Kunyit Mampu Atasi Gangguan Perut Hingga Kurangi Risiko Jantung

Oleh : Ilham Moestavi | 1health.id | Kamis, 26 Januari 2017 | 20:05 WIB


IST

Wartakesehatan - Kunyit merupakan salah satu rempah yang sangat banyak terdapat di Indonesia, bahkan tidak sedikit yang menjadikannya sebagai herbal tradisional. Selama ini telah banyak diketahui bahwa kunyit memiliki manfaat anti inflamasi, menyembuhkan batuk atau demam dan luka. Namun, ternyata masih ada banyak manfaat kunyit bagi kesehatan lainnya yang tak terduga.

Atasi gangguan pada perut

Dalam jurnal penelitian National Library of Medicine National institute of Health, disebutkan sebuah suplemen yang terbuat dari tanaman kunyit, efektif untuk mengatasi peradangan tubuh yang menyebabkan rasa mulas dan gangguan pencernaan. Iris kunyit, rebus dengan air, campurkan dengan 1 sendok teh air kapur sirih, aduk sampai rata. Saring airnya dan diminum setelah dingin secara teratur selama tiga hari akan membantu mengatasi gangguan pencernaan.

Redakan sendi

Manfaat kunyit juga telah diteliti terhadap seseorang yang mengalami nyeri sendi. Jurnal National Library of Medicine National institute of Health mengatakan ekstrak kunyit sama dengan obat ibuprofren yang dapat mengurangi nyeri pada sendi penderita osteoarthritis lutut. Resep sederhananya adalah tambahkan setengah sendok teh kunyit bubuk pada saat sarapan, atau Anda bisa mencoba mencampurkannya ke dalam satu gelas susu hangat saat pagi hari.

Mencegah diabetes

Diabetes memang mampu dicegah dengan banyak hal. Penelitian American Diabetes Association mengatakan fungsi kunyit yang meminum kapsul kurkumin mampu mencegah terjadinya pradiabetes menjadi diabetes tipe 2. Anda bisa membuat ramuan kunyi menjadi minuman. Campurkan dengan sedikit madu saat diminum.

Lindungi sel otak

Tidak hanya kurkumin, namun kandungan ar-turmeron atau turmeron aromatik juga membantu perbaikan sel-sel batang pada otak. Penelitian tentang kandungan turmeron aromatik terhadap fungsi sel punca pada otak orang dewasa mengatakan bahwa turmeron aromatik mencegah penyakit yang menyerang otak. Jurnal National Library of Medicine National institute of Health mengatakan, jika dikonsumsi secara tepat bisa mencegah terjadinya Alzheimer.

Kurangi risiko jantung

Sebuah studi tahun 2012 meneliti kandungan kurkumin pada kunyit yang dinilai mampu mencegah serangan jantung. Ketika sebagian pasien sebelum melakukan operasi jantung meminum kapsul kurkumin, hasilnya hanya 13 persen pasien yang meminum kurkumin mengalami gangguan serangan jantung. Kunyit memang bukan pengganti obat-obatan untuk serangan jantung, namun karena kandungan kurkumin berperan sebagai antioksidan dan anti-inflamasi mengurangi risiko terjadinya serangan jantung pada orang yang telah menjalani operasi by pass jantung. Cara meramu kunyit menjadi bahan untuk gangguan jantung adalah campurkan air dari kunyit yang sudah direbus dengan dua sendok makan madu, dan minum di saat pagi atau malam hari.




Fokus : Jantung


#Jantung #Perut #Kunyit
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Fakta Seputar Mandi Malam dan Manfaatnya

Wartakesehatan.com - Bagi masyarakat perkotaan yang terbiasa berkegiatan hingga malam hari, mandi malam-malam menjadi..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

Tingkatkan Kesuburan dengan Omega 3

Wartakesehatan - Sejak dulu telah dikatakan bahwa minyak ikan sangat baik bagi kesehatan tubuh, mulai dari jantung,..
Herbal - 13 jam yang lalu

5 Manfaat Buah Pare Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com-Tidak banyak orang yang suka dengan makanan yang memiliki rasa pahit seperti buah pare. Padahal, pare kerap..
14 jam yang lalu

Rebusan Air Jahe Bubuk Bisa Anti-Nyeri.

Wartakesehatan.com - Penggunaan jahe dalam makanan atau minuman tergantung kesukaan masimg-masing. Bagi yang ingin lebih..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Hebat, Cokelat Hitam bisa Cegah Kanker

Wartakesehatan - Banyak sumber mengatakan bahwa cokelat baik bagi kesehatan dan mempunyai khasiat tersendiri melawan..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

Kekurangan Vitamin B12 Mempengaruhi Mata

Wartakesehatan.com- Seseoran yang kekurangan asupan vitamin B12 akan menunjukkan sejumlah gejala dan salah satunya terlihat..
Mamin - 16 jam yang lalu

Berlebihan Minum Kopi, Bahaya!

Wartakesehatan,com - Kopi merupakan salah satu minuman terfavorit hampir di seluruh dunia. Minuman ini memiliki daya tarik..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Asap Rokok Timbulkan Penyakit Meningitis

Wartakesehatan.com - Rokok atau sigaret adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi..
Warta Sehat - 19 jam yang lalu

Daun Pepaya Dapat Memperlancar ASI

Wartakesehatan.com - Daun pepaya memang terkenal dengan rasa yang pahit. Rasa pahit pada berbagai jenis makanan memang membuat..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

Turunkan Kolesterol Dengan Biji Alpukat

Wartakesehatan.com - Alpukat kaya akan serat, potasium, antioksidan dan lemak sehat. Hampir semua sahabat Merahputih.com pasti..

+Indeks