Hati-hati, Paparan Polusi Mengancam Ibu Hamil

Oleh : Dirk/kompas | Minggu, 02 Juni 2019 | 08:05 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Walaupun terlihat merupakan hal yang biasa, polusi dikota yang padat ternyata bisa sangat fatal bagi kesehatan. Hal ini telah diuji oleh para peneliti yang berulang kali melakukan studi mengenai orang-orang yang tinggal di tengah kota yang sibuk dan kaitannya dengan beberapa masalah kesehatan.

Kali ini, penelitian yang dilakukan di Denmark menemukan peningkatan risiko pre-eklampsia pada ibu hamil yang tinggal dekat jalan raya yang padat. Menurut peneliti, polusi udara dan kebisingan lalu lintas kerap membuat ibu hamil stres sehingga memicu tekanan darah tinggi atau terjadi pre-eklampsia. Tingkat stres yang tinggi pun bisa menyebabkan peradangan sehingga memicu penyakit kronik.

Pre-eklampsia merupakan salah satu komplikasi kesehatan ibu hamil. Pre-eklampsia dapat menghambat aliran darah dan nutrisi ke bayi melalui plasenta. Akibatnya, bisa menghambat tumbuh kembang bayi. Bahkan, bisa berujung pada kematian ibu dan bayi.

Tanda-tanda tekanan darah tinggi pada ibu hamil antara lain pembengkakan di kaki, wajah, dan tangan, sakit kepala parah, masalah penglihatan, hingga sakit di bawah tulang rusuk.

Wanita hamil juga lebih berisiko pre-eklampsia apabila obesitas, memiliki tekanan darah tinggi sebelum hamil, ada penyakit diabetes, atau ada riwayat keluarga yang pre-eklamsia.

Penelitian yang dipimpin oleh Profesor Marie Pedersen dari University of Copenhagen itu melibatkan 72.745 wanita hamil. Menurut Marie, penilitian ini adalah bukti nyata kepadatan lalu lintas dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Ia berharap semua negara yang padat penduduknya dapat mengatasi masalah polusi udara asap kendaraan bermotor yang umumnya terjadi di tengah kota besar.

Sebelumnya, penelitian yang dipublikasikan di jurnal Lancet menyatakan, orang-orang tinggal di dekat jalan raya yang sibuk lebih berisiko demensia daripada yang tidak. Selain itu, polusi udara dari kendaraan meningkatkan risiko penyakit jantung dan asma.




Fokus : Polusi


#Ibu Hamil
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 25 menit yang lalu

Konsumsi Teh Hijau Berlebihan, ini Bahayanya!

Wartakesehatan.com - Selama ini teh hijau dikenal sebagai salah satu minuman yang memiliki manfaat kesehatan dan..
Obat & Penyakit - 9 jam yang lalu

Stop Kebiasaan Begadang, Tubuh bisa Rusak!

Wartakesehatan.com - Menurut para ahli, tidur bukan hanya untuk penghilang lelah. Studi terbaru menemukan bahwa kehilangan..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

5 Tips Atasi Sulit Tidur

Wartakesehatan.com - Tidur merupakan aktivitas rutin yang dilakukan oleh manusia untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran...
Obat & Penyakit - 11 jam yang lalu

5 Cara Pintar Atasi Nyeri saat Haid

Wartakesehatan.com - Pada umumnya wanita merasakan nyeri atau kram perut saat haid (Dismenore) yang dapat berlangsung..
Ibu & Anak - 12 jam yang lalu

Penting! Ibu Hamil jaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Wartakesehatan.com - Kesehatan mulut dan gigi ibu hamil sebaiknya mendapat perhatian yang serius, bahkan sejak sebelum..
Mamin - 13 jam yang lalu

Basmi Jerawat Dengan Makanan Sehat ini!

Wartakesehatan.com - Wajah penuh jerawat dan terlihat kusam adalah tanda telah terjadi penumpukan racun dalam jumlah yang..
Tekhnologi - 13 jam yang lalu

ASUS VivoBook A409, Laptop Klasik dengan NanoEdge Display

Jakarta, Warkes.com - ASUS kembali menghadirkan laptop klasik mainstream ke pasaran Indonesia. Laptop sehari-hari yang..
Tekhnologi - 13 jam yang lalu

Sophia the Robot Gambaran Kecerdasan Manusia di Atas Manusia Buatan

Jakarta, Warkes.com – Bagaimanapun pintarnya robot, tentu merupakan sebuah program yang dalam hal ini dibuat oleh..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Kembangkan Sayap Bisnis di Yogyakarta Toys Kingdom Buku Toko ke Tiga-nya

Yogyakarta, Warkes.com - Toys Kingdom, pusat mainan dan hobi untuk segala usia kembali membuka toko terbaru tepatnya di Jogja..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Waspada, Ruang AC bisa bikin Gemuk

Wartakesehatan.com - Di jaman yang sudah modern ini, AC tampaknya telah jadi bagian kehidupan kita sehari-hari. Di kantor,..

+Indeks