Wanita Wajib Tahu 4 Perubahan Vagina Usai Bercinta

Oleh : imron hamzah | health.liputan6.com | Sabtu, 21 Januari 2017 | 11:31 WIB


(IST)

Wartakesehatan - Saat bercinta banyak hal unik yang terjadi pada tubuh. Bahkan vagina juga akan berubah tidak seperti biasanya.

Para wanita perlu mengetahui perubahan kondisi vagina usai bercinta. Sehingga tahu mana yang normal dan bukan. Berikut apa saja yang terjadi pada vagina usai bercinta dikutip Glamour, Jumat (20/1/2017).

1. Bengkak

Usai bercinta vagina menjadi bengkak dan ini hal normal. Kondisi ini sebenarnya merupakan tanda bahwa gairah masih ada meski seks telah berakhir. "Aliran darah yang meningkat pada penis menjadi ereksi bagi pria, hal yang mirip terjadi pada wanita," kata dokter kebidanan dan kandungan asal Florida, Amerika Serikat Maureen Whelihan.

Bagian Miss V yang membengkak pada wanita itu di labia mayora. "Ketika wanita bergairah, bagian tersebut menjadi lebih besar atau bengkak," kata Whelihan.

2. Terasa perih atau terbakar saat buang air kecil

Di awal-awal berhubungan seksual, banyak wanita yang merasa aneh dengan kondisi ini. Sampai-sampai merasa 'waduh jangan-jangan ada yang salah'. Lalu, sebenarnya apa terjadi?

Menurut Asisten Profesor Kebidanan dan Kandungan di Chicago, Jessica Shepherd kondisi tersebut terjadi karena adanya mikroabrasi yang terjadi saat berhubungan seksual. Beberapa kemungkinan bisa jadi faktor yang menyebabkan hal ini terjadi. Mungkin bulu kemaluan pasangan terlalu kasar sehingga gesekan yang berlangsung lama membuat sedikit luka pada area vagina.

Sheperd menyarankan saat menyeka area kemaluan usai buang air kecil, seka secara perlahan. Hal ini perlu dilakukan agar tidak memperparah luka di vagina.

Jika vagina terasa sakit dibandingkan hari-hari lainnya Whelihan menyarankan untuk membersihkan dengan air hangat suam-suam kuku.

3. Gatal
Rasa gatal usai bercinta, kata Whelihan, terjadi karena beberapa faktor. Bisa karena iritasi akibat gesekan saat penetrasi, alergi terhadap pelumas, atau tidak cocok dengna kondom lateks yang digunakan.

Jika hal ini sering terjadi, coba gunakan pelumas yang hipoalergenik atau gunaka kondom nonlateks. Jika kondisi vagina masih gatal juga usai bercinta, konsultasikan dengan dokter kebidanan dan kandungan.

4. Terasa lebih kering

Kondisi ini terjadi bisa karena beberapa faktor. Pertama, karena saat penetrasi cairan lubrikasi alami tidak terlalu banyak. Jika karena hal ini sebaiknya menggunakan pelumas tambahan agar seks berjalan lebih nyaman.

Faktor kedua bisa karena membersihkan vagina secara berlebihan menggunkaan tisu mengandung senyawa khusus.




Fokus : Vagina


#Vagina #Seks #Bercinta
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Tomat Mrncegah Kanker dan Menyehatkan Jantung

Wartakesehatan.com - Seringkali tomat juga diolah menjadi minuman, seperti jus atau untuk tambahan bahan salad. Seperti yag..
4 bulan yang lalu

Tidur Mangap Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Tidur nyenyak memang menjadi keinginan banyak orang, karena tidak semua orang bisa tertidur..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Ini Dia Yang Menpengaruhi Kualitas Kesehatan Anda

Wartakesehatan.com -  Banyak hal yang dapat mempengaruhi kualitas kesehatan seseorang. Diantaranya ada enam faktor utama..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Sayur dan Buah Merah Baik untuk Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan.com  - Sayur dan buah-buahan yang berwarna merah mampu membantu mengubah karbohidrat, protein, dan lemak,..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Rajin Membaca Dapat Memperbaiki Kualitas Tidur

Wartakesehatan.com - Sebuah penelitian menemukan, jika orang yang rutin membaca menunjukkan memiliki tingkat stres dan depresi..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Tidur Telanjang Membantu Kehidupan Seksual

Wartakesehatan.com - Ada lima keuntungan utama yang bisa didapatkan dengan membiasakan tidurtanpa busana, yakni..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Benarkah Mayones Tak Selalu Baik untuk Kesehatan

Wartakesehatan.com - Pakar medis mengklaim bahwa mayones tidak sehat karena faktanya mengonsumsi mayones itu bisa menambah..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Darah Haid yang Sedikit Perlu Diwaspadai

Wartakesehatan.com - Umumnya, seseorang akan mengalami menstruasi selama 5 sampai 8 hari. Namun, beberapa orang mungkin akan..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Lobak Mengandung Vitamin dan Kaya Mineral

Wartakesehatan.com - Diketahui bahwa lobak memiliki jumlah kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan kentang. Dan,..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Susu Melindungi Kita dari Penyakit Kardiovaskular

Wartakesehatan.com - Susu juga memberikan khasiat lain pada tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat rutin konsumsi susu tiap..

+Indeks