Kunyit Mampu Atasi Gangguan Perut Hingga Kurangi Risiko Jantung

Oleh : Ilham Moestavi | 1health.id | Kamis, 26 Januari 2017 | 20:05 WIB


IST

Wartakesehatan - Kunyit merupakan salah satu rempah yang sangat banyak terdapat di Indonesia, bahkan tidak sedikit yang menjadikannya sebagai herbal tradisional. Selama ini telah banyak diketahui bahwa kunyit memiliki manfaat anti inflamasi, menyembuhkan batuk atau demam dan luka. Namun, ternyata masih ada banyak manfaat kunyit bagi kesehatan lainnya yang tak terduga.

Atasi gangguan pada perut

Dalam jurnal penelitian National Library of Medicine National institute of Health, disebutkan sebuah suplemen yang terbuat dari tanaman kunyit, efektif untuk mengatasi peradangan tubuh yang menyebabkan rasa mulas dan gangguan pencernaan. Iris kunyit, rebus dengan air, campurkan dengan 1 sendok teh air kapur sirih, aduk sampai rata. Saring airnya dan diminum setelah dingin secara teratur selama tiga hari akan membantu mengatasi gangguan pencernaan.

Redakan sendi

Manfaat kunyit juga telah diteliti terhadap seseorang yang mengalami nyeri sendi. Jurnal National Library of Medicine National institute of Health mengatakan ekstrak kunyit sama dengan obat ibuprofren yang dapat mengurangi nyeri pada sendi penderita osteoarthritis lutut. Resep sederhananya adalah tambahkan setengah sendok teh kunyit bubuk pada saat sarapan, atau Anda bisa mencoba mencampurkannya ke dalam satu gelas susu hangat saat pagi hari.

Mencegah diabetes

Diabetes memang mampu dicegah dengan banyak hal. Penelitian American Diabetes Association mengatakan fungsi kunyit yang meminum kapsul kurkumin mampu mencegah terjadinya pradiabetes menjadi diabetes tipe 2. Anda bisa membuat ramuan kunyi menjadi minuman. Campurkan dengan sedikit madu saat diminum.

Lindungi sel otak

Tidak hanya kurkumin, namun kandungan ar-turmeron atau turmeron aromatik juga membantu perbaikan sel-sel batang pada otak. Penelitian tentang kandungan turmeron aromatik terhadap fungsi sel punca pada otak orang dewasa mengatakan bahwa turmeron aromatik mencegah penyakit yang menyerang otak. Jurnal National Library of Medicine National institute of Health mengatakan, jika dikonsumsi secara tepat bisa mencegah terjadinya Alzheimer.

Kurangi risiko jantung

Sebuah studi tahun 2012 meneliti kandungan kurkumin pada kunyit yang dinilai mampu mencegah serangan jantung. Ketika sebagian pasien sebelum melakukan operasi jantung meminum kapsul kurkumin, hasilnya hanya 13 persen pasien yang meminum kurkumin mengalami gangguan serangan jantung. Kunyit memang bukan pengganti obat-obatan untuk serangan jantung, namun karena kandungan kurkumin berperan sebagai antioksidan dan anti-inflamasi mengurangi risiko terjadinya serangan jantung pada orang yang telah menjalani operasi by pass jantung. Cara meramu kunyit menjadi bahan untuk gangguan jantung adalah campurkan air dari kunyit yang sudah direbus dengan dua sendok makan madu, dan minum di saat pagi atau malam hari.




Fokus : Jantung


#Jantung #Kunyit #Perut
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

Idul Adha 1441 H : Masjid Baiturrahman & Al-Islam Cipayung Ikuti Protokol Kesehatan

Wartakesehatan.com - Dalam menjalankan rangkaian ibadah Idul Adha 1441 H/2020 M pada tahun ini sangat berbeda sekali dari..
Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

Lurah Cipayung Tinjau Penerapan Protokol Kesehatan Saat Idul Adha 1441 H/2020

Wartakesehatan.com - Masih tingginya penyebaran wabah Covid-19 di wilayah DKI Jakarta menjadi perhatian bagi pemangku kebijakan..
Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

Masjid Nurul Hikmah Terapkan Protokol Kesehatan & Konsisten Jaga Kualitas Daging Qurban

Wartakesehatan.com - Rangkaian pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1441 H/2020 pada tahun ini sangat dipengaruhi dengan situasi..
Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

Daging Qurban Masjid Al Falah Terpantau & Terapkan Protokol Kesehatan

Pelaksanaan pemotongan hewan qurban di Masjid Al Falah Cipayung Jakarta Timur.
Herbal - 3 minggu yang lalu

Kelompok Usia Produktif Waspadai PTM

Wartakesehatan.com -- Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan menunjukkan bahwa saat ini perkembangan Penyakit Tidak..
Herbal - 3 minggu yang lalu

Cegah Virus dengan Herbal

Wartakesehatan.com - Antivirus corona berbasis tanaman eucalyptus belakangan ini ramai diperbincangkan. Potensi antivirus..
Obat & Penyakit - 4 minggu yang lalu

Menkes Sebut Meniran Hijau untuk Penanggulangan Covid-19

Wartakesehatan.com - Menteri Kesehatan Terawan patut diberikan apreasiasi dengan sebutan bapak Herbal karena mendukung Obat..
Warta Sehat - 4 minggu yang lalu

Awas! Protokol Kesehatan Anak di Sekolah Bisa Jadi Cluster Baru

Wartakesehatan.com - Banyak pihak yang meminta pemerintah menunda untuk melaksanan kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah..
Warta Sehat - 1 bulan yang lalu

Cegah Penularan Droplet dengan Masker di Mana Saja

Wartakesehatan.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengakui munculnya bukti-bukti yang melihat virus Corona COVID-19 bisa..
Warta Sehat - 1 bulan yang lalu

Waspadai Droplet di Ruangan tertutup

Wartakesehatan.com - New Normal membuat sebagian kantor-kantor buka dan para karyawan kembali bekerja sedia kala, namun masih..

+Indeks