Alasan Mengapa Rokok Bisa Melemahkan Sistem Imun

Oleh : Ilham Moestavi | health.detik.com | Kamis, 02 Pebruari 2017 | 14:03 WIB


IST

Wartakesehatan - Bahaya merokok memang sudah sering kali diungkap oleh banyak studi. Namun, baru-baru ini peneliti di Amerika Serikat menemukan sistem kekebalan tubuh perokok dapat melemah karena bakteri mulut berkembang biak dan berkoloni dengan baik pada lingkungan dengan asap rokok.

Studi dari University of Louisville School of Dentistry menemukan bahwa asap rokok membantu bakteri berkoloni dan menyebabkan resistensi, yaitu suatu keadaan di mana bakteri menjadi kebal. Kondisi ini mendorong bakteri mulut untuk tumbuh dan berkontribusi terhadap penyakit.

"Adapun, jenis bakteri yang diketahui meningkat karena paparan asap rokok adalah Staphylococcus aureus, Streptococcus mutans, Klebsiella pneumonia, dan Pseudomonas aeruginosa. Penyakit yang ditimbulkan pun bervariasi mulai dari infeksi kulit, penyakit oral, vaginosis sampai pneumonia," ucap David Scott, penulis utama studi tersebut.

Sementara itu, studi sebelumnya telah mengidentifikasi hubungan antara aktivitas merokok dengan peningkatan resistensi bakteri. Pada tahun 2015, peneliti juga mengungkapkan bahwa rokok sebenarnya memberikan kontribusi untuk pengembangan bakteri super. Nah, penelitian terbaru ini melengkapi pengetahuan tentang efek merokok yang memengaruhi perkembangan koloni mikroba atau biofilm.

"Biofilm ini dapat tumbuh di banyak permukaan yang berbeda termasuk pada bagian-bagian tubuh seperti gigi (plak) atau jantung dan berkontribusi terhadap penyakit seperti radang gusi," tutur Scott, dikutip dari Daily Mail.

Dikatakan lebih lanjut dalam penelitian itu, sebenarnya, saat asap rokok terhirup dan tubuh merespons dengan batuk atau perasaan mual. Itu adalah salah satu cara tubuh memberitahu bahwa paparan bahan kimia terhadap tubuh sudah terlalu banyak.

"Mikroba diketahui menanggapi asap dengan mengubah gen dan protein yang pada gilirannya mengakibatkan pertumbuhan bakteri dan mendorong kolonisasi. Gen berubah, membuat bakteri belajar bagaimana menghindari sistem kekebalan tubuh dan ini membuat mereka lebih sulit dihancurkan," pungkas Scott.




Fokus : Rokok


#Kesehatan #Rokok #Sistem Imun
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Fakta Seputar Mandi Malam dan Manfaatnya

Wartakesehatan.com - Bagi masyarakat perkotaan yang terbiasa berkegiatan hingga malam hari, mandi malam-malam menjadi..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Tingkatkan Kesuburan dengan Omega 3

Wartakesehatan - Sejak dulu telah dikatakan bahwa minyak ikan sangat baik bagi kesehatan tubuh, mulai dari jantung,..
Herbal - 13 jam yang lalu

5 Manfaat Buah Pare Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com-Tidak banyak orang yang suka dengan makanan yang memiliki rasa pahit seperti buah pare. Padahal, pare kerap..
14 jam yang lalu

Rebusan Air Jahe Bubuk Bisa Anti-Nyeri.

Wartakesehatan.com - Penggunaan jahe dalam makanan atau minuman tergantung kesukaan masimg-masing. Bagi yang ingin lebih..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Hebat, Cokelat Hitam bisa Cegah Kanker

Wartakesehatan - Banyak sumber mengatakan bahwa cokelat baik bagi kesehatan dan mempunyai khasiat tersendiri melawan..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

Kekurangan Vitamin B12 Mempengaruhi Mata

Wartakesehatan.com- Seseoran yang kekurangan asupan vitamin B12 akan menunjukkan sejumlah gejala dan salah satunya terlihat..
Mamin - 16 jam yang lalu

Berlebihan Minum Kopi, Bahaya!

Wartakesehatan,com - Kopi merupakan salah satu minuman terfavorit hampir di seluruh dunia. Minuman ini memiliki daya tarik..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Asap Rokok Timbulkan Penyakit Meningitis

Wartakesehatan.com - Rokok atau sigaret adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi..
Warta Sehat - 19 jam yang lalu

Daun Pepaya Dapat Memperlancar ASI

Wartakesehatan.com - Daun pepaya memang terkenal dengan rasa yang pahit. Rasa pahit pada berbagai jenis makanan memang membuat..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

Turunkan Kolesterol Dengan Biji Alpukat

Wartakesehatan.com - Alpukat kaya akan serat, potasium, antioksidan dan lemak sehat. Hampir semua sahabat Merahputih.com pasti..

+Indeks