Alasan Kenapa Wanita Menangis Usai Bercinta Dengan Pasangan

Oleh : imron hamzah | health.liputan6.com | Sabtu, 21 Januari 2017 | 17:37 WIB



Wartakesehatan - Seks bersama pasangan yang kita tahu dapat membuat bahagia. Namun hal ini tak sepenuhnya benar, ternyata seks juga bisa menyebabkan sedih. Tak sedikit wanita yang merasa sedih usai bercinta dengan pasangan.

Ada beberapa alasan ilmiah yang paling umum wanita merasa sedih setelah berhubungan seks seperti dilansir YourTango, Sabtu (21-1-2017)

1. PTSD

Wanita yang menderita Post-Traumatic Stress Disorder (PTSD) dapat mengalami kesedihan setelah berhubungan seks, terutama jika PTSD mereka disebabkan kekerasan seksual.

Kenangan serangan seksual juga dapat membuat pasangan menangis saat berhubungan seks, memicu respons melawan.

Pasangan yang mengalami PTSD mungkin menangis di tengah-tengah sesi bercinta, bukan karena tidak ingin menjadi berhubungan seks, tetapi karena tindakan itu sendiri telah memicu kenangan pahit dari peristiwa traumatis.

Setiap wanita layak memiliki kehidupan seks yang bahagia, sehat, dan mengagumkan. Kehidupan seks setelah serangan seksual bisa jadi sulit tapi bukan tidak mungkin jika Anda mendapat dukungan yang tepat. Jangan pernah takut meminta bantuan untuk mengembalikan rasa terhadap diri sendiri.

2. Post-Coital Dysphoria dapat menyebabkan depresi pasca-seks

Post-Coital Dysphoria atau depresi pasca-coital adalah perasaan sedih, melankolis, kecemasan, setelah berhubungan seks. Ini juga kadang-kadang disebut "tristesse". Ini bisa menjadi perasaan membingungkan.

Wanita yang mengalaminya menangis usai melakukan hubungan seks. Tapi jangan khawatir! Ini sebenarnya adalah mabuk hormonal.

Selama orgasme, tubuh Anda banjir hormon termasuk endorfin, oksitosin, dan prolaktin. Ketika Anda merasa sedih setelah berhubungan seks, itu karena tingkat hormon tubuh Anda yang mengatur.

Anda bukan aneh, Anda mengalami reaksi yang benar-benar alami akibat kimia tubuh Anda, dan Anda tidak sendirian. Sebuah studi menunjukkan sekitar 50 persen dari wanita mengalami PCD setidaknya sekali dalam hidupnya.

Apabila kondisi ini menyebabkan masalah besar dan menghambat kepuasan hubungan seks, berbicaralah dengan dokter atau terapis seks bersertifikat.

3. Tak terhubung emosional

Alasan lain yang umum umerasa sedih setelah berhubungan seks karena Anda merasa tak terhubung secara emosional dengan pasangan.

Tidak setiap wanita perlu emosional terhubung dengan pasangannya agar mengalami orgasme.
Tapi beberapa wanita mengalaminya.

Ketika para wanita melakukan hubungan seks dengan pasangan dan menemukan diri mereka tidak terhubung secara emosional, hal itu dapat memicu kesedihan atau depresi.

Ini bukan hal yang salah. Seks bukan untuk semua orang, dan jika menemukan hubungan emosional dengan pasangan seks diperlukan agar bahagia sebelum selama dan setelah berhubungan seks, maka lakukanlah.

4. Frustrasi

Banyak wanita pura-pura orgasme, atau tidak pernah mengalami sama sekali karena terlalu gugup atau malu untuk berbicara dengan pasangan mereka tentang cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan orgasme mereka.

Jika Anda merasa sedih setelah berhubungan seks dan Anda belum mencapai orgasme, kesedihan Anda bisa karena frustrasi.

Anda bisa memperbaikinya. Apabila Anda tidak tahu apa yang membuat Anda bergairah, mengeksplorasi tubuh dengan masturbasi. Dan jika Anda tahu apa yang membuat tubuh Anda merasa bergairah, beritahu pasangan Anda.




#Seks #Bercinta
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 29 menit yang lalu

Cara Alami Atasi Perut Kembung

Wartakesehatan.com - Perut kembung adalah kondisi dimana perut terasa kenyang walaupun belum makan, dan biasanya juga..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Banyak Hutang awas Dampaknya bagi Kesehatan!

Wartakesehatan.com - Mungkin besarnya utang sudah selalu dihubungkan dengan efek buruk bagi kesehatan. Beberapa ancaman..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Ketahui, 10 Kategori Mimpi Basah

Wartakesehatan.com - Mimpi basah atau dalam bahasa medis disebut emisi nokturnal adalah peristiwa alami yang dialami pria...
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

5 Manfaat Belimbing bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Belimbing merupakan buah yang berasal dari wilayah negara dengan iklim tropis. Belimbing merupakan..
Obat & Penyakit - 4 jam yang lalu

5 Tips Mencegah Ganasnya Diabetes

Wartakesehatan.com - Diabetes adalah penyakit jangka panjang yang ditandai dengan kadar gula darah yang sangat tinggi...
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Alasan Mengapa Kita Gampang Kehilangan Energi

Wartakesehatan.com - Banyak diantara kita yang sering kehilangan energi meski masih pagi hari. Biasanya tiba-tiba merasa..
Mamin - 6 jam yang lalu

Waspada, Daging Merah pengaruhi Raut Wajah

Wartakesehatan - Hampir setiap makanan seperti hamburger, steak atau jenis-jenis kuliner berbahan dasar daging sapi atau..
Mamin - 7 jam yang lalu

Ingin Anak Bertumbuh dengan Sehat berikan Makanan Bernutrisi

Wartakesehatan - Anak adalah salah satu pemberian Tuhan yang paling mulia oleh sebab itu kita harus menjaga dan mendidik dengan..
Obat & Penyakit - 8 jam yang lalu

Kenali Gangguan Jantung dan Tanda-tandanya!

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri beberapa orang percaya bahwa serangan jantung adalah penyakit yang menghantui orang tua,..
Tekhnologi - 20 jam yang lalu

Rokok Elektrik Membahayakan Kesehatan Gigi

Wartakesehatan.com - Sebuah penelitian menunjukkan bahwa rokok elektrik dapat membahayakan kesehatan gigi dan gusi..

+Indeks