Rahasia Cepat Langsing Pasca Melahirkan

Oleh : Ilham Moestavi | 1health.id | Jumat, 13 Januari 2017 | 15:02 WIB


IST

Wartakesehatan - Usai melewati masa persalinan, kebanyakan dari seorang ibu mungkin telah mengagendakan untuk melakukan penurunan berat badan. Bahkan, bagi sebagian ibu, hal ini sudah direncanakan sejak bayi belum lahir. Untuk urusan ini, maka ibu perlu dua cara untuk mencapai impiannya. Yaitu melakukan diet aman untuk ibu menyusui dan olahraga.

Olahraga memang terdengar sederhana, tapi kenyataannya, bagi ibu baru hal ini ternyata cukup sulit. Terutama untuk 'mencuri' waktu berolahraga. Semenjak Anda diperbolehkan melakukan olahraga pascamelahirkan oleh dokter, Anda bisa melakukan beberapa jenis olahraga mudah berikut, yang bisa dilakukan kapan pun.

Jalan kaki

Mungkin kedengarannya tidak terlalu menantang, apalagi kalau Anda sebelum melahirkan begitu aktif, tapi jalan kaki adalah olahraga terbaik bagi ibu baru. Cukup jalan santai, dan lakukan perlahan-lahan. Tambahkan intensitas dan jarak perjalanan Anda pada sesi berikutnya, namun tetap sesuai dengan kemampuan. Anda juga bisa mengajak bayi ikut serta dalam kegiatan ini. Letakkan ia di dalam kereda dorong, dan bayi pun ikut mendapatkan udara segar.

Kontraksi otot perut

Olahraga ini sangat sederhana dan bisa membantu merelaksasi otot sekaligus menguatkan dan membentuk otot perut. Caranya, duduk tegap dan tarik napas dalam-dalam hingga paru-paru terasa penuh dan menekan diafragma. Saat menarik napas, kencangkan otot perut . Sebaliknya, saat melepas napas, relaksasi otot perut. Terus berlatih sampai dapat menahan otot perut dalam waktu yang cukup lama.

Rangkaian sit up

Sit up merupakan salah satu gerakan yang dapat memperkuat otot perut, namun khusus untuk ibu yang baru melahirkan, sebaiknya jangan dilakukan dengan terburu-buru. Hingga kondisi yang dinyatakan aman oleh dokter untuk melakukan olahraga, lakukan gerakan sit up mulai dari gerakan mengangkat kepala, dilanjutkan ke bahu dan kemudian sit up.

Lakukan gerakan ini dengan cara posisikan tubuh dengan tiduran, angkat kepala perlahan-lahan hingga dagu menyentuh dada. Bila Anda bisa melakukan gerakan ini 10 kali tanpa masalah, maka mulailah mengangkat bahu. Sama seperti angkat kepala tadi, angkat kepala dan bahu dengan sedikit membengkokkan punggung. Posisikan tangan lurus ke depan agar terasa berat, atau silangkan tangan di dada. Selanjutnya, bila Anda sudah dapat melakukan ini 10 kali dengan mudah, perlahan mulailah gerakan sit up secara perlahan-lahan.

Yoga cow pose

Gerakan yoga ini bisa membantu Anda membentuk otot perut dan mengurangi nyeri punggung. Caranya ambil posisi merangkak dengan jari kaki menyentuh lantai dan tangan lurus ke depan, sejajar dengan bahu. Pastikan posisi punggung lurus namun santai, tidak ditekuk. Saat menarik napas, angkat kepala sambil melihat ke langit-langit, lalu gerakkan perut ke depan dan sedikit mengangkat bokong. Tahan posisi selama beberapa detik, lepas napas dan perlahan kembali ke posisi awal.

Kegel

Kegel tidak hanya menguatkan otot pada area organ intim wanita, tapi juga membantu mengencangkan otot perut, paha dan bokong. Fokus utama Anda saat melakukan olahraga ini adalah mengencangkan otot yang biasa ditahan saat tahan buang air kecil. Agar lebih jelas otot mana yang perlu Anda tahan, cobalah gerakan ini saat sedang buang air kecil. Fokus pada otot-otot yang dapat menghentikan keluarnya air seni. Semakin lama Anda bisa menahan otot ini, maka semakin bermanfaat bagi tubuh.




Fokus : Langsing


#Melahirkan #Langsing #Perubahan Tubuh
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

Penuhi Kebutuhan Nutrisi Anak Agar Imunitas Kuat dengan Lytacur

Wartakesehatan.com - Semua orang bisa terinfeksi virus corona Covid-19. Karena virus menyerang dan menginfeksi siapa saja tanpa..
Obat & Penyakit - 4 hari yang lalu

Demam dan Batuk Kering Belum Tentu Corona, Ini Strategi Terapi Alaminya!

Wartakesehatan.com - Kasus positif COVID-19 terus berkembang, berdasarkan data Kementerian Kesehatan kasus positif Covid-19..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

TB. Hasanuddin: Penerapan New Normal Tanpa Persiapan Matang Akan Timbulkan Kematian Massal

Wartakesehatan.com - Indonesia bersiap memasuki fase New Normal atau penormalan baru ditengah pandemi covid-19. Sejumlah..
Tekhnologi - 2 minggu yang lalu

Helm Cerdas Deteksi Corona Sangat Penting dan Perlu

Wartakesehatan.com -  Polda Riau memberikan contoh inisiatif dan inovasi dalam perjuangannya melawan pandemi coronavirus...
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Di Tengah Pandemi, Hasanuddin Kunjungi Dapil dan Bagikan Ribuan Masker dan Sembako 

Wartakesehatan.com - Di tengah pandemi covid-19 dan jelang Hari Raya Idul Fitri ini, anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDI..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Covid-19, Sunan Kalijaga Gandeng Nikita Mirzani Baksos ke Markas TNI

Wartakesehatan.com - Ditengah pandemi Covid-19, Pengacara Sunan Kalijaga Bersama Artis dan Forum Kader Bela Negara (FKBN)..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

BPOM: Biasakan Minum Obat Herbal dan Suplemen Kesehatan untuk Daya Tahan Tubuh Menghadapi Pandemi COVID-19

Wartakesehatan.com -  Pandemi COVID-19 membuat sebagian besar masyarakat lebih sadar pentingnya menjaga kesehatan. Salah..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

Studi: Sistem Imun Krusial dalam Melawan Infeksi Virus Corona

Wartakesehat.com - Sebuah penelitian di Australia dalam jurnal Nature Medicine menyimpulkan, sistem imun..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

8 Cara Jaga Imun tetap Sehat Lawan Virus Corona

Wartakesehatan.com - Untuk melindungi diri dari paparan virus corona, masyarakat dunia telah banyak menjalankan langkah..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

Imunomodulator untuk Cegah Virus Masuk Tubuh

Wartakesehatan.com - Membekali diri dengan cara cegah infeksi virus, dapat “membentengi” tubuh Anda dari berbagai..

+Indeks