Wanita Wajib Tahu 4 Perubahan Vagina Usai Bercinta

Oleh : imron hamzah | health.liputan6.com | Sabtu, 21 Januari 2017 | 11:31 WIB


(IST)

Wartakesehatan - Saat bercinta banyak hal unik yang terjadi pada tubuh. Bahkan vagina juga akan berubah tidak seperti biasanya.

Para wanita perlu mengetahui perubahan kondisi vagina usai bercinta. Sehingga tahu mana yang normal dan bukan. Berikut apa saja yang terjadi pada vagina usai bercinta dikutip Glamour, Jumat (20/1/2017).

1. Bengkak

Usai bercinta vagina menjadi bengkak dan ini hal normal. Kondisi ini sebenarnya merupakan tanda bahwa gairah masih ada meski seks telah berakhir. "Aliran darah yang meningkat pada penis menjadi ereksi bagi pria, hal yang mirip terjadi pada wanita," kata dokter kebidanan dan kandungan asal Florida, Amerika Serikat Maureen Whelihan.

Bagian Miss V yang membengkak pada wanita itu di labia mayora. "Ketika wanita bergairah, bagian tersebut menjadi lebih besar atau bengkak," kata Whelihan.

2. Terasa perih atau terbakar saat buang air kecil

Di awal-awal berhubungan seksual, banyak wanita yang merasa aneh dengan kondisi ini. Sampai-sampai merasa 'waduh jangan-jangan ada yang salah'. Lalu, sebenarnya apa terjadi?

Menurut Asisten Profesor Kebidanan dan Kandungan di Chicago, Jessica Shepherd kondisi tersebut terjadi karena adanya mikroabrasi yang terjadi saat berhubungan seksual. Beberapa kemungkinan bisa jadi faktor yang menyebabkan hal ini terjadi. Mungkin bulu kemaluan pasangan terlalu kasar sehingga gesekan yang berlangsung lama membuat sedikit luka pada area vagina.

Sheperd menyarankan saat menyeka area kemaluan usai buang air kecil, seka secara perlahan. Hal ini perlu dilakukan agar tidak memperparah luka di vagina.

Jika vagina terasa sakit dibandingkan hari-hari lainnya Whelihan menyarankan untuk membersihkan dengan air hangat suam-suam kuku.

3. Gatal
Rasa gatal usai bercinta, kata Whelihan, terjadi karena beberapa faktor. Bisa karena iritasi akibat gesekan saat penetrasi, alergi terhadap pelumas, atau tidak cocok dengna kondom lateks yang digunakan.

Jika hal ini sering terjadi, coba gunakan pelumas yang hipoalergenik atau gunaka kondom nonlateks. Jika kondisi vagina masih gatal juga usai bercinta, konsultasikan dengan dokter kebidanan dan kandungan.

4. Terasa lebih kering

Kondisi ini terjadi bisa karena beberapa faktor. Pertama, karena saat penetrasi cairan lubrikasi alami tidak terlalu banyak. Jika karena hal ini sebaiknya menggunakan pelumas tambahan agar seks berjalan lebih nyaman.

Faktor kedua bisa karena membersihkan vagina secara berlebihan menggunkaan tisu mengandung senyawa khusus.




Fokus : Vagina


#Vagina #Seks #Bercinta
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 10 menit yang lalu

Konsumsi Probiotik bisa Redakan Stres

Wartakesehatan - Mungkin jika berbicara tentang probiotik masih banyak orang awam yang belum mengetahui akan hal ini. Padahal..
17 jam yang lalu

Tersenyum bisa Menurunkan Tekanan Darah

Wartakesehatan.com - Menurut beberapa penelitian dan analisis yang dilakukan oleh para dokter dan peneliti, sering..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Pentingnya Hindari Gaya Hidup Tak Sehat

Wartakesehatan.com - Ada jutaan orang di seluruh dunia yang memiliki gaya hidup buruk dan hanya sedikit yang menyadari..
Mamin - 19 jam yang lalu

Inilah Tujuh Efek Samping Konsumsi Junk Food

Wartakesehatan.com - Menurut Jim White, RD, pemilik Jim White Fitness and Nutrition Studios di Virginia Beach, makanan..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

3 Waktu yang Kurang Tepat untuk Mandi

Wartakesehatan.com - Menurut rumus kesehatan, ada tiga waktu yang nggak disarankan buat mandi. Pada waktu-waktu tersebut,..
Mamin - 21 jam yang lalu

Rutin Minum Teh Hijau Setiap Hari, Ini Manfaatnya

Wartakesehatan.com - satu dari sekian banyak alasan semakin banyak orang memasukkan teh hijau ke dalam menu konsumsi..
Warta Sehat - 22 jam yang lalu

Inilah Manfaat Lari Bagi Tubuh Anda

Wartakesehaan.com - Olahraga lari tidak hanya murah, tapi juga mudah dan bisa dilakukan kapan saja. Lari memiliki banyak..
Mamin - 23 jam yang lalu

Konsumsi Pare bisa Meredakan Jerawat

Wartakesehatan.com - Pare memiliki banyak manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya. Dilansir dari..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Kualitas Tidur Perlu Dijaga, Ini Alasannya

Wartakesehatan.com - Menjaga kualitas tidur memang perlu diperhatikan. Karena jika kita tidak tidur dalam waktu sehari..
1 hari yang lalu

Jus Ceri Mampu Mengatasi Masalah Susah Tidur

Wartakesehatan.com - Peneliti dari Louisiana State University, AS, menemukan bahwa setelah mengonsumsi jus Ceri selama dua..

+Indeks