Terapi Kanker Prostat Bisa Pengaruhi Risiko Alzheimer

Oleh : Ilham Moestavi | 1health.id | Sabtu, 28 Januari 2017 | 17:33 WIB


IST

Wartakesehatan - Salah satu terapi umum yang biasa dilakukan untuk mengobati kanker prostat, disebut memiliki kemungkinan bisa meningkatkan penyakit lainnya. Meskipun masih dalam tahap penelitian, diduga bahwa Androgen Deprivation Therapy (ADT) meningkatkan risiko Alzheimer. Fungsi obat ini berguna untuk menurunkan hormon testeosteron, hormon pria yang memicu beberapa jenis kanker prostat.

Penelitian oleh American Cancer Society ini dilakukan karena banyak pria yang mengeluhkan berbagai efek samping yang tidak nyaman dari terapi tersebut. Mereka yang menjalani terapi ADT mengeluhkan efek samping seperti berat badan yang naik, emosi yang tidak stabil, impotensi, serta tiba-tiba rasa demam. Yang paling banyak dikeluhkan adalah berkurangnya daya ingat dan sulit berpikir. Oleh karena itu, para peneliti mulai memeriksa data kesehatan para pasien yang menderita kanker prostat.

Dengan meneliti 16.000 pria yang sedang menjalani pengobatan untuk kanker prostat menunjukkan bahwa mereka yang mendapat terapi ADT menunjukkan bahwa mereka memiliki risiko dua kali lipat menderita Alzheimer dalam kurun waktu dua setengah tahun dibanding mereka yang menerima terapi lain. Risiko Alzheimer menjadi lebih tinggi bagi mereka yang menerima ADT lebih dari setahun.

Masih belum diketahui secara pasti apakah ADT yang menyebabkan meningkatkan risiko Alzheimer atau akibat terjadinya reaksi hormonal pada pria, sehingga meningkatkan risiko mereka. Meskipun demikian, para dokter sangat disarankan untuk menjelaskan risiko ini kepada pasiennya saat menentukan pengobatan yang efektif.

Beberapa opsi pengobatan untuk kanker prostat lain adalah pengangkatan tumor, radiasi, kemoterapi untuk membantu menghancurkan kanker. Namun salah satu pengobatan yang sering disarankan adalah terapi yang menghambat produksi testosteron. Dicurigai bahwa terapi hormon dengan ADT sering disalahgunakan. Alasan utama dari penyalahgunaan ADT adalah umur penderita kanker prostat yang terlalu tua sehingga tidak dapat menjalani pembedahan, dan terapi hormon adalah satu-satunya opsi paling aman.

Masih belum diketahui dengan pasti penyebab berkurangnya hormon dapat menyebabkan Alzheimer. Kekurangan hormon estrogen pada wanita juga dihubungkan dengan meningkatnya risiko Alzheimer. Sementara ini baru ada satu penelitian mengenai terapi sulih hormon estrogen pada wanita yang menunjukkan berkurangnya risiko Alzheimer. Apakah sulih hormon testosteron pada pria dapat mengurangi risiko Alzheimer’s masih perlu diuji.




Fokus : Kanker


#Kanker #Terapi #Alzheimer
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

Idul Adha 1441 H : Masjid Baiturrahman & Al-Islam Cipayung Ikuti Protokol Kesehatan

Wartakesehatan.com - Dalam menjalankan rangkaian ibadah Idul Adha 1441 H/2020 M pada tahun ini sangat berbeda sekali dari..
Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

Lurah Cipayung Tinjau Penerapan Protokol Kesehatan Saat Idul Adha 1441 H/2020

Wartakesehatan.com - Masih tingginya penyebaran wabah Covid-19 di wilayah DKI Jakarta menjadi perhatian bagi pemangku kebijakan..
Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

Masjid Nurul Hikmah Terapkan Protokol Kesehatan & Konsisten Jaga Kualitas Daging Qurban

Wartakesehatan.com - Rangkaian pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1441 H/2020 pada tahun ini sangat dipengaruhi dengan situasi..
Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

Daging Qurban Masjid Al Falah Terpantau & Terapkan Protokol Kesehatan

Pelaksanaan pemotongan hewan qurban di Masjid Al Falah Cipayung Jakarta Timur.
Herbal - 3 minggu yang lalu

Kelompok Usia Produktif Waspadai PTM

Wartakesehatan.com -- Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan menunjukkan bahwa saat ini perkembangan Penyakit Tidak..
Herbal - 3 minggu yang lalu

Cegah Virus dengan Herbal

Wartakesehatan.com - Antivirus corona berbasis tanaman eucalyptus belakangan ini ramai diperbincangkan. Potensi antivirus..
Obat & Penyakit - 4 minggu yang lalu

Menkes Sebut Meniran Hijau untuk Penanggulangan Covid-19

Wartakesehatan.com - Menteri Kesehatan Terawan patut diberikan apreasiasi dengan sebutan bapak Herbal karena mendukung Obat..
Warta Sehat - 4 minggu yang lalu

Awas! Protokol Kesehatan Anak di Sekolah Bisa Jadi Cluster Baru

Wartakesehatan.com - Banyak pihak yang meminta pemerintah menunda untuk melaksanan kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah..
Warta Sehat - 1 bulan yang lalu

Cegah Penularan Droplet dengan Masker di Mana Saja

Wartakesehatan.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengakui munculnya bukti-bukti yang melihat virus Corona COVID-19 bisa..
Warta Sehat - 1 bulan yang lalu

Waspadai Droplet di Ruangan tertutup

Wartakesehatan.com - New Normal membuat sebagian kantor-kantor buka dan para karyawan kembali bekerja sedia kala, namun masih..

+Indeks