Wanita Perlu Ketahui Perbedaan Kista Dan Miom

Oleh : Ilham Moestavi | 1health.id | Sabtu, 28 Januari 2017 | 19:32 WIB


IST

Wartakesehatan - Tak sedikit dari para perempuan yang kerap kali bingung dalam membedakan kista dan miom. Keduanya memang tampak sama, namun ternyata miom dan kista berbeda. Anda perlu memahami perbedaan miom dan kista agar Anda pun bisa mencegahnya.

Berdasarkan lokasi, kista biasanya terdapat di rahim, saluran telur, indung telur, vagina dan di daerah vulva (bagian luar alat kelamin perempuan). Kista juga bisa terjadi di bagian tubuh lain seperti gusi. Sedangkan miom, sebagian besar tumbuh di dalam dinding rahim (miom uteri). Ada juga miom yang tumbuh di leher rahim.

Dilihat dari gejalanya pun keduanya cukup berbeda. Bila Anda menderita kista, Anda akan merasakan nyeri di perut bagian bawah, neyri saat haid, sering merasa ingin buang air besar atau kecil dan pada keadaan yang sudah lanjut dapat teraba benjolan pada daerah perut. Sementara, penderita miom akan merasakan nyeri di perut bagian bawah, atau di sekitar pinggul, nyeri saat berhubungan seksual, gangguan haid, seperti nyeri saat haid, perdarahan haid sangat banyak, dan haid tak beraturan (sering haid), perut terasa penuh dan pada sebagian wanita kadang mengeluhkan frekuensi buang air kecil yang tinggi.

Kista sampai sekarang belum diketahui secara pasti penyebabnya, namun diduga bahan-bahan karsinogenik menjadi salah satu penyebabnya. Sedangkan miom lebih banyak disebabkan oleh faktor hormonal terutama hormon estrogen. Miom cenderung berkembang pada masa reproduksi, dan dapat bertambah besar dengan cepat selama kehamilan. Namun, miom biasanya menyusut setelah menopause ketika kadar estrogen menurun.




Fokus : Kesehatan


#Kesehatan #Miom #Kista
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

Idul Adha 1441 H : Masjid Baiturrahman & Al-Islam Cipayung Ikuti Protokol Kesehatan

Wartakesehatan.com - Dalam menjalankan rangkaian ibadah Idul Adha 1441 H/2020 M pada tahun ini sangat berbeda sekali dari..
Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

Lurah Cipayung Tinjau Penerapan Protokol Kesehatan Saat Idul Adha 1441 H/2020

Wartakesehatan.com - Masih tingginya penyebaran wabah Covid-19 di wilayah DKI Jakarta menjadi perhatian bagi pemangku kebijakan..
Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

Masjid Nurul Hikmah Terapkan Protokol Kesehatan & Konsisten Jaga Kualitas Daging Qurban

Wartakesehatan.com - Rangkaian pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1441 H/2020 pada tahun ini sangat dipengaruhi dengan situasi..
Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

Daging Qurban Masjid Al Falah Terpantau & Terapkan Protokol Kesehatan

Pelaksanaan pemotongan hewan qurban di Masjid Al Falah Cipayung Jakarta Timur.
Herbal - 3 minggu yang lalu

Kelompok Usia Produktif Waspadai PTM

Wartakesehatan.com -- Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan menunjukkan bahwa saat ini perkembangan Penyakit Tidak..
Herbal - 3 minggu yang lalu

Cegah Virus dengan Herbal

Wartakesehatan.com - Antivirus corona berbasis tanaman eucalyptus belakangan ini ramai diperbincangkan. Potensi antivirus..
Obat & Penyakit - 4 minggu yang lalu

Menkes Sebut Meniran Hijau untuk Penanggulangan Covid-19

Wartakesehatan.com - Menteri Kesehatan Terawan patut diberikan apreasiasi dengan sebutan bapak Herbal karena mendukung Obat..
Warta Sehat - 4 minggu yang lalu

Awas! Protokol Kesehatan Anak di Sekolah Bisa Jadi Cluster Baru

Wartakesehatan.com - Banyak pihak yang meminta pemerintah menunda untuk melaksanan kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah..
Warta Sehat - 1 bulan yang lalu

Cegah Penularan Droplet dengan Masker di Mana Saja

Wartakesehatan.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengakui munculnya bukti-bukti yang melihat virus Corona COVID-19 bisa..
Warta Sehat - 1 bulan yang lalu

Waspadai Droplet di Ruangan tertutup

Wartakesehatan.com - New Normal membuat sebagian kantor-kantor buka dan para karyawan kembali bekerja sedia kala, namun masih..

+Indeks