4 Masalah Ibu Menyusui yang Perlu Diketahui

Oleh : Ilham Moestavi | health.liputan6.com | Kamis, 02 Pebruari 2017 | 16:02 WIB


IST

Wartakesehatan -  Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan memanglah sangat dianjurkan bagi para ibu yang sedang menyusui seperti yang telah direkomendasikan American Academy of Pediatrics (AAP). Hal ini berkaitan dengan kesehatan si kecil baik untuk metabolisme tubuh hingga intimasi antara ibu dan anak.

Namun pemberian ASI ekslusif ternyata bisa menimbulkan sejumlah masalah. Seperti dikutip Fit Pregnancy, berikut empat masalah umum yang kerap terjadi pada ibu baru saat menyusui sang buah hati:

1. Ibu harus kembali bekerja

Ibu yang bekerja sering kali mengalami kesulitan dalam memompa ASI di tengah pekerjaannya. Banyak dari mereka yang berhenti memberikan ASI eksklusif dan memilih untuk menyapih.

Nancy Hurst, director of Lactation and Milk Bank Services dari Texas Children's Hospital Pavilion for Women, membenarkan, enam minggu pertama memang benar-benar sulit untuk mengatasi hal ini.

Namun pemberian ASI eksklusif sangat penting dilakukan ibu untuk kebaikan bayi mereka, lanjut Hurst, ditambah ASI juga dapat mempengaruhi pertumbuhan gigi anak.

Debi Page Ferrarello, director of family education and lactation dari Pennsylvania Hospital, Philadelphia, merekomendasikan ibu memompa ASI menggunakan pompa elektrik.

2. Malu memberikan ASI di tempat umum

Menyusui di depan umum menjadi masalah yang sering melanda ibu baru. Rasa canggung, malu, atau kikuk pasti dirasakan ibu baru saat hendak memberikan ASI di tempat umum.

Cukup dengan mencari ruangan khusus menyusui atau menggunakan kain penutup khusus--akan mempermudah ibu menutupi payudaranya dan memberikan rasa yang lebih nyaman walau di ruangan terbuka sekalipun.

3. Rasa sakit saat menyusui

Di awal menyusui ibu baru pasti merasakan kesakitan di area puting mereka. Seperti rasa nyeri, memar, lecet, hingga pendarahan bisa terjadi saat pertama kali memberikan ASI.

Masalah ini sangat umum namun bukan berarti ibu tak dapat menyiasatinya atau menghindari rasa sakit yang berlebih.

Sebelum mengalami kondisi tersebut, penting bagi ibu baru untuk berkonsultasi dengan pakar ASI atau dokter untuk mendapat pengajaran pemberian ASI yang tepat. Seperti posisi menyusui hingga pengobatan tepat jika terjadi pendarahan.

4. Produksi ASI yang sedikit

Sekitar 95 persen ibu menyusui memiliki produksi ASI yang cukup, namun ada pula yang ASI-nya sedikit. Namun hal ini dapat diatasi dengan terapi khusus oleh konsultan laktasi.

"Semakin payudara dirangsang, produksi ASI akan lebih banyak," kata Lebbing, yang juga seorang konsultan laktasi di Silver Cross hospital in New Lenox.




Fokus : Menyusui


#Anak #Ibu #Menyusui
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 41 menit yang lalu

Konsumsi Probiotik bisa Redakan Stres

Wartakesehatan - Mungkin jika berbicara tentang probiotik masih banyak orang awam yang belum mengetahui akan hal ini. Padahal..
17 jam yang lalu

Tersenyum bisa Menurunkan Tekanan Darah

Wartakesehatan.com - Menurut beberapa penelitian dan analisis yang dilakukan oleh para dokter dan peneliti, sering..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Pentingnya Hindari Gaya Hidup Tak Sehat

Wartakesehatan.com - Ada jutaan orang di seluruh dunia yang memiliki gaya hidup buruk dan hanya sedikit yang menyadari..
Mamin - 19 jam yang lalu

Inilah Tujuh Efek Samping Konsumsi Junk Food

Wartakesehatan.com - Menurut Jim White, RD, pemilik Jim White Fitness and Nutrition Studios di Virginia Beach, makanan..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

3 Waktu yang Kurang Tepat untuk Mandi

Wartakesehatan.com - Menurut rumus kesehatan, ada tiga waktu yang nggak disarankan buat mandi. Pada waktu-waktu tersebut,..
Mamin - 21 jam yang lalu

Rutin Minum Teh Hijau Setiap Hari, Ini Manfaatnya

Wartakesehatan.com - satu dari sekian banyak alasan semakin banyak orang memasukkan teh hijau ke dalam menu konsumsi..
Warta Sehat - 22 jam yang lalu

Inilah Manfaat Lari Bagi Tubuh Anda

Wartakesehaan.com - Olahraga lari tidak hanya murah, tapi juga mudah dan bisa dilakukan kapan saja. Lari memiliki banyak..
Mamin - 23 jam yang lalu

Konsumsi Pare bisa Meredakan Jerawat

Wartakesehatan.com - Pare memiliki banyak manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya. Dilansir dari..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Kualitas Tidur Perlu Dijaga, Ini Alasannya

Wartakesehatan.com - Menjaga kualitas tidur memang perlu diperhatikan. Karena jika kita tidak tidur dalam waktu sehari..
1 hari yang lalu

Jus Ceri Mampu Mengatasi Masalah Susah Tidur

Wartakesehatan.com - Peneliti dari Louisiana State University, AS, menemukan bahwa setelah mengonsumsi jus Ceri selama dua..

+Indeks