Ini Manfaatnya, Andien Terapkan Lotus Birth Pada Sang Bayinya

Oleh : ibrahim romending | Selasa, 31 Januari 2017 | 14:32 WIB


IST

Wartakesehatan.com - Peristiwa kelahiran bayi bagi pasutri terkadang dibuat momen terindah dalam kehidupannya. Ternyata penyanyi Andien menerapkan lotus birth untuk bayi yang baru ia lahirkan. Putra pertama yang dinamakan Anaku Askara Biru itu lahir dengan persalinan normal, namun bukan seperti biasanya karena Andien memilih water birth yakni melahirkan di dalam air.

Tentang lotus birth, adalah perlakuan untuk bayi yang baru lahir dengan tidak memotong langsung tali pusar, seperti biasa dilakukan pada persalinan pada umumnya. Tali pusar yang menyambung ke plasenta tersebut dibiarkan begitu saja selama beberapa hari, hingga mengering dan lepas sendiri dari pusar bayi.

Apa manfaat menerapkan lotus birth? Pada beberapa penelitian disebutkan hal yang dianggap sebagai keuntungan penundaan memotong tali pusar. Namun waktu penundaan itu tidak sampai berhari-hari seperti yang diterapkan pada lotus birth.

World Health Organization (WHO) merekomendasikan menunda pemotongan selama 1-3 menit usai kelahiran. Jadi tidak perlu secepatnya langsung memotong tali pusar begitu bayi lahir.

Pada bayi prematur, hal itu sangat disarankan sebab ia masih mendapat aliran darah dari plasentanya. Jumlahnya bahkan sampai 30 persen, sehingga menunda pemotongan tali pusat akan berdampak positif.

Dilansir laman Alodokter.com, manfaat lain penundaan memotong tali pusar adalah jumlah sel darah merah bayi akan lebih tinggi, demikian pula jumlah zat besi dalam tubuhnya.

Akan tetapi tentu saja ada resiko yang juga dapat terjadi pada bayi, yakni munculnya infeksi jika penanganan lotus birth tidak higienis. Pun bisa menyebabkan bayi kuning akibat kelebihan bilirubin.

Yang terbaik tentu Anda ikuti saran dokter yang membantu menangani persalinan, dan tanyakan efeknya untuk Anda dan bayi jika ingin menerapkan lotus birth.

 

Sumber : sidomi.com 




Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 13 jam yang lalu

Kentang Ampuh Cegah Beberapa Penyakit

Wartakesehatan.com - Kentang sudah menjadi makanan yang populer di berbagai negara bahkan mereka menggunakannya untuk..
Obat & Penyakit - 14 jam yang lalu

Waspada, Flu Rentan Menyerang karena Kurang Tidur

Wartakesehatan.com - Tidur adalah hal yang selalu dilakukan manusia untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran.  Salah..
Mamin - 15 jam yang lalu

Tingkatkan Sistem Pencernaan Rutin Konsumsi Buah Sirsak

Wartaksehatan - Buah sirsak mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat hal ini karena buah sirsak sangat mudah..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

Hilangkan Stres dengan Bermain Trampolin

Wartakesehatan - Trampolin adalah salah satu olahraga yang sangat menyenangkan, bagaimana tidak olahraga ini diibaratkan..
Warta Sehat - 21 jam yang lalu

Menambah Tidur di Akhir Pekan Memberi Manfaat Sehat

Wartakesehatan.com - Kurang tidur, sudah bukan rahasia lagi, bisa memicu ragam efek negatif pada kesehatan tubuh, terutama..
22 jam yang lalu

Gangguan Makan Berpotensi Memberikan Efek Samping

Wartakesehatan.com - Gangguan makan didefinisikan sebagai upaya mengurangi asupan makan demi mengurangi berat badan. Beberapa..
Warta Sehat - 23 jam yang lalu

Ini Dia Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Mata

Wartakesehatan.com - Banyak manfaat yang didapatkan tubuh dari menjalankan ibadah Puasa Ramadan. Salah satunya adalah..
1 hari yang lalu

Posisi Tidur yang Tepat untuk Ibu Hamil

Wartakesehatab.com -Tidur dengan terlentang memang membuat nyaman karena perut berada di atas, jadi mom tidak perlu merasa..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Kebiasaan Ini Dapat Mengakibatkan Depresi

Wartakeswhatan.com - Terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan depresi, antara lain gangguan fisik dan gangguan..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Gangguan Kesehatan yang Sering Ditemui Saat Bulan Puasa

Wartakesehatan.com - Berdasarkan studi yang dilaporkan oleh Gulf News, puasa dapat membantu pembakaran lemak jahat di dalam..

+Indeks