Sakit Kepala, Hati-hati Trombositosis

Oleh : Ilham Moestavi | 1health.id | Selasa, 10 Januari 2017 | 19:05 WIB


IST

Wartakesehatan - Trombositosis adalah suatu kondisi dimana jumlah trombosit yang diproduksi tubuh terlalu tinggi. Informasi tentang jumlah trombosit bisa diketahui dengan melakukan pemeriksaan darah. Jumlah trombosit yang dikatakan normal adalah berjumlah 150.000-240.000 platelet per mikroliter darah.

Trombositosis juga menjadi penyebab utama penggumpalan darah. Kondisi kelebihan jumlah trombosit ini disebabkan oleh adanya infeksi maupun gangguan pada tulang dan sumsum tulang. Umumnya trombositosis dibagi menjadi dua, yaitu:

  1. Trombositosis primer atau trombositosis esensial yang ini disebabkan oleh gangguan pada sumsum tulang. Kondisi ini yang lebih sering menjadi penyebab penggumpalan darah.
  2. Trombositosis sekunder atau trombositosis reaktif yang disebabkan oleh penyakit lain seperti reaksi alergi, serangan jantung, infeksi, kekurangan zat besi, kekurangan vitamin, dan kanker. Akibat kondisi ini tubuh bereaksi dengan melepaskan sitokin yang menyebabkan meningkatkan produksi trombosit.

Penggumpalan darah yang terjadi akibat trombositosis ini bisa terjadi di beberapa area tubuh, seperti di tangan, kaki hingga otak sehingga menyebabkan stroke. Bila diperhatikan, trombositosis memiliki gejala berupa sakit kepala, pusing, mudah lelah, sakit dada, kesemutan di tangan dan kaki, gangguan penglihatan sementara hingga perdarahan dalam bentuk mimisan, gusi berdarah, dan timbul memar di kulit.

Untuk menghindari kondisi ini, Anda bisa mencegahnya dengan cara menerapkan pola hidup sehat, mengonsumsi makanan yang sehat, menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh, mempertahankan berat badan, menghindari rokok dan melakukan aktivitas fisik setidaknya 30 menit setiap hari.




Fokus : Sakit Kepala


#Sakit Kepala
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Konsumsi Toge bisa bikin Sperma Sehat

Wartakesehatan.com - Toge merupakan salah satu sumber vitamin E, antioksidan yang penting untuk reproduksi. Vitamin..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Konsumsi Toge bisa bikin Sperma Sehat

Wartakesehatan.com - Toge merupakan salah satu sumber vitamin E, antioksidan yang penting untuk reproduksi. Vitamin..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Atasi Masalah Kesehatan dengan Jus Kentang

Wartakesehatan.com - Mengonsumsi jus kentang juga ampuh mengatasi berbagai masalah penyakit. Berikut masalah kesehatan..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Berjalan Tanpa Alas Kaki Menyehatkan Tulang

Wartakesehatan.com - Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika berolahraga dengan melepas alas kaki bisa memberikan banyak..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Pisang Merah Melindungi Kesehatan Jantung

Wartakesehatan.com - Menurut riset yang ditulis dari medicaldaily. com, pisang merah mempunyai kalori sejumlah 30 kalori..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Buah Mangga Mengandung Banyak Vitamin

Wartyakesehatan.com - Tahukah Anda bahwa buah mangga merupakan jenis buah khas Indonesia, selain jenis buah-buahan lain..
Tekhnologi - 2 hari yang lalu

6 Bahaya jika Berlebihan Menggunakan AC

Wartakesehatan.com - Dampak penggunaan AC bagi kesehatan bisa muncul jika tubuh manusia sering terkena Air Conditioner..
Mamin - 2 hari yang lalu

Dapatkan Kulit Sehat dengan Sarapan Sehat

Wartakesehatan.com - Selain sehat dan memberikan energi, makan pagi juga membantu menjaga konsentrasi seseorang. Banyak..
Warta Sehat - 6 hari yang lalu

Kesuburan Anak dipengaruhi oleh Pola Makan Ayah

Wartakesehatan - Percaya atau tidak ternyata pola makan seorang ayah terutama asupan protein ternyata sangat mempengaruhi..
Warta Sehat - 6 hari yang lalu

Perhatikan Hal ini, Sebelum memakai Lensa Kontak

Wartakesehatan - Lensa kontak akhir-akhir ini menjadi pilihan bagi mereka yang mengalami mata minus karena selain mudah..

+Indeks