Hati-hati, Paparan Polusi Mengancam Ibu Hamil

Oleh : Dirk/kompas | Minggu, 02 Juni 2019 | 08:05 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Walaupun terlihat merupakan hal yang biasa, polusi dikota yang padat ternyata bisa sangat fatal bagi kesehatan. Hal ini telah diuji oleh para peneliti yang berulang kali melakukan studi mengenai orang-orang yang tinggal di tengah kota yang sibuk dan kaitannya dengan beberapa masalah kesehatan.

Kali ini, penelitian yang dilakukan di Denmark menemukan peningkatan risiko pre-eklampsia pada ibu hamil yang tinggal dekat jalan raya yang padat. Menurut peneliti, polusi udara dan kebisingan lalu lintas kerap membuat ibu hamil stres sehingga memicu tekanan darah tinggi atau terjadi pre-eklampsia. Tingkat stres yang tinggi pun bisa menyebabkan peradangan sehingga memicu penyakit kronik.

Pre-eklampsia merupakan salah satu komplikasi kesehatan ibu hamil. Pre-eklampsia dapat menghambat aliran darah dan nutrisi ke bayi melalui plasenta. Akibatnya, bisa menghambat tumbuh kembang bayi. Bahkan, bisa berujung pada kematian ibu dan bayi.

Tanda-tanda tekanan darah tinggi pada ibu hamil antara lain pembengkakan di kaki, wajah, dan tangan, sakit kepala parah, masalah penglihatan, hingga sakit di bawah tulang rusuk.

Wanita hamil juga lebih berisiko pre-eklampsia apabila obesitas, memiliki tekanan darah tinggi sebelum hamil, ada penyakit diabetes, atau ada riwayat keluarga yang pre-eklamsia.

Penelitian yang dipimpin oleh Profesor Marie Pedersen dari University of Copenhagen itu melibatkan 72.745 wanita hamil. Menurut Marie, penilitian ini adalah bukti nyata kepadatan lalu lintas dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Ia berharap semua negara yang padat penduduknya dapat mengatasi masalah polusi udara asap kendaraan bermotor yang umumnya terjadi di tengah kota besar.

Sebelumnya, penelitian yang dipublikasikan di jurnal Lancet menyatakan, orang-orang tinggal di dekat jalan raya yang sibuk lebih berisiko demensia daripada yang tidak. Selain itu, polusi udara dari kendaraan meningkatkan risiko penyakit jantung dan asma.




Fokus : Polusi


#Ibu Hamil
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Mamin - 11 jam yang lalu

Makanan yang bisa Atasi Insomnia

Wartakesehatan.com - Kekurangan tidur dapat menyebabkan berbagai masalah, mulai dari menurunnya kondisi mental dan juga..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

Bahanya 'Sleep Apnea' berujung Kematian

Wartakesehatan - Sleep Apnea Merupakan ganguan tidur yang menyebabkan nafas berhenti selama beberapa detik. Penyakit ini..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Pentingnya Mandi pada Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri masih banyak orang yang mengabaikan kebersihan tubuh atau bisa disebut dengan jarang..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Dampak Kurang Minum Air Putih Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Minimnya asupan air mineral, bisa berdampak pada kesehatan tubuh Anda lho. Tak hanya sembelit saja,..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Cara Mengetahui Kesehatan Rambut

Wartakesehatan.com - Penting sekali untuk mengetahui bagaimana perawatan rambut yang tepat sesuai jenis dan juga..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

7 Tips untuk Berhenti Merokok

Wartakesehatan - Beberapa perokok mungkin memiliki keinginan untuk berhenti merokok. Alasannya sederhana karena merokok..
Mamin - 17 jam yang lalu

Jaga Kesehatan Usus dengan 5 Makanan ini!

Wartakesehatan.com - Usus merupakan organ tubuh yang harus dijaga agar selalu sehat dan bekerja secara optimal. Usus..
Warta Sehat - 19 jam yang lalu

Tips Tetap Sehat di Tempat Kerja

Wartakesehatan.com - Selain waktu yang banyak dihabiskan di kantor, gaya hidup tidak sehat, kurang olahraga dan sering..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

Cara Alami Ini Bisa Putihkan Gigi

Wartakesehatan.com - Hal yang satu ini mungkin aneh bagi masyarakat indonesia.Mencampurkan teh dengan sedikit susu..
Obat & Penyakit - 20 jam yang lalu

Sabun Anti Bakteri bisa atasi Bisul

Wartakesehatan - Bisul merupakan salah satu gangguan kulit yang umur terjadi. Bisul adalah benjolan merah pada kulit yang..

+Indeks