Waspadai Penyakit Ini Jika Lutut Bunyi Saat Naik Tangga

Oleh : Ilham Moestavi | suara.com | Jumat, 20 Januari 2017 | 19:03 WIB


IST

Wartakesehatan - Mungkin sebagian orang pernah mengalami dan mendengar bunyi 'kretek' pada lutut saat menaiki tangga. Terlebih lagi jika seseorang telah berusia 40 tahun ke atas.

Jika ya, jangan anggap sepele keluhan ini. Pasalnya, menurut pakar nyeri dari Klinik Nyeri dan Tulang Belakang Jakarta, dr Ade Sri Wahyuni, SpRM, bunyi 'kretek' yang dihasilkan sendi saat menaiki anak tangga, bisa menjadi gejala awal penyakit radang sendi atau osteoarthritis (OA).

"Bunyi 'kretek' atau kita sebut dengan istilah krepitasi itu memang gejala awal dari OA. Sebaiknya setelah muncul gejala tersebut, meski belum merasakan tanda-tanda nyeri di bagian lutut, harus lebih rutin melakukan latihan fisik untuk penguatan otot," ujarnya pada temu media 'Cara Cepat Atasi Nyeri Lutut' di Jakarta, belum lama ini.

Latihan fisik yang dapat menguatkan otot-otot sendi menurutnya sangat bervariasi. Bisa dengan melakukan olahraga berenang, berjalan kaki, hingga bersepeda, antara 3-5 kali seminggu dengan durasi 30 hingga 60 menit.

Namun ada pula beberapa latihan sederhana yang bisa dilakukan tanpa memakan waktu dan terbukti dapat menguatkan otot-otot sendi, antara lain latihan quad set, leg raise dan sit to stand.

"Untuk Quad Set, caranya handuk kecil hangat yang digulung diletakkan di bawah lutut kemudian ditekan agar otot quadrisepnya kuat. Tahan setiap 10 detik lalu lepaskan. Ulangi beberapa kali," imbuh Ade.

Sedangkan pada latihan leg raise, kata dia, kaki bisa diangkat maksimal 90 derajat lalu tahan hingga 10 detik. Begitu pula dengan latihan Sit to Stand. Anda hanya perlu menekuk bagian lutut dalam posisi setengah duduk.

Selain melakukan latihan sederhana tersebut secara rutin, Ade pun punya trik lain agar seseorang dapat terhindar dari nyeri lutut saat menaiki tangga.

"Untuk naik tangga, gunakan lutut yang tidak sakit atau yang sehat. Sehingga lutut yang sakit tidak memiliki beban tumpu terlalu besar. Kalau turun, baru gunakan yang sakit duluan untuk menumpu sehingga tidak terlalu sakit," sarannya.

Ade menambahkan, osteoarthritis merupakan penyakit degeneratif yang timbul seiring dengan pertambahan usia. Namun kemunculan OA bisa diperlambat jika seseorang melatih kekuatan ototnya sejak dini melalui berbagai latihan fisik.




Fokus : Lutut


#Kesehatan #Lutut
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Seks - 6 jam yang lalu

Ereksi 3-5 kali Semalam Menandakan Kesehatan Pria

Wartakesehatan.com - Seorang Profesor dan Direktur dari Divisi Urologi di Southern Illinois University School of Medicine,..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Konsumsi Pare Menyembuhkan Gangguan Pernafasan

Wartakesehatan.com - Ternyata pare memiliki banyak manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya. Dilansir dari..
Warta Sehat - 8 jam yang lalu

Dampak Buruk Minum Teh Setelah Makan

Wartakesehatan.com - Tahukah kalian kalau ternyata minum teh setelah makan punya dampak buruk bagi tubuh? Dikutip..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Dampak Tak Terduga Dari Diabetes

Wartakesehatan.com - Menurut Osama Hamdy Direktur Inpatient Diabetes Program at the Joslin Diabetes Center, Boston,..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Buah Srikaya Ampuh Turunkan Kolesterol Jahat

Wartakesehatan.com - Buah srikaya cukup mudah ditemui dimanapun. Di toko buah atau pun di pasar. Buah srikaya memiliki daging..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Konsumsi Cokelat Meningkatkan Sirkulasi Darah

Wartakesehatan.com - Bagi mereka yang takut gemuk sering kali menghindari coklat. Karena kandungan lemak yang..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

6 Manfaat Terong yang Perlu Anda Tahu

Wartakesehatan.com - Terong mempunyai banyak jenis mulai dari terong ungu, belanda dan juga terong bulat dan masih..
Mamin - 13 jam yang lalu

Bahaya !! Makanan Sehat Ternyata Mengandung Racun

Wartakesehatan.com - Ini dia lima makanan yang dianggap sehat, namun ternyata mengandung racun berbahaya, seperti dilansir..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

6 Manfaat Sehat Buah Pir

Wartakesehatan.com - Buah Pir merupakan buah yang memiliki rasa buah yang manis keasaman yang menjadikannya sangat segar..
15 jam yang lalu

Bayam Efektif Mengurangi Kembung

Waartakesehatan.com - Makanan sehat merupakan kunci untuk menjaga tubuh tetap sehat dan mendapatkan berat badan ideal,..

+Indeks