Gangguan yang Perlu Diketahui Jika Alami Bau Mulut

Oleh : Ilham Moestavi | alodokter.com | Kamis, 02 Pebruari 2017 | 17:04 WIB


IST

Wartakesehatan - Ketika melakukan percakapan dengan seseorang yang memiliki gangguan bau mulut, memanglah sangat tidak nyaman. Terlebih apabila orang itu tidak terlalu memiliki kedekatan dan hanya sesekali berjumpa, tinggal berharap untuk lebih cepat meninggalkannya. Namun, bila kebetulan orang terdekat Anda mengalami bau mulut, sebaiknya Anda ingatkan bahwa bisa saja ia mengalami beberapa penyakit/gangguan ini.

Asam lambung

Menurut Chin Nur, MD, MPH, asisten profesor kedokteran dari Harvard Medical School di Boston, GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) yang berkontribusi terhadap masalah bau mulut. Hal ini terjadi akibaat LES (lower esophageal sphincter) yang tidak bekerja dengan baik sehingga membuat asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan dan menyebabkan bau mulut.

Gangguan ginjal

Kadar ureum yang merupakan hasil akhir metabolisme protein akan mengalir melalui peradaran darah dan menghasilkan zat amoniak yang berbau menyengat. Proses ini melewati sistem pernapasan dan mengeluarkan bau napas yang tidak sedap.

Gangguan organ hati

Hati merupakan organ tubuh yang berfungsi membantu ginjal serta menetralisir racun dan menghasilkan amonia, urea, asam amino dan nitrogen yang dapat menyebabkan bau menyengat. Ketika fungsi hati tidak mampu menetralisir racun di dalam tubuh, maka dapat menyebabkan terjadinya bau napas yang tidak sedap dari mulut.

Diabetes Mellitus

Menurut National Institutes of Health, tahun 2014, keton atau produk sampingan dari metabolisme lemak yang diproduksi tubuh bisa menimbulkan rasa manis berlebihan pada bagian mulut sehingga memicu bau napas yang tidak sedap. Pada penderita Diabetes, keton biasanya menumpuk lebih lama di dalam darah.

Sinusitis

Bau napas yang tidak sedap juga dapat disebabkan oleh sinusitis. Saat seseorang menderita sinusitis, maka sinus akan teriritasi dan mulai untuk memproduksi lendir dalam jumlah banyak dan melewati saluran pernapasan, sehingga dapat menyebabkan bau napas tidak sedap. Selain itu, sinus juga akan menyebabkan saluran pada hidung menyempit akibat peradangan, sehingga menyebabkan bakteri berkembang biak dalam lendir dan mengeluarkan senyawa sulfur yang dapat menyebabkan bau napas menjadi tidak sedap.

Bronkitis

Penyakit bronkitis dapat menyebabkan infeksi pada saluran pernapasan. Infeksi ini mengakibatkan sekresi lendir yang berlebihan pada rongga hidung. Hasilnya, lendir yang berlebihan tersebut akan menuju tenggorokan dan menyebabkan bau napas menjadi tidak sedap.




Fokus : Bau Mulut


#Kesehatan #Bau Mulut
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

Idul Adha 1441 H : Masjid Baiturrahman & Al-Islam Cipayung Ikuti Protokol Kesehatan

Wartakesehatan.com - Dalam menjalankan rangkaian ibadah Idul Adha 1441 H/2020 M pada tahun ini sangat berbeda sekali dari..
Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

Lurah Cipayung Tinjau Penerapan Protokol Kesehatan Saat Idul Adha 1441 H/2020

Wartakesehatan.com - Masih tingginya penyebaran wabah Covid-19 di wilayah DKI Jakarta menjadi perhatian bagi pemangku kebijakan..
Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

Masjid Nurul Hikmah Terapkan Protokol Kesehatan & Konsisten Jaga Kualitas Daging Qurban

Wartakesehatan.com - Rangkaian pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1441 H/2020 pada tahun ini sangat dipengaruhi dengan situasi..
Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

Daging Qurban Masjid Al Falah Terpantau & Terapkan Protokol Kesehatan

Pelaksanaan pemotongan hewan qurban di Masjid Al Falah Cipayung Jakarta Timur.
Herbal - 3 minggu yang lalu

Kelompok Usia Produktif Waspadai PTM

Wartakesehatan.com -- Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan menunjukkan bahwa saat ini perkembangan Penyakit Tidak..
Herbal - 3 minggu yang lalu

Cegah Virus dengan Herbal

Wartakesehatan.com - Antivirus corona berbasis tanaman eucalyptus belakangan ini ramai diperbincangkan. Potensi antivirus..
Obat & Penyakit - 4 minggu yang lalu

Menkes Sebut Meniran Hijau untuk Penanggulangan Covid-19

Wartakesehatan.com - Menteri Kesehatan Terawan patut diberikan apreasiasi dengan sebutan bapak Herbal karena mendukung Obat..
Warta Sehat - 4 minggu yang lalu

Awas! Protokol Kesehatan Anak di Sekolah Bisa Jadi Cluster Baru

Wartakesehatan.com - Banyak pihak yang meminta pemerintah menunda untuk melaksanan kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah..
Warta Sehat - 1 bulan yang lalu

Cegah Penularan Droplet dengan Masker di Mana Saja

Wartakesehatan.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengakui munculnya bukti-bukti yang melihat virus Corona COVID-19 bisa..
Warta Sehat - 1 bulan yang lalu

Waspadai Droplet di Ruangan tertutup

Wartakesehatan.com - New Normal membuat sebagian kantor-kantor buka dan para karyawan kembali bekerja sedia kala, namun masih..

+Indeks