Gangguan yang Perlu Diketahui Jika Alami Bau Mulut

Oleh : Ilham Moestavi | alodokter.com | Kamis, 02 Pebruari 2017 | 17:04 WIB


IST

Wartakesehatan - Ketika melakukan percakapan dengan seseorang yang memiliki gangguan bau mulut, memanglah sangat tidak nyaman. Terlebih apabila orang itu tidak terlalu memiliki kedekatan dan hanya sesekali berjumpa, tinggal berharap untuk lebih cepat meninggalkannya. Namun, bila kebetulan orang terdekat Anda mengalami bau mulut, sebaiknya Anda ingatkan bahwa bisa saja ia mengalami beberapa penyakit/gangguan ini.

Asam lambung

Menurut Chin Nur, MD, MPH, asisten profesor kedokteran dari Harvard Medical School di Boston, GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) yang berkontribusi terhadap masalah bau mulut. Hal ini terjadi akibaat LES (lower esophageal sphincter) yang tidak bekerja dengan baik sehingga membuat asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan dan menyebabkan bau mulut.

Gangguan ginjal

Kadar ureum yang merupakan hasil akhir metabolisme protein akan mengalir melalui peradaran darah dan menghasilkan zat amoniak yang berbau menyengat. Proses ini melewati sistem pernapasan dan mengeluarkan bau napas yang tidak sedap.

Gangguan organ hati

Hati merupakan organ tubuh yang berfungsi membantu ginjal serta menetralisir racun dan menghasilkan amonia, urea, asam amino dan nitrogen yang dapat menyebabkan bau menyengat. Ketika fungsi hati tidak mampu menetralisir racun di dalam tubuh, maka dapat menyebabkan terjadinya bau napas yang tidak sedap dari mulut.

Diabetes Mellitus

Menurut National Institutes of Health, tahun 2014, keton atau produk sampingan dari metabolisme lemak yang diproduksi tubuh bisa menimbulkan rasa manis berlebihan pada bagian mulut sehingga memicu bau napas yang tidak sedap. Pada penderita Diabetes, keton biasanya menumpuk lebih lama di dalam darah.

Sinusitis

Bau napas yang tidak sedap juga dapat disebabkan oleh sinusitis. Saat seseorang menderita sinusitis, maka sinus akan teriritasi dan mulai untuk memproduksi lendir dalam jumlah banyak dan melewati saluran pernapasan, sehingga dapat menyebabkan bau napas tidak sedap. Selain itu, sinus juga akan menyebabkan saluran pada hidung menyempit akibat peradangan, sehingga menyebabkan bakteri berkembang biak dalam lendir dan mengeluarkan senyawa sulfur yang dapat menyebabkan bau napas menjadi tidak sedap.

Bronkitis

Penyakit bronkitis dapat menyebabkan infeksi pada saluran pernapasan. Infeksi ini mengakibatkan sekresi lendir yang berlebihan pada rongga hidung. Hasilnya, lendir yang berlebihan tersebut akan menuju tenggorokan dan menyebabkan bau napas menjadi tidak sedap.




Fokus : Bau Mulut


#Kesehatan #Bau Mulut
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Fakta Seputar Mandi Malam dan Manfaatnya

Wartakesehatan.com - Bagi masyarakat perkotaan yang terbiasa berkegiatan hingga malam hari, mandi malam-malam menjadi..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Tingkatkan Kesuburan dengan Omega 3

Wartakesehatan - Sejak dulu telah dikatakan bahwa minyak ikan sangat baik bagi kesehatan tubuh, mulai dari jantung,..
Herbal - 13 jam yang lalu

5 Manfaat Buah Pare Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com-Tidak banyak orang yang suka dengan makanan yang memiliki rasa pahit seperti buah pare. Padahal, pare kerap..
13 jam yang lalu

Rebusan Air Jahe Bubuk Bisa Anti-Nyeri.

Wartakesehatan.com - Penggunaan jahe dalam makanan atau minuman tergantung kesukaan masimg-masing. Bagi yang ingin lebih..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Hebat, Cokelat Hitam bisa Cegah Kanker

Wartakesehatan - Banyak sumber mengatakan bahwa cokelat baik bagi kesehatan dan mempunyai khasiat tersendiri melawan..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Kekurangan Vitamin B12 Mempengaruhi Mata

Wartakesehatan.com- Seseoran yang kekurangan asupan vitamin B12 akan menunjukkan sejumlah gejala dan salah satunya terlihat..
Mamin - 16 jam yang lalu

Berlebihan Minum Kopi, Bahaya!

Wartakesehatan,com - Kopi merupakan salah satu minuman terfavorit hampir di seluruh dunia. Minuman ini memiliki daya tarik..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

Asap Rokok Timbulkan Penyakit Meningitis

Wartakesehatan.com - Rokok atau sigaret adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Daun Pepaya Dapat Memperlancar ASI

Wartakesehatan.com - Daun pepaya memang terkenal dengan rasa yang pahit. Rasa pahit pada berbagai jenis makanan memang membuat..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

Turunkan Kolesterol Dengan Biji Alpukat

Wartakesehatan.com - Alpukat kaya akan serat, potasium, antioksidan dan lemak sehat. Hampir semua sahabat Merahputih.com pasti..

+Indeks