Alasan Kenapa Wanita Menangis Usai Bercinta Dengan Pasangan

Oleh : imron hamzah | health.liputan6.com | Sabtu, 21 Januari 2017 | 17:37 WIB



Wartakesehatan - Seks bersama pasangan yang kita tahu dapat membuat bahagia. Namun hal ini tak sepenuhnya benar, ternyata seks juga bisa menyebabkan sedih. Tak sedikit wanita yang merasa sedih usai bercinta dengan pasangan.

Ada beberapa alasan ilmiah yang paling umum wanita merasa sedih setelah berhubungan seks seperti dilansir YourTango, Sabtu (21-1-2017)

1. PTSD

Wanita yang menderita Post-Traumatic Stress Disorder (PTSD) dapat mengalami kesedihan setelah berhubungan seks, terutama jika PTSD mereka disebabkan kekerasan seksual.

Kenangan serangan seksual juga dapat membuat pasangan menangis saat berhubungan seks, memicu respons melawan.

Pasangan yang mengalami PTSD mungkin menangis di tengah-tengah sesi bercinta, bukan karena tidak ingin menjadi berhubungan seks, tetapi karena tindakan itu sendiri telah memicu kenangan pahit dari peristiwa traumatis.

Setiap wanita layak memiliki kehidupan seks yang bahagia, sehat, dan mengagumkan. Kehidupan seks setelah serangan seksual bisa jadi sulit tapi bukan tidak mungkin jika Anda mendapat dukungan yang tepat. Jangan pernah takut meminta bantuan untuk mengembalikan rasa terhadap diri sendiri.

2. Post-Coital Dysphoria dapat menyebabkan depresi pasca-seks

Post-Coital Dysphoria atau depresi pasca-coital adalah perasaan sedih, melankolis, kecemasan, setelah berhubungan seks. Ini juga kadang-kadang disebut "tristesse". Ini bisa menjadi perasaan membingungkan.

Wanita yang mengalaminya menangis usai melakukan hubungan seks. Tapi jangan khawatir! Ini sebenarnya adalah mabuk hormonal.

Selama orgasme, tubuh Anda banjir hormon termasuk endorfin, oksitosin, dan prolaktin. Ketika Anda merasa sedih setelah berhubungan seks, itu karena tingkat hormon tubuh Anda yang mengatur.

Anda bukan aneh, Anda mengalami reaksi yang benar-benar alami akibat kimia tubuh Anda, dan Anda tidak sendirian. Sebuah studi menunjukkan sekitar 50 persen dari wanita mengalami PCD setidaknya sekali dalam hidupnya.

Apabila kondisi ini menyebabkan masalah besar dan menghambat kepuasan hubungan seks, berbicaralah dengan dokter atau terapis seks bersertifikat.

3. Tak terhubung emosional

Alasan lain yang umum umerasa sedih setelah berhubungan seks karena Anda merasa tak terhubung secara emosional dengan pasangan.

Tidak setiap wanita perlu emosional terhubung dengan pasangannya agar mengalami orgasme.
Tapi beberapa wanita mengalaminya.

Ketika para wanita melakukan hubungan seks dengan pasangan dan menemukan diri mereka tidak terhubung secara emosional, hal itu dapat memicu kesedihan atau depresi.

Ini bukan hal yang salah. Seks bukan untuk semua orang, dan jika menemukan hubungan emosional dengan pasangan seks diperlukan agar bahagia sebelum selama dan setelah berhubungan seks, maka lakukanlah.

4. Frustrasi

Banyak wanita pura-pura orgasme, atau tidak pernah mengalami sama sekali karena terlalu gugup atau malu untuk berbicara dengan pasangan mereka tentang cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan orgasme mereka.

Jika Anda merasa sedih setelah berhubungan seks dan Anda belum mencapai orgasme, kesedihan Anda bisa karena frustrasi.

Anda bisa memperbaikinya. Apabila Anda tidak tahu apa yang membuat Anda bergairah, mengeksplorasi tubuh dengan masturbasi. Dan jika Anda tahu apa yang membuat tubuh Anda merasa bergairah, beritahu pasangan Anda.




#Seks #Bercinta
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 27 menit yang lalu

Konsumsi Probiotik bisa Redakan Stres

Wartakesehatan - Mungkin jika berbicara tentang probiotik masih banyak orang awam yang belum mengetahui akan hal ini. Padahal..
17 jam yang lalu

Tersenyum bisa Menurunkan Tekanan Darah

Wartakesehatan.com - Menurut beberapa penelitian dan analisis yang dilakukan oleh para dokter dan peneliti, sering..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Pentingnya Hindari Gaya Hidup Tak Sehat

Wartakesehatan.com - Ada jutaan orang di seluruh dunia yang memiliki gaya hidup buruk dan hanya sedikit yang menyadari..
Mamin - 19 jam yang lalu

Inilah Tujuh Efek Samping Konsumsi Junk Food

Wartakesehatan.com - Menurut Jim White, RD, pemilik Jim White Fitness and Nutrition Studios di Virginia Beach, makanan..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

3 Waktu yang Kurang Tepat untuk Mandi

Wartakesehatan.com - Menurut rumus kesehatan, ada tiga waktu yang nggak disarankan buat mandi. Pada waktu-waktu tersebut,..
Mamin - 21 jam yang lalu

Rutin Minum Teh Hijau Setiap Hari, Ini Manfaatnya

Wartakesehatan.com - satu dari sekian banyak alasan semakin banyak orang memasukkan teh hijau ke dalam menu konsumsi..
Warta Sehat - 22 jam yang lalu

Inilah Manfaat Lari Bagi Tubuh Anda

Wartakesehaan.com - Olahraga lari tidak hanya murah, tapi juga mudah dan bisa dilakukan kapan saja. Lari memiliki banyak..
Mamin - 23 jam yang lalu

Konsumsi Pare bisa Meredakan Jerawat

Wartakesehatan.com - Pare memiliki banyak manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya. Dilansir dari..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Kualitas Tidur Perlu Dijaga, Ini Alasannya

Wartakesehatan.com - Menjaga kualitas tidur memang perlu diperhatikan. Karena jika kita tidak tidur dalam waktu sehari..
1 hari yang lalu

Jus Ceri Mampu Mengatasi Masalah Susah Tidur

Wartakesehatan.com - Peneliti dari Louisiana State University, AS, menemukan bahwa setelah mengonsumsi jus Ceri selama dua..

+Indeks