Diet Kalori Ringankan Derita Pengidap Diabetes

Oleh : Ilham Moestavi | health.detik.com | Kamis, 26 Januari 2017 | 21:02 WIB


IST

Wartakesehatan - Bagi seseorang yang mengidap diabetes yang diharuskan untuk mengonsumsi obat secara terus menerus tentu saja tak nyaman. Namun jika hal tersebut tidak dijalani, bisa-bisa gula darah naik terlalu tinggi dan menyebabkan berbagai komplikasi. Untuk meminimalisir kondisi tersebut, cobalah untuk diet rendah kalori. Mengatur asupan kalori yang masuk ke tubuh, menurut sebuah studi dapat meringankan kondisinya.

"Apa yang kami temukan, memungkinkan untuk meringankan diabetes Anda, bahkan yang telah mengalami lebih dari 10 tahun," kata Roy Taylor yang memimpin penelitian tersebut, dikutip dari Indian Express, Kamis (26/1/2017).

Dengan diet rendah kalori, lemak yang terkumpul pada pankreas akan dibuang. Produksi insulin di dalam tubuh akan menjadi normal.

Penelitian ini melibatkan 30 relawan yang memiliki diabetes tipe 2 selama enam bulan dan 23 tahun. Lalu, mereka menjalani diet kalori yang mengharuskan mereka untuk mengonsumsi kalori sebanyak 600 kalori hingga 700 kalori per hari.

Hasilnya, 12 pasien yang memiliki diabetes selama 10 tahun dapat meringankan kondisi mereka. Kemudian, enam bulan kemudian mereka dapat terbebas dari diabetes.

Meskipun relawan kehilangan berat badan, mereka tetap mengalami kelebih berat badan atau obesitas. Namun, mereka telah kehilangan berat badan yang cukup untuk menghilangkan lemak dari pankreas dan memungkinkan produksi insulin normal.

"Ini adalah kabar baik untuk memotivasi orang-orang untuk menyingkirkan diabetes mereka. Tapi, terlalu dini untuk mengganggap cara ini cocok untuk semua orang," tutup Taylor.




Fokus : Diabetes


#Diabetes #Diet #Kalori
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Fakta Seputar Mandi Malam dan Manfaatnya

Wartakesehatan.com - Bagi masyarakat perkotaan yang terbiasa berkegiatan hingga malam hari, mandi malam-malam menjadi..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Tingkatkan Kesuburan dengan Omega 3

Wartakesehatan - Sejak dulu telah dikatakan bahwa minyak ikan sangat baik bagi kesehatan tubuh, mulai dari jantung,..
Herbal - 8 jam yang lalu

5 Manfaat Buah Pare Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com-Tidak banyak orang yang suka dengan makanan yang memiliki rasa pahit seperti buah pare. Padahal, pare kerap..
8 jam yang lalu

Rebusan Air Jahe Bubuk Bisa Anti-Nyeri.

Wartakesehatan.com - Penggunaan jahe dalam makanan atau minuman tergantung kesukaan masimg-masing. Bagi yang ingin lebih..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Hebat, Cokelat Hitam bisa Cegah Kanker

Wartakesehatan - Banyak sumber mengatakan bahwa cokelat baik bagi kesehatan dan mempunyai khasiat tersendiri melawan..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Kekurangan Vitamin B12 Mempengaruhi Mata

Wartakesehatan.com- Seseoran yang kekurangan asupan vitamin B12 akan menunjukkan sejumlah gejala dan salah satunya terlihat..
Mamin - 11 jam yang lalu

Berlebihan Minum Kopi, Bahaya!

Wartakesehatan,com - Kopi merupakan salah satu minuman terfavorit hampir di seluruh dunia. Minuman ini memiliki daya tarik..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Asap Rokok Timbulkan Penyakit Meningitis

Wartakesehatan.com - Rokok atau sigaret adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Daun Pepaya Dapat Memperlancar ASI

Wartakesehatan.com - Daun pepaya memang terkenal dengan rasa yang pahit. Rasa pahit pada berbagai jenis makanan memang membuat..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Turunkan Kolesterol Dengan Biji Alpukat

Wartakesehatan.com - Alpukat kaya akan serat, potasium, antioksidan dan lemak sehat. Hampir semua sahabat Merahputih.com pasti..

+Indeks