4 Masalah Ibu Menyusui yang Perlu Diketahui

Oleh : Ilham Moestavi | health.liputan6.com | Kamis, 02 Pebruari 2017 | 16:02 WIB


IST

Wartakesehatan -  Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan memanglah sangat dianjurkan bagi para ibu yang sedang menyusui seperti yang telah direkomendasikan American Academy of Pediatrics (AAP). Hal ini berkaitan dengan kesehatan si kecil baik untuk metabolisme tubuh hingga intimasi antara ibu dan anak.

Namun pemberian ASI ekslusif ternyata bisa menimbulkan sejumlah masalah. Seperti dikutip Fit Pregnancy, berikut empat masalah umum yang kerap terjadi pada ibu baru saat menyusui sang buah hati:

1. Ibu harus kembali bekerja

Ibu yang bekerja sering kali mengalami kesulitan dalam memompa ASI di tengah pekerjaannya. Banyak dari mereka yang berhenti memberikan ASI eksklusif dan memilih untuk menyapih.

Nancy Hurst, director of Lactation and Milk Bank Services dari Texas Children's Hospital Pavilion for Women, membenarkan, enam minggu pertama memang benar-benar sulit untuk mengatasi hal ini.

Namun pemberian ASI eksklusif sangat penting dilakukan ibu untuk kebaikan bayi mereka, lanjut Hurst, ditambah ASI juga dapat mempengaruhi pertumbuhan gigi anak.

Debi Page Ferrarello, director of family education and lactation dari Pennsylvania Hospital, Philadelphia, merekomendasikan ibu memompa ASI menggunakan pompa elektrik.

2. Malu memberikan ASI di tempat umum

Menyusui di depan umum menjadi masalah yang sering melanda ibu baru. Rasa canggung, malu, atau kikuk pasti dirasakan ibu baru saat hendak memberikan ASI di tempat umum.

Cukup dengan mencari ruangan khusus menyusui atau menggunakan kain penutup khusus--akan mempermudah ibu menutupi payudaranya dan memberikan rasa yang lebih nyaman walau di ruangan terbuka sekalipun.

3. Rasa sakit saat menyusui

Di awal menyusui ibu baru pasti merasakan kesakitan di area puting mereka. Seperti rasa nyeri, memar, lecet, hingga pendarahan bisa terjadi saat pertama kali memberikan ASI.

Masalah ini sangat umum namun bukan berarti ibu tak dapat menyiasatinya atau menghindari rasa sakit yang berlebih.

Sebelum mengalami kondisi tersebut, penting bagi ibu baru untuk berkonsultasi dengan pakar ASI atau dokter untuk mendapat pengajaran pemberian ASI yang tepat. Seperti posisi menyusui hingga pengobatan tepat jika terjadi pendarahan.

4. Produksi ASI yang sedikit

Sekitar 95 persen ibu menyusui memiliki produksi ASI yang cukup, namun ada pula yang ASI-nya sedikit. Namun hal ini dapat diatasi dengan terapi khusus oleh konsultan laktasi.

"Semakin payudara dirangsang, produksi ASI akan lebih banyak," kata Lebbing, yang juga seorang konsultan laktasi di Silver Cross hospital in New Lenox.




Fokus : Menyusui


#Anak #Ibu #Menyusui
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Tomat Mrncegah Kanker dan Menyehatkan Jantung

Wartakesehatan.com - Seringkali tomat juga diolah menjadi minuman, seperti jus atau untuk tambahan bahan salad. Seperti yag..
4 bulan yang lalu

Tidur Mangap Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Tidur nyenyak memang menjadi keinginan banyak orang, karena tidak semua orang bisa tertidur..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Ini Dia Yang Menpengaruhi Kualitas Kesehatan Anda

Wartakesehatan.com -  Banyak hal yang dapat mempengaruhi kualitas kesehatan seseorang. Diantaranya ada enam faktor utama..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Sayur dan Buah Merah Baik untuk Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan.com  - Sayur dan buah-buahan yang berwarna merah mampu membantu mengubah karbohidrat, protein, dan lemak,..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Rajin Membaca Dapat Memperbaiki Kualitas Tidur

Wartakesehatan.com - Sebuah penelitian menemukan, jika orang yang rutin membaca menunjukkan memiliki tingkat stres dan depresi..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Tidur Telanjang Membantu Kehidupan Seksual

Wartakesehatan.com - Ada lima keuntungan utama yang bisa didapatkan dengan membiasakan tidurtanpa busana, yakni..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Benarkah Mayones Tak Selalu Baik untuk Kesehatan

Wartakesehatan.com - Pakar medis mengklaim bahwa mayones tidak sehat karena faktanya mengonsumsi mayones itu bisa menambah..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Darah Haid yang Sedikit Perlu Diwaspadai

Wartakesehatan.com - Umumnya, seseorang akan mengalami menstruasi selama 5 sampai 8 hari. Namun, beberapa orang mungkin akan..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Lobak Mengandung Vitamin dan Kaya Mineral

Wartakesehatan.com - Diketahui bahwa lobak memiliki jumlah kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan kentang. Dan,..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Susu Melindungi Kita dari Penyakit Kardiovaskular

Wartakesehatan.com - Susu juga memberikan khasiat lain pada tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat rutin konsumsi susu tiap..

+Indeks