4 Masalah Ibu Menyusui yang Perlu Diketahui

Oleh : Ilham Moestavi | health.liputan6.com | Kamis, 02 Pebruari 2017 | 16:02 WIB


IST

Wartakesehatan -  Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan memanglah sangat dianjurkan bagi para ibu yang sedang menyusui seperti yang telah direkomendasikan American Academy of Pediatrics (AAP). Hal ini berkaitan dengan kesehatan si kecil baik untuk metabolisme tubuh hingga intimasi antara ibu dan anak.

Namun pemberian ASI ekslusif ternyata bisa menimbulkan sejumlah masalah. Seperti dikutip Fit Pregnancy, berikut empat masalah umum yang kerap terjadi pada ibu baru saat menyusui sang buah hati:

1. Ibu harus kembali bekerja

Ibu yang bekerja sering kali mengalami kesulitan dalam memompa ASI di tengah pekerjaannya. Banyak dari mereka yang berhenti memberikan ASI eksklusif dan memilih untuk menyapih.

Nancy Hurst, director of Lactation and Milk Bank Services dari Texas Children's Hospital Pavilion for Women, membenarkan, enam minggu pertama memang benar-benar sulit untuk mengatasi hal ini.

Namun pemberian ASI eksklusif sangat penting dilakukan ibu untuk kebaikan bayi mereka, lanjut Hurst, ditambah ASI juga dapat mempengaruhi pertumbuhan gigi anak.

Debi Page Ferrarello, director of family education and lactation dari Pennsylvania Hospital, Philadelphia, merekomendasikan ibu memompa ASI menggunakan pompa elektrik.

2. Malu memberikan ASI di tempat umum

Menyusui di depan umum menjadi masalah yang sering melanda ibu baru. Rasa canggung, malu, atau kikuk pasti dirasakan ibu baru saat hendak memberikan ASI di tempat umum.

Cukup dengan mencari ruangan khusus menyusui atau menggunakan kain penutup khusus--akan mempermudah ibu menutupi payudaranya dan memberikan rasa yang lebih nyaman walau di ruangan terbuka sekalipun.

3. Rasa sakit saat menyusui

Di awal menyusui ibu baru pasti merasakan kesakitan di area puting mereka. Seperti rasa nyeri, memar, lecet, hingga pendarahan bisa terjadi saat pertama kali memberikan ASI.

Masalah ini sangat umum namun bukan berarti ibu tak dapat menyiasatinya atau menghindari rasa sakit yang berlebih.

Sebelum mengalami kondisi tersebut, penting bagi ibu baru untuk berkonsultasi dengan pakar ASI atau dokter untuk mendapat pengajaran pemberian ASI yang tepat. Seperti posisi menyusui hingga pengobatan tepat jika terjadi pendarahan.

4. Produksi ASI yang sedikit

Sekitar 95 persen ibu menyusui memiliki produksi ASI yang cukup, namun ada pula yang ASI-nya sedikit. Namun hal ini dapat diatasi dengan terapi khusus oleh konsultan laktasi.

"Semakin payudara dirangsang, produksi ASI akan lebih banyak," kata Lebbing, yang juga seorang konsultan laktasi di Silver Cross hospital in New Lenox.




Fokus : Menyusui


#Anak #Ibu #Menyusui
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 50 menit yang lalu

Cara Alami Atasi Perut Kembung

Wartakesehatan.com - Perut kembung adalah kondisi dimana perut terasa kenyang walaupun belum makan, dan biasanya juga..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Banyak Hutang awas Dampaknya bagi Kesehatan!

Wartakesehatan.com - Mungkin besarnya utang sudah selalu dihubungkan dengan efek buruk bagi kesehatan. Beberapa ancaman..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Ketahui, 10 Kategori Mimpi Basah

Wartakesehatan.com - Mimpi basah atau dalam bahasa medis disebut emisi nokturnal adalah peristiwa alami yang dialami pria...
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

5 Manfaat Belimbing bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Belimbing merupakan buah yang berasal dari wilayah negara dengan iklim tropis. Belimbing merupakan..
Obat & Penyakit - 5 jam yang lalu

5 Tips Mencegah Ganasnya Diabetes

Wartakesehatan.com - Diabetes adalah penyakit jangka panjang yang ditandai dengan kadar gula darah yang sangat tinggi...
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Alasan Mengapa Kita Gampang Kehilangan Energi

Wartakesehatan.com - Banyak diantara kita yang sering kehilangan energi meski masih pagi hari. Biasanya tiba-tiba merasa..
Mamin - 7 jam yang lalu

Waspada, Daging Merah pengaruhi Raut Wajah

Wartakesehatan - Hampir setiap makanan seperti hamburger, steak atau jenis-jenis kuliner berbahan dasar daging sapi atau..
Mamin - 8 jam yang lalu

Ingin Anak Bertumbuh dengan Sehat berikan Makanan Bernutrisi

Wartakesehatan - Anak adalah salah satu pemberian Tuhan yang paling mulia oleh sebab itu kita harus menjaga dan mendidik dengan..
Obat & Penyakit - 9 jam yang lalu

Kenali Gangguan Jantung dan Tanda-tandanya!

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri beberapa orang percaya bahwa serangan jantung adalah penyakit yang menghantui orang tua,..
Tekhnologi - 21 jam yang lalu

Rokok Elektrik Membahayakan Kesehatan Gigi

Wartakesehatan.com - Sebuah penelitian menunjukkan bahwa rokok elektrik dapat membahayakan kesehatan gigi dan gusi..

+Indeks