Sering Mimpi Buruk Waspada Makanan ini!

Oleh : Dirk/sindo | Selasa, 10 Januari 2017 | 18:45 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Bukan hanya saat beraktivitas namun makanan yang kita konsumsi juga memberikan pengaruh saat tubuh terlelap alias mempengaruhi mimpi. Sejumlah makanan pun dipercaya bisa menyebabkan mimpi buruk. Akibatnya, detak jantung berdebar menjadi lebih cepat dan memicu rasa lelah.

Dilansir dari Medical Daily, mimpi buruk umumnya terjadi karena adanya kekacauan penerimaan informasi di otak selama fase tidur REM. Kekacauan tersebut disebabkan oleh konsumsi obat-obatan tertentu, alkohol hingga sensitivitas terhadap makanan tertentu. Oleh karena itu, sejumlah pakar menyarankan untuk menghindari makanan tersebut saat makan malam atau ketika waktu tidur.

Lisa Medeline, asosiasi klinis psikiatri dari University of Chicago Hospital menjelaskan, ada beberapa makanan yang bisa menyebabkan mimpi buruk. Makanan tersebut adalah makanan pedas, berlemak tinggi dan mengandung banyak minyak hewani. Menurut Lisa, makanan tersebut akan menaikkan suhu tubuh dan mengganggu fase tidur REM.

Di mana kondisi ini sama seperti saat seseorang menderita demam. Tak hanya itu, Lisa juga menilai, makanan berat dan pedas juga sulit dicerna dan mengakibatkan gangguan pada siklus tidur. 

“Sangat mungkin bila makanan pedas, atau makanan lain seperti susu dan makanan berminyak, kadang-kadang menyebabkan mimpi buruk atau mimpi aneh," papar profesor di Universite de Montreal merangkap direktur laboratorium mimpi dan mimpi buruk di Sacre-Coeur Hospital, Tore Nielsen.

Selain itu, makanan dengan komposisi kimia tertentu juga akan memengaruhi mimpi seseorang. Seperti halnya makanan dengan kandungan triptofan atau melatonin yang akan memperpanjang fase tidur REN dan membuat mimpi terasa lebih nyata. 




Fokus : Mimpi Buruk


#Makanan
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Konsumsi Toge bisa bikin Sperma Sehat

Wartakesehatan.com - Toge merupakan salah satu sumber vitamin E, antioksidan yang penting untuk reproduksi. Vitamin..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Konsumsi Toge bisa bikin Sperma Sehat

Wartakesehatan.com - Toge merupakan salah satu sumber vitamin E, antioksidan yang penting untuk reproduksi. Vitamin..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Atasi Masalah Kesehatan dengan Jus Kentang

Wartakesehatan.com - Mengonsumsi jus kentang juga ampuh mengatasi berbagai masalah penyakit. Berikut masalah kesehatan..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Berjalan Tanpa Alas Kaki Menyehatkan Tulang

Wartakesehatan.com - Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika berolahraga dengan melepas alas kaki bisa memberikan banyak..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Pisang Merah Melindungi Kesehatan Jantung

Wartakesehatan.com - Menurut riset yang ditulis dari medicaldaily. com, pisang merah mempunyai kalori sejumlah 30 kalori..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Buah Mangga Mengandung Banyak Vitamin

Wartyakesehatan.com - Tahukah Anda bahwa buah mangga merupakan jenis buah khas Indonesia, selain jenis buah-buahan lain..
Tekhnologi - 2 hari yang lalu

6 Bahaya jika Berlebihan Menggunakan AC

Wartakesehatan.com - Dampak penggunaan AC bagi kesehatan bisa muncul jika tubuh manusia sering terkena Air Conditioner..
Mamin - 2 hari yang lalu

Dapatkan Kulit Sehat dengan Sarapan Sehat

Wartakesehatan.com - Selain sehat dan memberikan energi, makan pagi juga membantu menjaga konsentrasi seseorang. Banyak..
Warta Sehat - 6 hari yang lalu

Kesuburan Anak dipengaruhi oleh Pola Makan Ayah

Wartakesehatan - Percaya atau tidak ternyata pola makan seorang ayah terutama asupan protein ternyata sangat mempengaruhi..
Warta Sehat - 6 hari yang lalu

Perhatikan Hal ini, Sebelum memakai Lensa Kontak

Wartakesehatan - Lensa kontak akhir-akhir ini menjadi pilihan bagi mereka yang mengalami mata minus karena selain mudah..

+Indeks