Saat Kerokan, Inilah yang Terjadi Pada Tubuh

Oleh : Ilham Moestavi | 1health.id | Rabu, 01 Pebruari 2017 | 11:02 WIB


IST

Wartakesehatan - Ketika masuk angin atau badan terasa tidak enak, ada sebagian orang yang biasa mengatasinya dengan melakukan kerokan. Dengan melakukan kerokan, banyak orang yang merasa lebih sehat dan bugar. Lalu apa yang sebenarnya akan terjadi pada tubuh saat dikerok?

Menurut Dr. Benny Setiadi, Sp JP, FIH, Siloam Hospitals Manado, pada prinsipnya kerokan akan menimbulkan beberapa efek di dalam tubuh kita, termasuk pelebaran pembuluh darah, peningkatan endorfin, penurunan prostaglandin, dan sedikit peningkatan interleukin serta komplemen (C1 dan C3). Peningkatan endorfin dan penurunan prostaglandin ini akan menyebabkan berkurangnya rasa sakit, membuat rasa nyaman, dan lebih segar.

Peningkatan interleukin dan komplemen menunjukkan reaksi peradangan. Meskipun beberapa studi menunjukkan hubungan antara peradangan dengan penyakit jantung, akan tetapi pada kerokan, reaksi peradangan yang terjadi hanya minimal dan tidak berhubungan dengan penyakit jantung. Yang lebih sering terjadi adalah serangan jantung sering menimbulkan keluhan seperti masuk angin, sehingga kemudian dikerok. Akan tetapi karena tidak mendapat penanganan yang tepat kemudian pasien meninggal. Jadi penanganan yang tidak tepat yang menyebabkan kematiannya, bukan kerokannya.

Oleh karena itu, bila ada keluhan yang dicurigai jantung, seperti nyeri dada atau rasa tidak nyaman di dada kiri atau tengah yang umumnya menjalar ke tangan kiri atau rahang bawah, sebaiknya segera diperiksakan ke dokter.




Fokus : Kerokan


#Kesehatan #Tubuh #Kerokan
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

Idul Adha 1441 H : Masjid Baiturrahman & Al-Islam Cipayung Ikuti Protokol Kesehatan

Wartakesehatan.com - Dalam menjalankan rangkaian ibadah Idul Adha 1441 H/2020 M pada tahun ini sangat berbeda sekali dari..
Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

Lurah Cipayung Tinjau Penerapan Protokol Kesehatan Saat Idul Adha 1441 H/2020

Wartakesehatan.com - Masih tingginya penyebaran wabah Covid-19 di wilayah DKI Jakarta menjadi perhatian bagi pemangku kebijakan..
Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

Masjid Nurul Hikmah Terapkan Protokol Kesehatan & Konsisten Jaga Kualitas Daging Qurban

Wartakesehatan.com - Rangkaian pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1441 H/2020 pada tahun ini sangat dipengaruhi dengan situasi..
Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

Daging Qurban Masjid Al Falah Terpantau & Terapkan Protokol Kesehatan

Pelaksanaan pemotongan hewan qurban di Masjid Al Falah Cipayung Jakarta Timur.
Herbal - 3 minggu yang lalu

Kelompok Usia Produktif Waspadai PTM

Wartakesehatan.com -- Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan menunjukkan bahwa saat ini perkembangan Penyakit Tidak..
Herbal - 3 minggu yang lalu

Cegah Virus dengan Herbal

Wartakesehatan.com - Antivirus corona berbasis tanaman eucalyptus belakangan ini ramai diperbincangkan. Potensi antivirus..
Obat & Penyakit - 4 minggu yang lalu

Menkes Sebut Meniran Hijau untuk Penanggulangan Covid-19

Wartakesehatan.com - Menteri Kesehatan Terawan patut diberikan apreasiasi dengan sebutan bapak Herbal karena mendukung Obat..
Warta Sehat - 4 minggu yang lalu

Awas! Protokol Kesehatan Anak di Sekolah Bisa Jadi Cluster Baru

Wartakesehatan.com - Banyak pihak yang meminta pemerintah menunda untuk melaksanan kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah..
Warta Sehat - 1 bulan yang lalu

Cegah Penularan Droplet dengan Masker di Mana Saja

Wartakesehatan.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengakui munculnya bukti-bukti yang melihat virus Corona COVID-19 bisa..
Warta Sehat - 1 bulan yang lalu

Waspadai Droplet di Ruangan tertutup

Wartakesehatan.com - New Normal membuat sebagian kantor-kantor buka dan para karyawan kembali bekerja sedia kala, namun masih..

+Indeks