4 Kebiasaan yang Merusak Pendengaran

Oleh : Dirk/Merdeka | Senin, 16 Januari 2017 | 13:43 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri telinga adalah salah satu organ penting yang ada pada tubuh, bagaimana tidak telinga merupakan satu dari panca indra yaitu sebagi indra pendengaran. Oleh sebab itu penting untuk menjaga kesehatan telinga dan melindunginya dari beragam hal yang bisa menyebabkan segala jenis kerusakan di telinga.

Apa saja kebiasaan buruk yang mampu merusak kesehatan telinga hingga berakhir dengan tuli? Berikut adalah penjelasannya seperti dilansir dari boldsky.com.

Salah dalam membersihkan telinga
Penelitian membuktikan bahwa banyak orang yang salah dalam membersihkan telinga mereka. Mereka cenderung terlalu dalam untuk mengorek kotoran yang berakibat dengan rusaknya gendang telinga. Atau, mereka membersihkan dengan mendorong terlalu dalam kotoran ke dalam liang telinga.

Lantas, bagaimana cara yang benar untuk membersihkan telinga? Gunakan teteskan baby oil ke dalam telinga lalu miringkan kepala agar kotoran luruh dengan sendirinya. Membersihkan dengan ear wax sangatlah tidak disarankan.

Menggunakan earphone sepanjang waktu
Earphone biasa kamu gunakan untuk mendengarkan musik. Memang aktivitas ini menyenangkan namun jangan terus-terusan. Sebab volume tinggi yang kamu dengarkan lambat laun akan merusak kesehatan telinga.

Menusuk-nusukkan jari ke lubang telinga
Kebiasaan menusukkan jari ke lubang telinga memang terdengar unik. Namun, sebagian orang ada yang melakukannya, lho. Nah, jika kamu termasuk salah satu di antaranya, maka hentikan kebiasaan ini sebab menusukkan jari ke lubang telinga akan menyebabkan bakteri dari kuku dan jari masuk ke telinga yang berujung dengan terjadinya infeksi.

Tidak memperhatikan nyeri telinga
Kamu mengalami nyeri telinga? Jangan diabaikan. Segera hubungi dokter untuk mendapatkan pemeriksaan karena bisa jadi nyeri ini adalah awal dari gangguan telinga yang berbahaya.




Fokus : Pendengaran


#Pendengaran
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 bulan yang lalu

Tomat Mrncegah Kanker dan Menyehatkan Jantung

Wartakesehatan.com - Seringkali tomat juga diolah menjadi minuman, seperti jus atau untuk tambahan bahan salad. Seperti yag..
1 bulan yang lalu

Tidur Mangap Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Tidur nyenyak memang menjadi keinginan banyak orang, karena tidak semua orang bisa tertidur..
Warta Sehat - 1 bulan yang lalu

Ini Dia Yang Menpengaruhi Kualitas Kesehatan Anda

Wartakesehatan.com -  Banyak hal yang dapat mempengaruhi kualitas kesehatan seseorang. Diantaranya ada enam faktor utama..
Warta Sehat - 1 bulan yang lalu

Sayur dan Buah Merah Baik untuk Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan.com  - Sayur dan buah-buahan yang berwarna merah mampu membantu mengubah karbohidrat, protein, dan lemak,..
Warta Sehat - 1 bulan yang lalu

Rajin Membaca Dapat Memperbaiki Kualitas Tidur

Wartakesehatan.com - Sebuah penelitian menemukan, jika orang yang rutin membaca menunjukkan memiliki tingkat stres dan depresi..
Warta Sehat - 1 bulan yang lalu

Tidur Telanjang Membantu Kehidupan Seksual

Wartakesehatan.com - Ada lima keuntungan utama yang bisa didapatkan dengan membiasakan tidurtanpa busana, yakni..
Warta Sehat - 1 bulan yang lalu

Benarkah Mayones Tak Selalu Baik untuk Kesehatan

Wartakesehatan.com - Pakar medis mengklaim bahwa mayones tidak sehat karena faktanya mengonsumsi mayones itu bisa menambah..
Warta Sehat - 1 bulan yang lalu

Darah Haid yang Sedikit Perlu Diwaspadai

Wartakesehatan.com - Umumnya, seseorang akan mengalami menstruasi selama 5 sampai 8 hari. Namun, beberapa orang mungkin akan..
Warta Sehat - 1 bulan yang lalu

Lobak Mengandung Vitamin dan Kaya Mineral

Wartakesehatan.com - Diketahui bahwa lobak memiliki jumlah kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan kentang. Dan,..
Warta Sehat - 1 bulan yang lalu

Susu Melindungi Kita dari Penyakit Kardiovaskular

Wartakesehatan.com - Susu juga memberikan khasiat lain pada tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat rutin konsumsi susu tiap..

+Indeks