Hati-hati, Pengguna Medsos mudah Depresi

Oleh : Dirk/Tribun | Selasa, 11 Juni 2019 | 12:05 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Mengontrol emosi adalah hal sederhana tetapi tidak semua orang bisa melakukannya ini terbukti dengan melihat orang lain atau pun diri sendiri mudah marah, sedih, kurang motivasi, mudah tersinggung, hingga putus asa. Secara tidak sadar hal ini menunjukan seseorang mengalami depresi. Depresi bisa terjadi dalam waktu yang sebentar hingga sangat lama bila tidak diatasi dengan baik.

Masalah dalam kehidupan yang sangat kompleks kerap membuat seseorang menjadi depresi. Namun, sebagaimana dikutip dari Boldsky.com, depresi juga bisa dipicu oleh kebiasaan sehari-hari. Apa saja kebiasaan sehari-hari itu?

1. Konsumsi makanan olahan

Sebuah penelitian yang pernah dilakukan menunjukkan, orang-orang yang suka makan makanan olahan hampir setiap hari lebih rentan mengalami depresi.
Makanan olahan itu misalnya seperti keripik, mie instan, dan sosis. Makanan yang tidak sehat itu dapat menyebabkan perubahan zat kimia di otak yang memicu depresi.

2. Mengisolasi Diri

Menghabiskan waktu sendirian boleh-boleh saja. Namun, jangan terlalu sering. Terlalu mengisolasi diri, misalnya terus mengurung diri di kamar bisa membuat rasa kesepian dan memunculkan pikiran negatif. Depresi pun akhirnya mudah terjadi bila kurang bersosialisasi.

3. Gunakan media sosial berlebihan

Menggunakan media sosial ada batasnya. Penelitian menemukan, orang yang sangat aktif di sejumlah akun media sosial lebih rentan depresi. Apalagi jika media sosial lebih banyak digunakan untuk hal-hal yang negatif.

4. Dikelilingi orang-orang berpikiran negatif

Hati-hati, jika Anda suka berada di sekitar orang yang terus berpikiran negatif, bisa jadi Anda ikut tertular pikiran yang negatif. Hal ini bisa menjadi racun dalam kesehatan mental Anda dan memicu depresi. Jangan menghabiskan waktu dengan pemikiran yang negatif dan pesimis. Apa gunanya?

5. Merokok

Gaya hidup tak sehat yang satu ini memiliki sederet efek negatif pada tubuh maupun pikiran. Sejumlah penelitian menunjukkan, merokok setiap hari dapat mengganggu keseimbaangan kimia di otaj sehingga memicu depresi. Jadi, menjauhi rokok tak hanya terhindar dari pemyakit fisik, tetapi juga mental.

6. Kurang olahraga

Olahraga sangat penting juga untuk kesehatan mental. Penelitian menemukan, orang-orang yang tidak pernah atau sangaat kurang olahraga rentan depresi. Olahraga bisa meningkatkan kadar serotonin dalam otak yang membuat suasana hati bahagia.




Fokus : Medsos


#Depresi
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Mamin - 12 jam yang lalu

Makanan yang bisa Atasi Insomnia

Wartakesehatan.com - Kekurangan tidur dapat menyebabkan berbagai masalah, mulai dari menurunnya kondisi mental dan juga..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Bahanya 'Sleep Apnea' berujung Kematian

Wartakesehatan - Sleep Apnea Merupakan ganguan tidur yang menyebabkan nafas berhenti selama beberapa detik. Penyakit ini..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Pentingnya Mandi pada Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri masih banyak orang yang mengabaikan kebersihan tubuh atau bisa disebut dengan jarang..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Dampak Kurang Minum Air Putih Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Minimnya asupan air mineral, bisa berdampak pada kesehatan tubuh Anda lho. Tak hanya sembelit saja,..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

Cara Mengetahui Kesehatan Rambut

Wartakesehatan.com - Penting sekali untuk mengetahui bagaimana perawatan rambut yang tepat sesuai jenis dan juga..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

7 Tips untuk Berhenti Merokok

Wartakesehatan - Beberapa perokok mungkin memiliki keinginan untuk berhenti merokok. Alasannya sederhana karena merokok..
Mamin - 18 jam yang lalu

Jaga Kesehatan Usus dengan 5 Makanan ini!

Wartakesehatan.com - Usus merupakan organ tubuh yang harus dijaga agar selalu sehat dan bekerja secara optimal. Usus..
Warta Sehat - 19 jam yang lalu

Tips Tetap Sehat di Tempat Kerja

Wartakesehatan.com - Selain waktu yang banyak dihabiskan di kantor, gaya hidup tidak sehat, kurang olahraga dan sering..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

Cara Alami Ini Bisa Putihkan Gigi

Wartakesehatan.com - Hal yang satu ini mungkin aneh bagi masyarakat indonesia.Mencampurkan teh dengan sedikit susu..
Obat & Penyakit - 21 jam yang lalu

Sabun Anti Bakteri bisa atasi Bisul

Wartakesehatan - Bisul merupakan salah satu gangguan kulit yang umur terjadi. Bisul adalah benjolan merah pada kulit yang..

+Indeks