Berat Badan Bisa Meningkat Akibat Menopause

Oleh : Ilham Moestavi | health.liputan6.com | Senin, 30 Januari 2017 | 16:02 WIB


IST

Wartakesehatan - Menopause kerap disebut benar-benar mengubah hidup bagi banyak kaum wanita. Mereka merasa lesu, tidak termotivasi, dan tidak ada semangat untuk berolahraga seperti sebelumnya.

Sebuah tim di University of Missouri telah mengidentifikasi hubungan antara hormon ovarium dan tingkat dopamin di otak yang membuat latihan menjadi lebih baik. Ini sinyal awal penelitian baru untuk membantu perempuan mengatasi kelesuan yang luar biasa, dan meningkatkan motivasi mereka.

"Wanita pasca-menopause lebih rentan terhadap kenaikan berat badan, dan masalah kesehatan. Kami menemukan bahwa penurunan aktivitas fisik yang mengarah pada bertambah berat badan disebabkan perubahan aktivitas otak," ujar Dr Victoria Vieira-Potter, yang mengkhususkan diri dalam nutrisi dan latihan fisiologi di MU, dilansir laman Dailymail.

Menopause yang cenderung menyerang wanita di awal 50-an, dapat menyebabkan perubahan suasana hati, depresi, dan kecemasan. Dalam banyak kasus, hal itu mempengaruhi gerak wanita sehingga berat badan naik.

Untuk menguji efek samping ini, Dr Vieira-Potter melacak aktivitas tikus-beberapa yang sehat fisik, dan beberapa tidak. Pertama mereka dipantau tingkat kebugaran, dan aktivitas kesenangan otak. Kemudian indung telur mereka dihapus, untuk meniru efek dari menopause. Kedua kelompok menunjukkan penurunan dramatis dan motivasi mereka berjalan di roda putar.

Ini menunjukkan perubahan hormonal yang dialami selama menopause bisa berdampak pada otak, dan itu bisa menjadi proses penghambatan aktivitas fisik.

Temuan mengkonfirmasi bukti sebelumnya pada manusia dan tikus bahwa penambahan berat badan yang terjadi setelah menopause karena menurunnya aktivitas fisik secara keseluruhan daripada peningkatan asupan energi dari diet.




Fokus : Berat Badan


#Berat Badan #Menopause
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Fakta Seputar Mandi Malam dan Manfaatnya

Wartakesehatan.com - Bagi masyarakat perkotaan yang terbiasa berkegiatan hingga malam hari, mandi malam-malam menjadi..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Tingkatkan Kesuburan dengan Omega 3

Wartakesehatan - Sejak dulu telah dikatakan bahwa minyak ikan sangat baik bagi kesehatan tubuh, mulai dari jantung,..
Herbal - 13 jam yang lalu

5 Manfaat Buah Pare Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com-Tidak banyak orang yang suka dengan makanan yang memiliki rasa pahit seperti buah pare. Padahal, pare kerap..
13 jam yang lalu

Rebusan Air Jahe Bubuk Bisa Anti-Nyeri.

Wartakesehatan.com - Penggunaan jahe dalam makanan atau minuman tergantung kesukaan masimg-masing. Bagi yang ingin lebih..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Hebat, Cokelat Hitam bisa Cegah Kanker

Wartakesehatan - Banyak sumber mengatakan bahwa cokelat baik bagi kesehatan dan mempunyai khasiat tersendiri melawan..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Kekurangan Vitamin B12 Mempengaruhi Mata

Wartakesehatan.com- Seseoran yang kekurangan asupan vitamin B12 akan menunjukkan sejumlah gejala dan salah satunya terlihat..
Mamin - 16 jam yang lalu

Berlebihan Minum Kopi, Bahaya!

Wartakesehatan,com - Kopi merupakan salah satu minuman terfavorit hampir di seluruh dunia. Minuman ini memiliki daya tarik..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

Asap Rokok Timbulkan Penyakit Meningitis

Wartakesehatan.com - Rokok atau sigaret adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Daun Pepaya Dapat Memperlancar ASI

Wartakesehatan.com - Daun pepaya memang terkenal dengan rasa yang pahit. Rasa pahit pada berbagai jenis makanan memang membuat..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

Turunkan Kolesterol Dengan Biji Alpukat

Wartakesehatan.com - Alpukat kaya akan serat, potasium, antioksidan dan lemak sehat. Hampir semua sahabat Merahputih.com pasti..

+Indeks