Gangguan Kesehatan yang Bisa Terjadi Akibat Perut Buncit

Oleh : Ilham Moestavi | 1health.id | Jumat, 27 Januari 2017 | 15:03 WIB


IST

Wartakesehatan - Kondisi perut buncit dahulu orang menggambarkannya dengan ekonomi makmur. Namun, kini pria yang memiliki perut buncit justru menunjukkan kesadarannya yang rendah akan gaya hidup sehat. Bila Anda termasuk ke dalam orang dengan perut bergelambir, maka Anda tidak sendiri. Begitu banyak pria yang seakan menganggap wajar keadaan perut yang buncir tersebut. Namun, sebaiknya Anda tidak bangga dengan lebarnya lingkar perut. Tumpukan lemak di perut harus diwaspadai, karena sebetulnya Anda sedang menumpuk bahaya.

Seseorang disebut memiliki perut buncit bila ukurannya lebih dari 95 cm, sementara pada wanita lebih dari 80 cm. Lemak di perut bukan sebatas pada lapisan lemak yang berada di bawah kulit (lemak subkutan) saja, tapi juga termasuk lemak viseral yang berada di bawah perut dan menyelimuti organ-organ dalam.

Lemak yang terbentuk di lapisan perut dipengaruhi oleh asupan kalori yang masuk dan energi yang dibakar. Jika Anda makan terlalu banyak tapi jarang bergerak, maka akan ada kelebihan kalori yang kemudian disimpan sebagai lemak. Selain itu, faktor usia juga berpengaruh. Bertambahnya usia akan membuat Anda kehilangan otot, terutama jika kurang berolahraga dan lebih banyak duduk. Berkurangnya massa otot akan menurunkan kecepatan tubuh menggunakan kalori.

Kemampuan sel lemak di tangan dan kaki juga akan berkurang dalam menyimpan lemak, sehingga jika ada kelebihan lemak, maka lemak akan turun ke perut. Berbagai penelitian menunjukkan, lemak yang tersimpan di dalam perut ini tidak berfungsi sebagai cadangan tenaga seperti halnya lemak di bagian tubuh lainnya. Lemak viseral ini secara biologis sangat aktif dan menghasilkan hormon dan zat kimia tertentu sehingga menyebabkan gangguan keseimbangan hormonal dan gangguan metabolisme.

Zat dan hormon yang dihasilkan oleh lemak perut ini lama kelamaan akan memicu peradangan (inflamasi). Hal ini pada akhirnya bisa memicu berbagai penyakit. Seperti penyakit jantung dan pembuluh darah, diabetes melitus, kanker kolorektal, hingga risiko henti napas saat tidur (sleep apnea).

Untuk menghindari itu semua, sebaiknya mulai sekarang Anda mulai mengubah gaya hidup. Sebab, pada dasarnya lemak perut bisa dihilangkan. Hanya saja Anda butuh kesabaran, usaha dan konsistensi. Mulailah dengan membatasi makanan yang terlalu banyak mengandung kolesterol dan lemak jahat lainnya. Selain itu, bergeraklah lebih banyak. Tak hanya dengan olahraga rutin, ambil jeda setiap satu jam dan bergeraklah.




Fokus : Perut Buncit


#Kesehatan #Perut #Buncit
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

Idul Adha 1441 H : Masjid Baiturrahman & Al-Islam Cipayung Ikuti Protokol Kesehatan

Wartakesehatan.com - Dalam menjalankan rangkaian ibadah Idul Adha 1441 H/2020 M pada tahun ini sangat berbeda sekali dari..
Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

Lurah Cipayung Tinjau Penerapan Protokol Kesehatan Saat Idul Adha 1441 H/2020

Wartakesehatan.com - Masih tingginya penyebaran wabah Covid-19 di wilayah DKI Jakarta menjadi perhatian bagi pemangku kebijakan..
Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

Masjid Nurul Hikmah Terapkan Protokol Kesehatan & Konsisten Jaga Kualitas Daging Qurban

Wartakesehatan.com - Rangkaian pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1441 H/2020 pada tahun ini sangat dipengaruhi dengan situasi..
Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

Daging Qurban Masjid Al Falah Terpantau & Terapkan Protokol Kesehatan

Pelaksanaan pemotongan hewan qurban di Masjid Al Falah Cipayung Jakarta Timur.
Herbal - 3 minggu yang lalu

Kelompok Usia Produktif Waspadai PTM

Wartakesehatan.com -- Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan menunjukkan bahwa saat ini perkembangan Penyakit Tidak..
Herbal - 3 minggu yang lalu

Cegah Virus dengan Herbal

Wartakesehatan.com - Antivirus corona berbasis tanaman eucalyptus belakangan ini ramai diperbincangkan. Potensi antivirus..
Obat & Penyakit - 4 minggu yang lalu

Menkes Sebut Meniran Hijau untuk Penanggulangan Covid-19

Wartakesehatan.com - Menteri Kesehatan Terawan patut diberikan apreasiasi dengan sebutan bapak Herbal karena mendukung Obat..
Warta Sehat - 4 minggu yang lalu

Awas! Protokol Kesehatan Anak di Sekolah Bisa Jadi Cluster Baru

Wartakesehatan.com - Banyak pihak yang meminta pemerintah menunda untuk melaksanan kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah..
Warta Sehat - 1 bulan yang lalu

Cegah Penularan Droplet dengan Masker di Mana Saja

Wartakesehatan.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengakui munculnya bukti-bukti yang melihat virus Corona COVID-19 bisa..
Warta Sehat - 1 bulan yang lalu

Waspadai Droplet di Ruangan tertutup

Wartakesehatan.com - New Normal membuat sebagian kantor-kantor buka dan para karyawan kembali bekerja sedia kala, namun masih..

+Indeks