Berat Badan Bisa Meningkat Akibat Menopause

Oleh : Ilham Moestavi | health.liputan6.com | Senin, 30 Januari 2017 | 16:02 WIB


IST

Wartakesehatan - Menopause kerap disebut benar-benar mengubah hidup bagi banyak kaum wanita. Mereka merasa lesu, tidak termotivasi, dan tidak ada semangat untuk berolahraga seperti sebelumnya.

Sebuah tim di University of Missouri telah mengidentifikasi hubungan antara hormon ovarium dan tingkat dopamin di otak yang membuat latihan menjadi lebih baik. Ini sinyal awal penelitian baru untuk membantu perempuan mengatasi kelesuan yang luar biasa, dan meningkatkan motivasi mereka.

"Wanita pasca-menopause lebih rentan terhadap kenaikan berat badan, dan masalah kesehatan. Kami menemukan bahwa penurunan aktivitas fisik yang mengarah pada bertambah berat badan disebabkan perubahan aktivitas otak," ujar Dr Victoria Vieira-Potter, yang mengkhususkan diri dalam nutrisi dan latihan fisiologi di MU, dilansir laman Dailymail.

Menopause yang cenderung menyerang wanita di awal 50-an, dapat menyebabkan perubahan suasana hati, depresi, dan kecemasan. Dalam banyak kasus, hal itu mempengaruhi gerak wanita sehingga berat badan naik.

Untuk menguji efek samping ini, Dr Vieira-Potter melacak aktivitas tikus-beberapa yang sehat fisik, dan beberapa tidak. Pertama mereka dipantau tingkat kebugaran, dan aktivitas kesenangan otak. Kemudian indung telur mereka dihapus, untuk meniru efek dari menopause. Kedua kelompok menunjukkan penurunan dramatis dan motivasi mereka berjalan di roda putar.

Ini menunjukkan perubahan hormonal yang dialami selama menopause bisa berdampak pada otak, dan itu bisa menjadi proses penghambatan aktivitas fisik.

Temuan mengkonfirmasi bukti sebelumnya pada manusia dan tikus bahwa penambahan berat badan yang terjadi setelah menopause karena menurunnya aktivitas fisik secara keseluruhan daripada peningkatan asupan energi dari diet.




Fokus : Berat Badan


#Berat Badan #Menopause
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

Idul Adha 1441 H : Masjid Baiturrahman & Al-Islam Cipayung Ikuti Protokol Kesehatan

Wartakesehatan.com - Dalam menjalankan rangkaian ibadah Idul Adha 1441 H/2020 M pada tahun ini sangat berbeda sekali dari..
Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

Lurah Cipayung Tinjau Penerapan Protokol Kesehatan Saat Idul Adha 1441 H/2020

Wartakesehatan.com - Masih tingginya penyebaran wabah Covid-19 di wilayah DKI Jakarta menjadi perhatian bagi pemangku kebijakan..
Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

Masjid Nurul Hikmah Terapkan Protokol Kesehatan & Konsisten Jaga Kualitas Daging Qurban

Wartakesehatan.com - Rangkaian pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1441 H/2020 pada tahun ini sangat dipengaruhi dengan situasi..
Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

Daging Qurban Masjid Al Falah Terpantau & Terapkan Protokol Kesehatan

Pelaksanaan pemotongan hewan qurban di Masjid Al Falah Cipayung Jakarta Timur.
Herbal - 3 minggu yang lalu

Kelompok Usia Produktif Waspadai PTM

Wartakesehatan.com -- Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan menunjukkan bahwa saat ini perkembangan Penyakit Tidak..
Herbal - 3 minggu yang lalu

Cegah Virus dengan Herbal

Wartakesehatan.com - Antivirus corona berbasis tanaman eucalyptus belakangan ini ramai diperbincangkan. Potensi antivirus..
Obat & Penyakit - 4 minggu yang lalu

Menkes Sebut Meniran Hijau untuk Penanggulangan Covid-19

Wartakesehatan.com - Menteri Kesehatan Terawan patut diberikan apreasiasi dengan sebutan bapak Herbal karena mendukung Obat..
Warta Sehat - 4 minggu yang lalu

Awas! Protokol Kesehatan Anak di Sekolah Bisa Jadi Cluster Baru

Wartakesehatan.com - Banyak pihak yang meminta pemerintah menunda untuk melaksanan kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah..
Warta Sehat - 1 bulan yang lalu

Cegah Penularan Droplet dengan Masker di Mana Saja

Wartakesehatan.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengakui munculnya bukti-bukti yang melihat virus Corona COVID-19 bisa..
Warta Sehat - 1 bulan yang lalu

Waspadai Droplet di Ruangan tertutup

Wartakesehatan.com - New Normal membuat sebagian kantor-kantor buka dan para karyawan kembali bekerja sedia kala, namun masih..

+Indeks