Ternyata Banyak Makan Buah Bisa Tingkatkan Kualitas Sperma

Oleh : ibrahim romending | Senin, 16 Januari 2017 | 20:04 WIB



Wartakesehatan.com - Jenis Buah buahan yang ada disekitar lingkungan dapat membantu proses menjaga kesehatan. Sebagai laki-laki, memiliki kualitas sperma bisa menjadi hal yang sangat utama. Banyak cara untuk menjaga atau meningkatkan kualitas sperma, salah satunya adalah dengan mengurangi konsumsi daging merah, kopi, dan juga alkohol.

Sudah cukup banyak penelitian yang menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan yang tidak sehat bisa menurunkan kualitas sperma (baca salah satu beritanya di sini). Kali ini ilmuwan mencoba melakukan penelitian lagi terkait kualitas sperma dan gaya hidup (termasuk jenis makanan apa saja yang baik untuk sperma).

Penelitian yang dipimpin oleh Edson Borges ini melibatkan sekitar 250 pria di Brasil dan dilakukan dengan cara survey. Setiap peserta diberi pertanyaan tentang seberapa sering mereka mengkonsumsi makanan berserat seperti buah, sayuran, atau biji-bijian. Mereka juga ditanya apakah mereka sering memakan daging, ikan, atau mengkonsumsi alkohol dan rokok.

Setelah survey dilakukan, para peserta pun menjalani tes untuk mengetahui kualitas sperma mereka. Kualitas sperma yang dimaksud adalah konsentrasi dan juga kecepatan gerak sperma saat membuahi sel telur.

Dari penelitian tersebut diketahui bahwa mereka yang rutin mengkonsumsi makanan berserat (buah, sayur, kacang-kacangan, biji-bijian) memiliki kualitas sperma yang lebih bagus daripada mereka yang gemar mengkonsumsi daging. Dan para partisipan yang suka minum alkohol dan merokok diketahui memiliki kualitas sperma yang lebih buruk dari partisipan lainnya.

“Konsumsi alkohol dapat berdampak negatif bagi sperma. Sebaliknya, makanan berserat dapat berpengaruh baik bagi sperma,” kata Borges Edson sebagaimana dikutip Sidomi News dari Daily Mail.
Dari penelitian ini para ilmuwan pun menyarankan agar pria lebih banyak mengkonsumsi makanan seperti buah-buah, sayur, maupun biji-bijian seperti gandum untuk meningkatkan kualitas sperma mereka. Peneliti juga menyarankan untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi daging. Dengan menurunkan konsumsi daging, diduga dapat meningkatkan kualitas sperma.

 

Sumber : Sidomi.com

 

 




Fokus : Buah


Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 17 jam yang lalu

Kentang Ampuh Cegah Beberapa Penyakit

Wartakesehatan.com - Kentang sudah menjadi makanan yang populer di berbagai negara bahkan mereka menggunakannya untuk..
Obat & Penyakit - 18 jam yang lalu

Waspada, Flu Rentan Menyerang karena Kurang Tidur

Wartakesehatan.com - Tidur adalah hal yang selalu dilakukan manusia untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran.  Salah..
Mamin - 19 jam yang lalu

Tingkatkan Sistem Pencernaan Rutin Konsumsi Buah Sirsak

Wartaksehatan - Buah sirsak mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat hal ini karena buah sirsak sangat mudah..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

Hilangkan Stres dengan Bermain Trampolin

Wartakesehatan - Trampolin adalah salah satu olahraga yang sangat menyenangkan, bagaimana tidak olahraga ini diibaratkan..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Menambah Tidur di Akhir Pekan Memberi Manfaat Sehat

Wartakesehatan.com - Kurang tidur, sudah bukan rahasia lagi, bisa memicu ragam efek negatif pada kesehatan tubuh, terutama..
1 hari yang lalu

Gangguan Makan Berpotensi Memberikan Efek Samping

Wartakesehatan.com - Gangguan makan didefinisikan sebagai upaya mengurangi asupan makan demi mengurangi berat badan. Beberapa..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Ini Dia Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Mata

Wartakesehatan.com - Banyak manfaat yang didapatkan tubuh dari menjalankan ibadah Puasa Ramadan. Salah satunya adalah..
2 hari yang lalu

Posisi Tidur yang Tepat untuk Ibu Hamil

Wartakesehatab.com -Tidur dengan terlentang memang membuat nyaman karena perut berada di atas, jadi mom tidak perlu merasa..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Kebiasaan Ini Dapat Mengakibatkan Depresi

Wartakeswhatan.com - Terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan depresi, antara lain gangguan fisik dan gangguan..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Gangguan Kesehatan yang Sering Ditemui Saat Bulan Puasa

Wartakesehatan.com - Berdasarkan studi yang dilaporkan oleh Gulf News, puasa dapat membantu pembakaran lemak jahat di dalam..

+Indeks