bahwa penambahan berat badan selama liburan dapat memengaruhi DNA, meskipun tak terlalu kentara secara fisik.

Para peneliti memeriksa sampel darah dari 10 ribu wanita dan pria di Eropa yang didominasi penduduk London keturunan India, yang memiliki risiko tinggi dalam hal obesitas dan penyakit metabolik, menurut mereka.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Nature tersebut menunjukkan bahwa indeks massa tubuh (IBM) yang tinggi dapat menyebaban perubahan epigenik pada sekitar 200 lokus pada genom, yang nantinya akan berefek pada ekspresi gen.

"Secara khusus, perubahan signifikan yang ditemukan pada ekspresi gen bertanggung jawab pada metabolisme lemak dan pengangkutan substrat, namun peradangan yang berhubungan dengan lokus gen juga berpengaruh," ujar pemimpin penelitian Harald Grallert dari Helmholtz Zentrum Munchen-German Research Centre for Environmental Health di Neuherberg, Jerman.

Meskipun gen tidak berubah selama kelangsungan hidup, gaya hidup secara langsung memengaruhi lingkungan sekitar gen. Lingkungan yang dimaksud adalah epigenom yang merupakan segala bentuk kejadian di sekitar gen.

Hingga saat ini, belum banyak penelitian yang melihat bagaimana epigenom berubah karena kenaikan berat badan.

"Isu ini cukup relevan karena sekitar satu setengah milyar orang di dunia mengalami kegemukan, ujar peneliti pertama Simone Wahl dari Research Unit Molecular Epidemiology (AME) di Helmholtz Zentrum Munchen.

Dari data tersebut, para peneliti juga mengidentifikasi penanda epigenik yang dapat memprediksi risiko diabetes tipe 2.

"Kami harap ini bisa menjadi strategi baru untuk memprediksi dan mencegah diabetes tipe 2 dan konsekuensi lainnya karena kegemukan," pungkas Christian Gieger, pemimpin AME.




Fokus : DNA


#Kegemukan
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 8 menit yang lalu

Cara Alami Atasi Perut Kembung

Wartakesehatan.com - Perut kembung adalah kondisi dimana perut terasa kenyang walaupun belum makan, dan biasanya juga..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Banyak Hutang awas Dampaknya bagi Kesehatan!

Wartakesehatan.com - Mungkin besarnya utang sudah selalu dihubungkan dengan efek buruk bagi kesehatan. Beberapa ancaman..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Ketahui, 10 Kategori Mimpi Basah

Wartakesehatan.com - Mimpi basah atau dalam bahasa medis disebut emisi nokturnal adalah peristiwa alami yang dialami pria...
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

5 Manfaat Belimbing bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Belimbing merupakan buah yang berasal dari wilayah negara dengan iklim tropis. Belimbing merupakan..
Obat & Penyakit - 4 jam yang lalu

5 Tips Mencegah Ganasnya Diabetes

Wartakesehatan.com - Diabetes adalah penyakit jangka panjang yang ditandai dengan kadar gula darah yang sangat tinggi...
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Alasan Mengapa Kita Gampang Kehilangan Energi

Wartakesehatan.com - Banyak diantara kita yang sering kehilangan energi meski masih pagi hari. Biasanya tiba-tiba merasa..
Mamin - 6 jam yang lalu

Waspada, Daging Merah pengaruhi Raut Wajah

Wartakesehatan - Hampir setiap makanan seperti hamburger, steak atau jenis-jenis kuliner berbahan dasar daging sapi atau..
Mamin - 7 jam yang lalu

Ingin Anak Bertumbuh dengan Sehat berikan Makanan Bernutrisi

Wartakesehatan - Anak adalah salah satu pemberian Tuhan yang paling mulia oleh sebab itu kita harus menjaga dan mendidik dengan..
Obat & Penyakit - 8 jam yang lalu

Kenali Gangguan Jantung dan Tanda-tandanya!

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri beberapa orang percaya bahwa serangan jantung adalah penyakit yang menghantui orang tua,..
Tekhnologi - 20 jam yang lalu

Rokok Elektrik Membahayakan Kesehatan Gigi

Wartakesehatan.com - Sebuah penelitian menunjukkan bahwa rokok elektrik dapat membahayakan kesehatan gigi dan gusi..

+Indeks