5 Jenis Kanker Ini Dapat Menyebar Melalui Hubungan Seks!

Oleh : Venza | Sabtu, 21 Januari 2017 | 07:00 WIB


IST

Wartakesehatan.com - Saat ini mungkin yang kita tahu kanker terjadi lewat mutasi sel-sel kanker yang dipicu oleh beragam pola hidup tak sehat atau faktor keturunan. Namun pada sebuah penelitian yang dilansir dari laman boldsky.com ditemukan bahwa kanker ternyata juga dapat menyebar lewat hubungan seksual. Dijelaskan bahwa penyebaran sel kanker ini disebabkan dipicu oleh penularan HPV atau Human Papillomavirus saat berhubungan seksual dan meningkatkan risiko munculnya beberapa jenis kanker berikut ini.

Kanker anus

Beberapa jenis kanker anal yang terjadi terkait dengan HPV. Nyeri di anus, pendarahan, hingga sulit BAB bisa menjadi tanda awal dari kanker anal. 

Kanker mulut

Beberapa jenis kanker mulut juga bisa terjadi melalui hubungan seksual, apalagi jika kamu melakukan seks oral secara tidak aman. Kanker mulut bisa ditunjukkan lewat kesulitan saat menelan, sariawan terus-menerus, penurunan berat badan secara tiba-tiba, serta sakit tenggorokan. Jika terdiagnosis, maka radiasi, operasi, atau kemoterapi bisa dilakukan untuk mengobati kanker ini.

Kanker serviks

HPV juga mampu menyebabkan munculnya kanker serviks. Dan sayangnya kanker ini tak menunjukkan gejala yang mudah dilihat sejak awal.

Kanker penis

HPV yang ditularkan melalui hubungan seks bisa menyebabkan kanker penis pada pria. Beberapa gejalanya adalah kemerahan, nyeri, munculnya benjolan, serta pendarahan di penis.

Kanker vagina

Ketika sel-sel ganas terbentuk di area reproduksi wanita, maka bisa menyebabkan kanker vagina. Dan adanya HPV semakin meningkatkan risiko munculnya jenis kanker ini.

Selain melakukan hubungan seks secara aman dan tidak berganti-ganti pasangan, cara terbaik untuk mencegah kanker di atas adalah dengan vaksin HPV.




Fokus : Kanker


#Kesehatan #Kanker #Penyakit #Seks #Hubungan seks #Penyebaran kanker
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Fakta Seputar Mandi Malam dan Manfaatnya

Wartakesehatan.com - Bagi masyarakat perkotaan yang terbiasa berkegiatan hingga malam hari, mandi malam-malam menjadi..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Tingkatkan Kesuburan dengan Omega 3

Wartakesehatan - Sejak dulu telah dikatakan bahwa minyak ikan sangat baik bagi kesehatan tubuh, mulai dari jantung,..
Herbal - 7 jam yang lalu

5 Manfaat Buah Pare Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com-Tidak banyak orang yang suka dengan makanan yang memiliki rasa pahit seperti buah pare. Padahal, pare kerap..
8 jam yang lalu

Rebusan Air Jahe Bubuk Bisa Anti-Nyeri.

Wartakesehatan.com - Penggunaan jahe dalam makanan atau minuman tergantung kesukaan masimg-masing. Bagi yang ingin lebih..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Hebat, Cokelat Hitam bisa Cegah Kanker

Wartakesehatan - Banyak sumber mengatakan bahwa cokelat baik bagi kesehatan dan mempunyai khasiat tersendiri melawan..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Kekurangan Vitamin B12 Mempengaruhi Mata

Wartakesehatan.com- Seseoran yang kekurangan asupan vitamin B12 akan menunjukkan sejumlah gejala dan salah satunya terlihat..
Mamin - 10 jam yang lalu

Berlebihan Minum Kopi, Bahaya!

Wartakesehatan,com - Kopi merupakan salah satu minuman terfavorit hampir di seluruh dunia. Minuman ini memiliki daya tarik..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

Asap Rokok Timbulkan Penyakit Meningitis

Wartakesehatan.com - Rokok atau sigaret adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Daun Pepaya Dapat Memperlancar ASI

Wartakesehatan.com - Daun pepaya memang terkenal dengan rasa yang pahit. Rasa pahit pada berbagai jenis makanan memang membuat..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Turunkan Kolesterol Dengan Biji Alpukat

Wartakesehatan.com - Alpukat kaya akan serat, potasium, antioksidan dan lemak sehat. Hampir semua sahabat Merahputih.com pasti..

+Indeks