Jahe Ternyata baik bagi Ibu Hamil

Oleh : Dirk/rep | Sabtu, 04 Pebruari 2017 | 13:05 WIB


(Ist)

Wartakesehatan.com - Jahe merupakan tanaman tradisional yang acap digunakan untuk pengobatan di Timur untuk meringankan gangguan pencernaan. University of Maryland melaporkan bahwa campuran setengah sendok teh jahe atau sekitar satu gram bubuk jahe setiap  harinya sudah cukup mengurangi datangnya morning sickness. 

Kabar baik lainnya adalah jahe bebas kafein. Ibu hamil harus membatasi konsumsi kafeinnya di bawah 200 miligram (mg) per hari atau setara dengan secangkir kopi.

Dokter kandungan Russel Turk yang mendirikan the Riverside Obstetrics and Gynecology in Riverside, Connecticut, mengatakan ibu hamil harus melakukan diett soda. Soda mengandung banyak sekali pemanis buatan, seperti aspartam. Ibu hamil disarankan mengonsumsi soda tak lebih dari 12 ons per hari.  

Dr Chau Che dari New York University mengatakan ekstrak jahe sama efektifnya dengan vitamin B6 untuk mereduksi mual. Dia menyarankan ibu hamil membuat minuman jahe sendiri ketimbang membeli di mini market karena mengandung penyedap.

"Minuman jahe artifisial sebaiknya dihindari, entah itu karena ada tambahan penyedap, gula tambahan, air bekarbonasi, atau efek plasebo, masih belum jelas," kata Che, dilansir dari Livestrong.

Segelas minuman jahe mengandung 124 kalori. Ditambah sedikit gula, segelas minuman jahe akan mencukupi asupan kalori Anda sehari-hari. Meski demikian, ibu hamil yang menderita diabetes gestasional harus berkonsultasi dengan dokter kandungan atau  ahli gizi. Jahe mengandung 11 mg kalsium, zat besi, dan natrium. 




Fokus : Jahe


#Kesehatan ibu hamil
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Tomat Mrncegah Kanker dan Menyehatkan Jantung

Wartakesehatan.com - Seringkali tomat juga diolah menjadi minuman, seperti jus atau untuk tambahan bahan salad. Seperti yag..
4 bulan yang lalu

Tidur Mangap Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Tidur nyenyak memang menjadi keinginan banyak orang, karena tidak semua orang bisa tertidur..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Ini Dia Yang Menpengaruhi Kualitas Kesehatan Anda

Wartakesehatan.com -  Banyak hal yang dapat mempengaruhi kualitas kesehatan seseorang. Diantaranya ada enam faktor utama..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Sayur dan Buah Merah Baik untuk Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan.com  - Sayur dan buah-buahan yang berwarna merah mampu membantu mengubah karbohidrat, protein, dan lemak,..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Rajin Membaca Dapat Memperbaiki Kualitas Tidur

Wartakesehatan.com - Sebuah penelitian menemukan, jika orang yang rutin membaca menunjukkan memiliki tingkat stres dan depresi..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Tidur Telanjang Membantu Kehidupan Seksual

Wartakesehatan.com - Ada lima keuntungan utama yang bisa didapatkan dengan membiasakan tidurtanpa busana, yakni..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Benarkah Mayones Tak Selalu Baik untuk Kesehatan

Wartakesehatan.com - Pakar medis mengklaim bahwa mayones tidak sehat karena faktanya mengonsumsi mayones itu bisa menambah..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Darah Haid yang Sedikit Perlu Diwaspadai

Wartakesehatan.com - Umumnya, seseorang akan mengalami menstruasi selama 5 sampai 8 hari. Namun, beberapa orang mungkin akan..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Lobak Mengandung Vitamin dan Kaya Mineral

Wartakesehatan.com - Diketahui bahwa lobak memiliki jumlah kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan kentang. Dan,..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Susu Melindungi Kita dari Penyakit Kardiovaskular

Wartakesehatan.com - Susu juga memberikan khasiat lain pada tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat rutin konsumsi susu tiap..

+Indeks