Waspada, Perubahan DNA terjadi karena Kegemukan

Oleh : Dirk/Metro | Minggu, 09 Juni 2019 | 12:35 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Sebentar waktu liburan akhir tahun segera berakhir dan salah satu hal yang paling berdampak selama liburan adalah peningkatan berat badan. Hal ini juga diungkapkan oleh sebuah studi berskala internasional yang mengungkapkan bahwa penambahan berat badan selama liburan dapat memengaruhi DNA, meskipun tak terlalu kentara secara fisik.

Para peneliti memeriksa sampel darah dari 10 ribu wanita dan pria di Eropa yang didominasi penduduk London keturunan India, yang memiliki risiko tinggi dalam hal obesitas dan penyakit metabolik, menurut mereka.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Nature tersebut menunjukkan bahwa indeks massa tubuh (IBM) yang tinggi dapat menyebaban perubahan epigenik pada sekitar 200 lokus pada genom, yang nantinya akan berefek pada ekspresi gen.

"Secara khusus, perubahan signifikan yang ditemukan pada ekspresi gen bertanggung jawab pada metabolisme lemak dan pengangkutan substrat, namun peradangan yang berhubungan dengan lokus gen juga berpengaruh," ujar pemimpin penelitian Harald Grallert dari Helmholtz Zentrum Munchen-German Research Centre for Environmental Health di Neuherberg, Jerman.

Meskipun gen tidak berubah selama kelangsungan hidup, gaya hidup secara langsung memengaruhi lingkungan sekitar gen. Lingkungan yang dimaksud adalah epigenom yang merupakan segala bentuk kejadian di sekitar gen.

Hingga saat ini, belum banyak penelitian yang melihat bagaimana epigenom berubah karena kenaikan berat badan.

"Isu ini cukup relevan karena sekitar satu setengah milyar orang di dunia mengalami kegemukan, ujar peneliti pertama Simone Wahl dari Research Unit Molecular Epidemiology (AME) di Helmholtz Zentrum Munchen.

Dari data tersebut, para peneliti juga mengidentifikasi penanda epigenik yang dapat memprediksi risiko diabetes tipe 2.

"Kami harap ini bisa menjadi strategi baru untuk memprediksi dan mencegah diabetes tipe 2 dan konsekuensi lainnya karena kegemukan," pungkas Christian Gieger, pemimpin AME.




Fokus : DNA


#Kegemukan
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Mamin - 11 jam yang lalu

Makanan yang bisa Atasi Insomnia

Wartakesehatan.com - Kekurangan tidur dapat menyebabkan berbagai masalah, mulai dari menurunnya kondisi mental dan juga..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

Bahanya 'Sleep Apnea' berujung Kematian

Wartakesehatan - Sleep Apnea Merupakan ganguan tidur yang menyebabkan nafas berhenti selama beberapa detik. Penyakit ini..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Pentingnya Mandi pada Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri masih banyak orang yang mengabaikan kebersihan tubuh atau bisa disebut dengan jarang..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Dampak Kurang Minum Air Putih Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Minimnya asupan air mineral, bisa berdampak pada kesehatan tubuh Anda lho. Tak hanya sembelit saja,..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Cara Mengetahui Kesehatan Rambut

Wartakesehatan.com - Penting sekali untuk mengetahui bagaimana perawatan rambut yang tepat sesuai jenis dan juga..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

7 Tips untuk Berhenti Merokok

Wartakesehatan - Beberapa perokok mungkin memiliki keinginan untuk berhenti merokok. Alasannya sederhana karena merokok..
Mamin - 17 jam yang lalu

Jaga Kesehatan Usus dengan 5 Makanan ini!

Wartakesehatan.com - Usus merupakan organ tubuh yang harus dijaga agar selalu sehat dan bekerja secara optimal. Usus..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Tips Tetap Sehat di Tempat Kerja

Wartakesehatan.com - Selain waktu yang banyak dihabiskan di kantor, gaya hidup tidak sehat, kurang olahraga dan sering..
Warta Sehat - 19 jam yang lalu

Cara Alami Ini Bisa Putihkan Gigi

Wartakesehatan.com - Hal yang satu ini mungkin aneh bagi masyarakat indonesia.Mencampurkan teh dengan sedikit susu..
Obat & Penyakit - 20 jam yang lalu

Sabun Anti Bakteri bisa atasi Bisul

Wartakesehatan - Bisul merupakan salah satu gangguan kulit yang umur terjadi. Bisul adalah benjolan merah pada kulit yang..

+Indeks