Terapi Kanker Prostat Bisa Pengaruhi Risiko Alzheimer

Oleh : Ilham Moestavi | 1health.id | Sabtu, 28 Januari 2017 | 17:33 WIB


IST

Wartakesehatan - Salah satu terapi umum yang biasa dilakukan untuk mengobati kanker prostat, disebut memiliki kemungkinan bisa meningkatkan penyakit lainnya. Meskipun masih dalam tahap penelitian, diduga bahwa Androgen Deprivation Therapy (ADT) meningkatkan risiko Alzheimer. Fungsi obat ini berguna untuk menurunkan hormon testeosteron, hormon pria yang memicu beberapa jenis kanker prostat.

Penelitian oleh American Cancer Society ini dilakukan karena banyak pria yang mengeluhkan berbagai efek samping yang tidak nyaman dari terapi tersebut. Mereka yang menjalani terapi ADT mengeluhkan efek samping seperti berat badan yang naik, emosi yang tidak stabil, impotensi, serta tiba-tiba rasa demam. Yang paling banyak dikeluhkan adalah berkurangnya daya ingat dan sulit berpikir. Oleh karena itu, para peneliti mulai memeriksa data kesehatan para pasien yang menderita kanker prostat.

Dengan meneliti 16.000 pria yang sedang menjalani pengobatan untuk kanker prostat menunjukkan bahwa mereka yang mendapat terapi ADT menunjukkan bahwa mereka memiliki risiko dua kali lipat menderita Alzheimer dalam kurun waktu dua setengah tahun dibanding mereka yang menerima terapi lain. Risiko Alzheimer menjadi lebih tinggi bagi mereka yang menerima ADT lebih dari setahun.

Masih belum diketahui secara pasti apakah ADT yang menyebabkan meningkatkan risiko Alzheimer atau akibat terjadinya reaksi hormonal pada pria, sehingga meningkatkan risiko mereka. Meskipun demikian, para dokter sangat disarankan untuk menjelaskan risiko ini kepada pasiennya saat menentukan pengobatan yang efektif.

Beberapa opsi pengobatan untuk kanker prostat lain adalah pengangkatan tumor, radiasi, kemoterapi untuk membantu menghancurkan kanker. Namun salah satu pengobatan yang sering disarankan adalah terapi yang menghambat produksi testosteron. Dicurigai bahwa terapi hormon dengan ADT sering disalahgunakan. Alasan utama dari penyalahgunaan ADT adalah umur penderita kanker prostat yang terlalu tua sehingga tidak dapat menjalani pembedahan, dan terapi hormon adalah satu-satunya opsi paling aman.

Masih belum diketahui dengan pasti penyebab berkurangnya hormon dapat menyebabkan Alzheimer. Kekurangan hormon estrogen pada wanita juga dihubungkan dengan meningkatnya risiko Alzheimer. Sementara ini baru ada satu penelitian mengenai terapi sulih hormon estrogen pada wanita yang menunjukkan berkurangnya risiko Alzheimer. Apakah sulih hormon testosteron pada pria dapat mengurangi risiko Alzheimer’s masih perlu diuji.




Fokus : Kanker


#Kanker #Terapi #Alzheimer
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Fakta Seputar Mandi Malam dan Manfaatnya

Wartakesehatan.com - Bagi masyarakat perkotaan yang terbiasa berkegiatan hingga malam hari, mandi malam-malam menjadi..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Tingkatkan Kesuburan dengan Omega 3

Wartakesehatan - Sejak dulu telah dikatakan bahwa minyak ikan sangat baik bagi kesehatan tubuh, mulai dari jantung,..
Herbal - 13 jam yang lalu

5 Manfaat Buah Pare Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com-Tidak banyak orang yang suka dengan makanan yang memiliki rasa pahit seperti buah pare. Padahal, pare kerap..
13 jam yang lalu

Rebusan Air Jahe Bubuk Bisa Anti-Nyeri.

Wartakesehatan.com - Penggunaan jahe dalam makanan atau minuman tergantung kesukaan masimg-masing. Bagi yang ingin lebih..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Hebat, Cokelat Hitam bisa Cegah Kanker

Wartakesehatan - Banyak sumber mengatakan bahwa cokelat baik bagi kesehatan dan mempunyai khasiat tersendiri melawan..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Kekurangan Vitamin B12 Mempengaruhi Mata

Wartakesehatan.com- Seseoran yang kekurangan asupan vitamin B12 akan menunjukkan sejumlah gejala dan salah satunya terlihat..
Mamin - 16 jam yang lalu

Berlebihan Minum Kopi, Bahaya!

Wartakesehatan,com - Kopi merupakan salah satu minuman terfavorit hampir di seluruh dunia. Minuman ini memiliki daya tarik..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

Asap Rokok Timbulkan Penyakit Meningitis

Wartakesehatan.com - Rokok atau sigaret adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Daun Pepaya Dapat Memperlancar ASI

Wartakesehatan.com - Daun pepaya memang terkenal dengan rasa yang pahit. Rasa pahit pada berbagai jenis makanan memang membuat..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

Turunkan Kolesterol Dengan Biji Alpukat

Wartakesehatan.com - Alpukat kaya akan serat, potasium, antioksidan dan lemak sehat. Hampir semua sahabat Merahputih.com pasti..

+Indeks