Hati-hati, Pengguna Medsos mudah Depresi

Oleh : Dirk/Tribun | Selasa, 11 Juni 2019 | 12:05 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Mengontrol emosi adalah hal sederhana tetapi tidak semua orang bisa melakukannya ini terbukti dengan melihat orang lain atau pun diri sendiri mudah marah, sedih, kurang motivasi, mudah tersinggung, hingga putus asa. Secara tidak sadar hal ini menunjukan seseorang mengalami depresi. Depresi bisa terjadi dalam waktu yang sebentar hingga sangat lama bila tidak diatasi dengan baik.

Masalah dalam kehidupan yang sangat kompleks kerap membuat seseorang menjadi depresi. Namun, sebagaimana dikutip dari Boldsky.com, depresi juga bisa dipicu oleh kebiasaan sehari-hari. Apa saja kebiasaan sehari-hari itu?

1. Konsumsi makanan olahan

Sebuah penelitian yang pernah dilakukan menunjukkan, orang-orang yang suka makan makanan olahan hampir setiap hari lebih rentan mengalami depresi.
Makanan olahan itu misalnya seperti keripik, mie instan, dan sosis. Makanan yang tidak sehat itu dapat menyebabkan perubahan zat kimia di otak yang memicu depresi.

2. Mengisolasi Diri

Menghabiskan waktu sendirian boleh-boleh saja. Namun, jangan terlalu sering. Terlalu mengisolasi diri, misalnya terus mengurung diri di kamar bisa membuat rasa kesepian dan memunculkan pikiran negatif. Depresi pun akhirnya mudah terjadi bila kurang bersosialisasi.

3. Gunakan media sosial berlebihan

Menggunakan media sosial ada batasnya. Penelitian menemukan, orang yang sangat aktif di sejumlah akun media sosial lebih rentan depresi. Apalagi jika media sosial lebih banyak digunakan untuk hal-hal yang negatif.

4. Dikelilingi orang-orang berpikiran negatif

Hati-hati, jika Anda suka berada di sekitar orang yang terus berpikiran negatif, bisa jadi Anda ikut tertular pikiran yang negatif. Hal ini bisa menjadi racun dalam kesehatan mental Anda dan memicu depresi. Jangan menghabiskan waktu dengan pemikiran yang negatif dan pesimis. Apa gunanya?

5. Merokok

Gaya hidup tak sehat yang satu ini memiliki sederet efek negatif pada tubuh maupun pikiran. Sejumlah penelitian menunjukkan, merokok setiap hari dapat mengganggu keseimbaangan kimia di otaj sehingga memicu depresi. Jadi, menjauhi rokok tak hanya terhindar dari pemyakit fisik, tetapi juga mental.

6. Kurang olahraga

Olahraga sangat penting juga untuk kesehatan mental. Penelitian menemukan, orang-orang yang tidak pernah atau sangaat kurang olahraga rentan depresi. Olahraga bisa meningkatkan kadar serotonin dalam otak yang membuat suasana hati bahagia.




Fokus : Medsos


#Depresi
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 46 menit yang lalu

Konsumsi Teh Hijau Berlebihan, ini Bahayanya!

Wartakesehatan.com - Selama ini teh hijau dikenal sebagai salah satu minuman yang memiliki manfaat kesehatan dan..
Obat & Penyakit - 9 jam yang lalu

Stop Kebiasaan Begadang, Tubuh bisa Rusak!

Wartakesehatan.com - Menurut para ahli, tidur bukan hanya untuk penghilang lelah. Studi terbaru menemukan bahwa kehilangan..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

5 Tips Atasi Sulit Tidur

Wartakesehatan.com - Tidur merupakan aktivitas rutin yang dilakukan oleh manusia untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran...
Obat & Penyakit - 11 jam yang lalu

5 Cara Pintar Atasi Nyeri saat Haid

Wartakesehatan.com - Pada umumnya wanita merasakan nyeri atau kram perut saat haid (Dismenore) yang dapat berlangsung..
Ibu & Anak - 12 jam yang lalu

Penting! Ibu Hamil jaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Wartakesehatan.com - Kesehatan mulut dan gigi ibu hamil sebaiknya mendapat perhatian yang serius, bahkan sejak sebelum..
Mamin - 13 jam yang lalu

Basmi Jerawat Dengan Makanan Sehat ini!

Wartakesehatan.com - Wajah penuh jerawat dan terlihat kusam adalah tanda telah terjadi penumpukan racun dalam jumlah yang..
Tekhnologi - 13 jam yang lalu

ASUS VivoBook A409, Laptop Klasik dengan NanoEdge Display

Jakarta, Warkes.com - ASUS kembali menghadirkan laptop klasik mainstream ke pasaran Indonesia. Laptop sehari-hari yang..
Tekhnologi - 13 jam yang lalu

Sophia the Robot Gambaran Kecerdasan Manusia di Atas Manusia Buatan

Jakarta, Warkes.com – Bagaimanapun pintarnya robot, tentu merupakan sebuah program yang dalam hal ini dibuat oleh..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Kembangkan Sayap Bisnis di Yogyakarta Toys Kingdom Buku Toko ke Tiga-nya

Yogyakarta, Warkes.com - Toys Kingdom, pusat mainan dan hobi untuk segala usia kembali membuka toko terbaru tepatnya di Jogja..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Waspada, Ruang AC bisa bikin Gemuk

Wartakesehatan.com - Di jaman yang sudah modern ini, AC tampaknya telah jadi bagian kehidupan kita sehari-hari. Di kantor,..

+Indeks