Saat Kerokan, Inilah yang Terjadi Pada Tubuh

Oleh : Ilham Moestavi | 1health.id | Rabu, 01 Pebruari 2017 | 11:02 WIB


IST

Wartakesehatan - Ketika masuk angin atau badan terasa tidak enak, ada sebagian orang yang biasa mengatasinya dengan melakukan kerokan. Dengan melakukan kerokan, banyak orang yang merasa lebih sehat dan bugar. Lalu apa yang sebenarnya akan terjadi pada tubuh saat dikerok?

Menurut Dr. Benny Setiadi, Sp JP, FIH, Siloam Hospitals Manado, pada prinsipnya kerokan akan menimbulkan beberapa efek di dalam tubuh kita, termasuk pelebaran pembuluh darah, peningkatan endorfin, penurunan prostaglandin, dan sedikit peningkatan interleukin serta komplemen (C1 dan C3). Peningkatan endorfin dan penurunan prostaglandin ini akan menyebabkan berkurangnya rasa sakit, membuat rasa nyaman, dan lebih segar.

Peningkatan interleukin dan komplemen menunjukkan reaksi peradangan. Meskipun beberapa studi menunjukkan hubungan antara peradangan dengan penyakit jantung, akan tetapi pada kerokan, reaksi peradangan yang terjadi hanya minimal dan tidak berhubungan dengan penyakit jantung. Yang lebih sering terjadi adalah serangan jantung sering menimbulkan keluhan seperti masuk angin, sehingga kemudian dikerok. Akan tetapi karena tidak mendapat penanganan yang tepat kemudian pasien meninggal. Jadi penanganan yang tidak tepat yang menyebabkan kematiannya, bukan kerokannya.

Oleh karena itu, bila ada keluhan yang dicurigai jantung, seperti nyeri dada atau rasa tidak nyaman di dada kiri atau tengah yang umumnya menjalar ke tangan kiri atau rahang bawah, sebaiknya segera diperiksakan ke dokter.




Fokus : Kerokan


#Kesehatan #Tubuh #Kerokan
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Fakta Seputar Mandi Malam dan Manfaatnya

Wartakesehatan.com - Bagi masyarakat perkotaan yang terbiasa berkegiatan hingga malam hari, mandi malam-malam menjadi..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Tingkatkan Kesuburan dengan Omega 3

Wartakesehatan - Sejak dulu telah dikatakan bahwa minyak ikan sangat baik bagi kesehatan tubuh, mulai dari jantung,..
Herbal - 13 jam yang lalu

5 Manfaat Buah Pare Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com-Tidak banyak orang yang suka dengan makanan yang memiliki rasa pahit seperti buah pare. Padahal, pare kerap..
13 jam yang lalu

Rebusan Air Jahe Bubuk Bisa Anti-Nyeri.

Wartakesehatan.com - Penggunaan jahe dalam makanan atau minuman tergantung kesukaan masimg-masing. Bagi yang ingin lebih..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Hebat, Cokelat Hitam bisa Cegah Kanker

Wartakesehatan - Banyak sumber mengatakan bahwa cokelat baik bagi kesehatan dan mempunyai khasiat tersendiri melawan..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Kekurangan Vitamin B12 Mempengaruhi Mata

Wartakesehatan.com- Seseoran yang kekurangan asupan vitamin B12 akan menunjukkan sejumlah gejala dan salah satunya terlihat..
Mamin - 16 jam yang lalu

Berlebihan Minum Kopi, Bahaya!

Wartakesehatan,com - Kopi merupakan salah satu minuman terfavorit hampir di seluruh dunia. Minuman ini memiliki daya tarik..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

Asap Rokok Timbulkan Penyakit Meningitis

Wartakesehatan.com - Rokok atau sigaret adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Daun Pepaya Dapat Memperlancar ASI

Wartakesehatan.com - Daun pepaya memang terkenal dengan rasa yang pahit. Rasa pahit pada berbagai jenis makanan memang membuat..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

Turunkan Kolesterol Dengan Biji Alpukat

Wartakesehatan.com - Alpukat kaya akan serat, potasium, antioksidan dan lemak sehat. Hampir semua sahabat Merahputih.com pasti..

+Indeks