Alasan Mengapa Rokok Bisa Melemahkan Sistem Imun

Oleh : Ilham Moestavi | health.detik.com | Kamis, 02 Pebruari 2017 | 14:03 WIB


IST

Wartakesehatan - Bahaya merokok memang sudah sering kali diungkap oleh banyak studi. Namun, baru-baru ini peneliti di Amerika Serikat menemukan sistem kekebalan tubuh perokok dapat melemah karena bakteri mulut berkembang biak dan berkoloni dengan baik pada lingkungan dengan asap rokok.

Studi dari University of Louisville School of Dentistry menemukan bahwa asap rokok membantu bakteri berkoloni dan menyebabkan resistensi, yaitu suatu keadaan di mana bakteri menjadi kebal. Kondisi ini mendorong bakteri mulut untuk tumbuh dan berkontribusi terhadap penyakit.

"Adapun, jenis bakteri yang diketahui meningkat karena paparan asap rokok adalah Staphylococcus aureus, Streptococcus mutans, Klebsiella pneumonia, dan Pseudomonas aeruginosa. Penyakit yang ditimbulkan pun bervariasi mulai dari infeksi kulit, penyakit oral, vaginosis sampai pneumonia," ucap David Scott, penulis utama studi tersebut.

Sementara itu, studi sebelumnya telah mengidentifikasi hubungan antara aktivitas merokok dengan peningkatan resistensi bakteri. Pada tahun 2015, peneliti juga mengungkapkan bahwa rokok sebenarnya memberikan kontribusi untuk pengembangan bakteri super. Nah, penelitian terbaru ini melengkapi pengetahuan tentang efek merokok yang memengaruhi perkembangan koloni mikroba atau biofilm.

"Biofilm ini dapat tumbuh di banyak permukaan yang berbeda termasuk pada bagian-bagian tubuh seperti gigi (plak) atau jantung dan berkontribusi terhadap penyakit seperti radang gusi," tutur Scott, dikutip dari Daily Mail.

Dikatakan lebih lanjut dalam penelitian itu, sebenarnya, saat asap rokok terhirup dan tubuh merespons dengan batuk atau perasaan mual. Itu adalah salah satu cara tubuh memberitahu bahwa paparan bahan kimia terhadap tubuh sudah terlalu banyak.

"Mikroba diketahui menanggapi asap dengan mengubah gen dan protein yang pada gilirannya mengakibatkan pertumbuhan bakteri dan mendorong kolonisasi. Gen berubah, membuat bakteri belajar bagaimana menghindari sistem kekebalan tubuh dan ini membuat mereka lebih sulit dihancurkan," pungkas Scott.




Fokus : Rokok


#Kesehatan #Rokok #Sistem Imun
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

Idul Adha 1441 H : Masjid Baiturrahman & Al-Islam Cipayung Ikuti Protokol Kesehatan

Wartakesehatan.com - Dalam menjalankan rangkaian ibadah Idul Adha 1441 H/2020 M pada tahun ini sangat berbeda sekali dari..
Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

Lurah Cipayung Tinjau Penerapan Protokol Kesehatan Saat Idul Adha 1441 H/2020

Wartakesehatan.com - Masih tingginya penyebaran wabah Covid-19 di wilayah DKI Jakarta menjadi perhatian bagi pemangku kebijakan..
Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

Masjid Nurul Hikmah Terapkan Protokol Kesehatan & Konsisten Jaga Kualitas Daging Qurban

Wartakesehatan.com - Rangkaian pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1441 H/2020 pada tahun ini sangat dipengaruhi dengan situasi..
Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

Daging Qurban Masjid Al Falah Terpantau & Terapkan Protokol Kesehatan

Pelaksanaan pemotongan hewan qurban di Masjid Al Falah Cipayung Jakarta Timur.
Herbal - 3 minggu yang lalu

Kelompok Usia Produktif Waspadai PTM

Wartakesehatan.com -- Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan menunjukkan bahwa saat ini perkembangan Penyakit Tidak..
Herbal - 3 minggu yang lalu

Cegah Virus dengan Herbal

Wartakesehatan.com - Antivirus corona berbasis tanaman eucalyptus belakangan ini ramai diperbincangkan. Potensi antivirus..
Obat & Penyakit - 4 minggu yang lalu

Menkes Sebut Meniran Hijau untuk Penanggulangan Covid-19

Wartakesehatan.com - Menteri Kesehatan Terawan patut diberikan apreasiasi dengan sebutan bapak Herbal karena mendukung Obat..
Warta Sehat - 4 minggu yang lalu

Awas! Protokol Kesehatan Anak di Sekolah Bisa Jadi Cluster Baru

Wartakesehatan.com - Banyak pihak yang meminta pemerintah menunda untuk melaksanan kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah..
Warta Sehat - 1 bulan yang lalu

Cegah Penularan Droplet dengan Masker di Mana Saja

Wartakesehatan.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengakui munculnya bukti-bukti yang melihat virus Corona COVID-19 bisa..
Warta Sehat - 1 bulan yang lalu

Waspadai Droplet di Ruangan tertutup

Wartakesehatan.com - New Normal membuat sebagian kantor-kantor buka dan para karyawan kembali bekerja sedia kala, namun masih..

+Indeks