Diet Kalori Ringankan Derita Pengidap Diabetes

Oleh : Ilham Moestavi | health.detik.com | Kamis, 26 Januari 2017 | 21:02 WIB


IST

Wartakesehatan - Bagi seseorang yang mengidap diabetes yang diharuskan untuk mengonsumsi obat secara terus menerus tentu saja tak nyaman. Namun jika hal tersebut tidak dijalani, bisa-bisa gula darah naik terlalu tinggi dan menyebabkan berbagai komplikasi. Untuk meminimalisir kondisi tersebut, cobalah untuk diet rendah kalori. Mengatur asupan kalori yang masuk ke tubuh, menurut sebuah studi dapat meringankan kondisinya.

"Apa yang kami temukan, memungkinkan untuk meringankan diabetes Anda, bahkan yang telah mengalami lebih dari 10 tahun," kata Roy Taylor yang memimpin penelitian tersebut, dikutip dari Indian Express, Kamis (26/1/2017).

Dengan diet rendah kalori, lemak yang terkumpul pada pankreas akan dibuang. Produksi insulin di dalam tubuh akan menjadi normal.

Penelitian ini melibatkan 30 relawan yang memiliki diabetes tipe 2 selama enam bulan dan 23 tahun. Lalu, mereka menjalani diet kalori yang mengharuskan mereka untuk mengonsumsi kalori sebanyak 600 kalori hingga 700 kalori per hari.

Hasilnya, 12 pasien yang memiliki diabetes selama 10 tahun dapat meringankan kondisi mereka. Kemudian, enam bulan kemudian mereka dapat terbebas dari diabetes.

Meskipun relawan kehilangan berat badan, mereka tetap mengalami kelebih berat badan atau obesitas. Namun, mereka telah kehilangan berat badan yang cukup untuk menghilangkan lemak dari pankreas dan memungkinkan produksi insulin normal.

"Ini adalah kabar baik untuk memotivasi orang-orang untuk menyingkirkan diabetes mereka. Tapi, terlalu dini untuk mengganggap cara ini cocok untuk semua orang," tutup Taylor.




Fokus : Diabetes


#Diabetes #Diet #Kalori
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Ibu & Anak - 23 menit yang lalu

Ibu Hamil Ketahui 5 Makanan ini picu Keguguran

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkir seorang wanita hamil akan lebih banyak menjaga diri agar apapun yang dilakukan bisa..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

4 Cara atasi Nyeri Punggung

Wartakesehatan.com - Sebagai manusia biasa, kadang-kadang bahkan sering mengalami yang namanya nyeri punggung, Sebelum ke..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

5 Buah Sehat Penambah Darah

Wartakesehatan.com - Siapa sih yang tidak kenal buah ? semua pasti mengenalnya. Buah merupakan salah satu asupan makanan..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Beberapa Manfaat Daun Salam Untuk Tubuh

Wartakesehatan.com - Daun salam manfaatnya mampu untuk mengobati penyakit. Kandunganya pun sangat melimpah. Mulai dari..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Gaya Hidup Sehat Bantu Kurangi Resiko Kista

Wartakesehatan.com - Spesialis Kandungan dan Kebidanan dr Kathleen Juanita Gunawan menjelaskan, gaya hidup sehat membawa..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Resiko Dibalik Kesegaran Mandi Air Hangat

Wartakesehatan.com - Kebiasaan mandi air hangat mungkin sulit diubah, pasalnya memulai mandi air dingin maka tubuh akan..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Terbiasa Bangun Jam 4 Pagi, Ini Dia Manfaatnya

Wartakesehatan.com - Ternyata bangun pagi itu banyak manfaatnya, apalagi kalau bangun rutin jam 4 pagi setiap..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Ingin Tidur Nyenyak di Malam Hari? Lakukan ini!

Wartakesehatan - Tidur nyenyak dan berkualitas merupakan salah satu kunci agar badan tetap sehat bertenaga. Sayangnya..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

4 Makanan Ampuh Usir Stres

Wartakesehatan - Banyak orang yang percaya ada beberapa makanan ampuh menghilangkan rasa stres oleh karena itu mereka..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Ketahui, 5 Fakta tentang BAB

Wartakesehatan - Tahukah Anda berapa kali sehari BAB yang disebut normal itu? Atau, mengapa saat Anda menstruasi Anda jadi..

+Indeks