Kehamilan Tidak Menjadi Halangan Untuk Cantik & Segar

Oleh : Irawan Mohamad | Selasa, 31 Januari 2017 | 00:55 WIB


Kepala RSU Bunda Jakarta Dr. Didid Winnetouw, memberikan keterangan pers-nya di hadapan awak media, terkait grand opening Amara Skin & Asthetic Center, RSU Bunda Jakarta, Senin (30/1/17). (wartakesehatan.com)

Wartakesehatan.com - Cantik merupakan impian bagi setiap wanita. Setiap wanita tentu berharap, setiap waktu, menit, jam, selalu dapat tampil segar dan cantik. Namun, bagaimana jika hamil ? Apakah wanita tidak boleh tampil cantik dan segar ? 

Dunia kedokteran mengakui, bagaimana kehamilan menjadi penyebab berubahnya tubuh seorang wanita. Karena, wanita hamil tentunya memproduksi hormon, terutama estrogen dan progesteron, yang dampaknya juga terlihat pada kulit. Dimana, perubahannya bervariasi pada setiap ibu hamil.

Dokter Rachel Djuanda SpKK, dari Amara Skin dan Esthetic Center RSU Bunda Jakarta, menjelaskan bahwa ibu hamil pun seharusnya dapat selalu tampil segar dan cantik.

"Kenyataannya banyak ibu hamil yang justru merasa kecantikannya memudar saat hamil karena pigmentasi jerawat kulit kering dan sebagainya," jelas dr. Rachel, dalam grand opening Amara Skin & Aesthetic Center, RSU Bunda Jakarta, Senin (30/1/17).

Menurutnya, ada mitos-mitos yang masih berkembang seputar kehamilan dan kecantikan misalnya ibu hamil tidak boleh menggunakan krim malam sama sekali, padahal saat hamil wanita sering mengalami masalah jerawat, flek di wajah. Faktanya ada krim perawatan yang aman untuk ibu hamil. 

Perubahan yang dialami seluruh ibu hamil naik mengandung anak laki dan perempuan adalah sama saja semua ibu hamil akan mengalami perubahan ukuran badan yang besar. Kenaikan berat badan, lipatan-lipatan di kulit yang hitam muncul.

Salah satu gangguan pada kulit yang sering dikeluhkan oleh para ibu hamil terutama yang sudah memasuki trimester ketiga adalah wajah yang bengkak terutama hidung.

"Untuk menjaga kulit sehat dan cantik saat hamil, ibu hamil juga perlu mengubah rutinitas perawatan kulit misalnya menjadi lebih sering dari biasanya ibu hamil juga harus tahu produk untuk perawatan kulit yang aman untuk digunakan selama kehamilan," ungkapnya.

Ibu Hamil Harus Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

dr. Mira Majid MPH Sp Perio, dari klinik Amara RS Bunda Jakarta, menjelaskan selama kehamilan seringkali calon ibu mengalami keluhan pada gigi dan mulut dan jika sebelum hamil sudah memiliki masalah ini maka akan diperparah saat hamil. Peran hormon laki-laki berpengaruh pada kondisi gigi dan mulut calon ibu. Sehingga menimbulkan keluhan, seperti gusi mudah berdarah atau gigi goyang. Terlalu banyak muntah selama hamil yang tidak diikuti ibu hamil dengan rajin membersihkan mulut dan gosok gigi, dapat meningkatkan resiko penyakit gigi dan gusi.

Infeksi pada gigi ibu hamil dapat menginfeksi janin dalam kandungan sehingga pada banyak kasus dapat menyebabkan terjadinya berat bayi kurang saat lahir dan kelainan dini (pre term labor).

"Perawatan gigi pada ibu hamil memiliki pertimbangan khusus pada umumnya perawatan yang dilakukan terhadap pasien hamil dibatasi pada prosedur-prosedur operatif yang sederhana seperti penambalan karies gigi dan tindakan yang tidak menimbulkan komplikasi seperti tindakan scaling root planning," ujarnya.

Lebih jauh dia menjelaskan, prosedur perawatan saluran akar sederhana dapat dilakukan selama masa kehamilan dengan menggunakan teknik yang asepsis dan menghindari keadaan yang menimbulkan stres bagi pasien prosedur yang bersifat invasif sebaiknya dihindari atau ditunda dulu begitu juga foto rontgen gigi sebaiknya dihindari terutama pada trimester pertama kehamilan, karena pada saat ini perkembangan janin sangat peka terhadap radiasi

"Untuk menjaga kesehatan gigi dan Mulut ibu hamil tetap dianjurkan makan makanan bergizi, rajin sikat gigi setiap kali habis makan dan jelang tidur, serta menghindari makan-makanan yang keras dan berpotensi mencederai gusi," ia mengingatkan.




Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 22 menit yang lalu

Macam-Macam Infeksi Mata Dan Cara Mengatasinya

Wartakesehatan.com-Infeksi mata bisa ditandai dengan mata merah, terasa sakit, berair, belekan, dan sensitif terhadap cahaya...
Konsultasi - 52 menit yang lalu

Penyebab Gangguan Otot Yang Perlu Anda Ketahui

Wartakesehatan.com-Gangguan otot dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Hal itu karena otot merupakan bagian penting dari..
Herbal - 1 jam yang lalu

Mengonsumsi Tomat Bisa Menurunkan Tekanan Darah

Wartakesehatan.com-Ada banyak cara menurunkan tekanan darah, yang alami jika Anda didiagnosis memiliki..
Konsultasi - 1 jam yang lalu

Cegah Coronavirus,Berhenti Mengonsumsi Hewan Liar

Wartakesehatan.com-Hasil investigasi pada Journal Of Medical Virology mengungkapkan bahwa wabah novel..
Herbal - 2 jam yang lalu

5 Manfaat Jeruk Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com-Bagi para pecinta jeruk mungkin sudah tidak asing lagi dengan khasiat yang ditawarkan oleh buah berwarna..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Naik Turun Tangga Kantor ,Apakah Termasuk Olahraga?

Wartakesehatan.com-Sulit untuk mencari waktu berolahraga ketika Anda berada di kantor. Naik turun tangga di kantor bahkan..
Herbal - 3 jam yang lalu

Manfaat Dari Daun Siri Merah

Wartakesehatan.com-Inilah beberapa khasiat dari daun jarak merah yang jarang kita ketahui berikut ini kami uraikan beberapa..
Ibu & Anak - 3 jam yang lalu

Bahan Makanan Yang Bisa Menambah nafsu Makan Anak

Wartakesehatan.com-Anak yang kehilangan nafsu makan bisa menjadi masalah besar, Bun. Kurangnya nutrisi bisa memengaruhi gizi..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Jangan Anggap Remeh Nyeri Sendi

Wartakeseehatan.com-Waspadailah dan cek ke dokter bila teras nyeri sendi atau perut kembung.Bisa jadi ini tanda-tanda penyakit..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Minum Air Putih Selepas Bangun Tidur

Wartakesehatan.com - Ada kebiasan yang biasa maupun tidak biasa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Minuman yang..

+Indeks