Alasan Kenapa Wanita Menangis Usai Bercinta Dengan Pasangan

Oleh : imron hamzah | health.liputan6.com | Sabtu, 21 Januari 2017 | 17:37 WIB



BACA JUGA :

    Wartakesehatan - Seks bersama pasangan yang kita tahu dapat membuat bahagia. Namun hal ini tak sepenuhnya benar, ternyata seks juga bisa menyebabkan sedih. Tak sedikit wanita yang merasa sedih usai bercinta dengan pasangan.

    Ada beberapa alasan ilmiah yang paling umum wanita merasa sedih setelah berhubungan seks seperti dilansir YourTango, Sabtu (21-1-2017)

    1. PTSD

    Wanita yang menderita Post-Traumatic Stress Disorder (PTSD) dapat mengalami kesedihan setelah berhubungan seks, terutama jika PTSD mereka disebabkan kekerasan seksual.

    Kenangan serangan seksual juga dapat membuat pasangan menangis saat berhubungan seks, memicu respons melawan.

    Pasangan yang mengalami PTSD mungkin menangis di tengah-tengah sesi bercinta, bukan karena tidak ingin menjadi berhubungan seks, tetapi karena tindakan itu sendiri telah memicu kenangan pahit dari peristiwa traumatis.

    Setiap wanita layak memiliki kehidupan seks yang bahagia, sehat, dan mengagumkan. Kehidupan seks setelah serangan seksual bisa jadi sulit tapi bukan tidak mungkin jika Anda mendapat dukungan yang tepat. Jangan pernah takut meminta bantuan untuk mengembalikan rasa terhadap diri sendiri.

    2. Post-Coital Dysphoria dapat menyebabkan depresi pasca-seks

    Post-Coital Dysphoria atau depresi pasca-coital adalah perasaan sedih, melankolis, kecemasan, setelah berhubungan seks. Ini juga kadang-kadang disebut "tristesse". Ini bisa menjadi perasaan membingungkan.

    Wanita yang mengalaminya menangis usai melakukan hubungan seks. Tapi jangan khawatir! Ini sebenarnya adalah mabuk hormonal.

    Selama orgasme, tubuh Anda banjir hormon termasuk endorfin, oksitosin, dan prolaktin. Ketika Anda merasa sedih setelah berhubungan seks, itu karena tingkat hormon tubuh Anda yang mengatur.

    Anda bukan aneh, Anda mengalami reaksi yang benar-benar alami akibat kimia tubuh Anda, dan Anda tidak sendirian. Sebuah studi menunjukkan sekitar 50 persen dari wanita mengalami PCD setidaknya sekali dalam hidupnya.

    Apabila kondisi ini menyebabkan masalah besar dan menghambat kepuasan hubungan seks, berbicaralah dengan dokter atau terapis seks bersertifikat.

    3. Tak terhubung emosional

    Alasan lain yang umum umerasa sedih setelah berhubungan seks karena Anda merasa tak terhubung secara emosional dengan pasangan.

    Tidak setiap wanita perlu emosional terhubung dengan pasangannya agar mengalami orgasme.
    Tapi beberapa wanita mengalaminya.

    Ketika para wanita melakukan hubungan seks dengan pasangan dan menemukan diri mereka tidak terhubung secara emosional, hal itu dapat memicu kesedihan atau depresi.

    Ini bukan hal yang salah. Seks bukan untuk semua orang, dan jika menemukan hubungan emosional dengan pasangan seks diperlukan agar bahagia sebelum selama dan setelah berhubungan seks, maka lakukanlah.

    4. Frustrasi

    Banyak wanita pura-pura orgasme, atau tidak pernah mengalami sama sekali karena terlalu gugup atau malu untuk berbicara dengan pasangan mereka tentang cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan orgasme mereka.

    Jika Anda merasa sedih setelah berhubungan seks dan Anda belum mencapai orgasme, kesedihan Anda bisa karena frustrasi.

    Anda bisa memperbaikinya. Apabila Anda tidak tahu apa yang membuat Anda bergairah, mengeksplorasi tubuh dengan masturbasi. Dan jika Anda tahu apa yang membuat tubuh Anda merasa bergairah, beritahu pasangan Anda.




    #Seks #Bercinta
    Kontak Informasi Wartakesehatan
    PT. SIBER MEDIA ABADI

    Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
    Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
    Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

    Baca Juga

      Komentar






      Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

      Tomat Mrncegah Kanker dan Menyehatkan Jantung

      Wartakesehatan.com - Seringkali tomat juga diolah menjadi minuman, seperti jus atau untuk tambahan bahan salad. Seperti yag..
      4 bulan yang lalu

      Tidur Mangap Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

      Wartakesehatan.com - Tidur nyenyak memang menjadi keinginan banyak orang, karena tidak semua orang bisa tertidur..
      Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

      Ini Dia Yang Menpengaruhi Kualitas Kesehatan Anda

      Wartakesehatan.com -  Banyak hal yang dapat mempengaruhi kualitas kesehatan seseorang. Diantaranya ada enam faktor utama..
      Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

      Sayur dan Buah Merah Baik untuk Kesehatan Tubuh

      Wartakesehatan.com  - Sayur dan buah-buahan yang berwarna merah mampu membantu mengubah karbohidrat, protein, dan lemak,..
      Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

      Rajin Membaca Dapat Memperbaiki Kualitas Tidur

      Wartakesehatan.com - Sebuah penelitian menemukan, jika orang yang rutin membaca menunjukkan memiliki tingkat stres dan depresi..
      Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

      Tidur Telanjang Membantu Kehidupan Seksual

      Wartakesehatan.com - Ada lima keuntungan utama yang bisa didapatkan dengan membiasakan tidurtanpa busana, yakni..
      Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

      Benarkah Mayones Tak Selalu Baik untuk Kesehatan

      Wartakesehatan.com - Pakar medis mengklaim bahwa mayones tidak sehat karena faktanya mengonsumsi mayones itu bisa menambah..
      Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

      Darah Haid yang Sedikit Perlu Diwaspadai

      Wartakesehatan.com - Umumnya, seseorang akan mengalami menstruasi selama 5 sampai 8 hari. Namun, beberapa orang mungkin akan..
      Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

      Lobak Mengandung Vitamin dan Kaya Mineral

      Wartakesehatan.com - Diketahui bahwa lobak memiliki jumlah kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan kentang. Dan,..
      Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

      Susu Melindungi Kita dari Penyakit Kardiovaskular

      Wartakesehatan.com - Susu juga memberikan khasiat lain pada tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat rutin konsumsi susu tiap..

      +Indeks