Jahe Ternyata baik bagi Ibu Hamil

Oleh : Dirk/rep | Sabtu, 04 Pebruari 2017 | 13:05 WIB


(Ist)

Wartakesehatan.com - Jahe merupakan tanaman tradisional yang acap digunakan untuk pengobatan di Timur untuk meringankan gangguan pencernaan. University of Maryland melaporkan bahwa campuran setengah sendok teh jahe atau sekitar satu gram bubuk jahe setiap  harinya sudah cukup mengurangi datangnya morning sickness. 

Kabar baik lainnya adalah jahe bebas kafein. Ibu hamil harus membatasi konsumsi kafeinnya di bawah 200 miligram (mg) per hari atau setara dengan secangkir kopi.

Dokter kandungan Russel Turk yang mendirikan the Riverside Obstetrics and Gynecology in Riverside, Connecticut, mengatakan ibu hamil harus melakukan diett soda. Soda mengandung banyak sekali pemanis buatan, seperti aspartam. Ibu hamil disarankan mengonsumsi soda tak lebih dari 12 ons per hari.  

Dr Chau Che dari New York University mengatakan ekstrak jahe sama efektifnya dengan vitamin B6 untuk mereduksi mual. Dia menyarankan ibu hamil membuat minuman jahe sendiri ketimbang membeli di mini market karena mengandung penyedap.

"Minuman jahe artifisial sebaiknya dihindari, entah itu karena ada tambahan penyedap, gula tambahan, air bekarbonasi, atau efek plasebo, masih belum jelas," kata Che, dilansir dari Livestrong.

Segelas minuman jahe mengandung 124 kalori. Ditambah sedikit gula, segelas minuman jahe akan mencukupi asupan kalori Anda sehari-hari. Meski demikian, ibu hamil yang menderita diabetes gestasional harus berkonsultasi dengan dokter kandungan atau  ahli gizi. Jahe mengandung 11 mg kalsium, zat besi, dan natrium. 




Fokus : Jahe


#Kesehatan ibu hamil
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 29 menit yang lalu

Konsumsi Probiotik bisa Redakan Stres

Wartakesehatan - Mungkin jika berbicara tentang probiotik masih banyak orang awam yang belum mengetahui akan hal ini. Padahal..
17 jam yang lalu

Tersenyum bisa Menurunkan Tekanan Darah

Wartakesehatan.com - Menurut beberapa penelitian dan analisis yang dilakukan oleh para dokter dan peneliti, sering..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Pentingnya Hindari Gaya Hidup Tak Sehat

Wartakesehatan.com - Ada jutaan orang di seluruh dunia yang memiliki gaya hidup buruk dan hanya sedikit yang menyadari..
Mamin - 19 jam yang lalu

Inilah Tujuh Efek Samping Konsumsi Junk Food

Wartakesehatan.com - Menurut Jim White, RD, pemilik Jim White Fitness and Nutrition Studios di Virginia Beach, makanan..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

3 Waktu yang Kurang Tepat untuk Mandi

Wartakesehatan.com - Menurut rumus kesehatan, ada tiga waktu yang nggak disarankan buat mandi. Pada waktu-waktu tersebut,..
Mamin - 21 jam yang lalu

Rutin Minum Teh Hijau Setiap Hari, Ini Manfaatnya

Wartakesehatan.com - satu dari sekian banyak alasan semakin banyak orang memasukkan teh hijau ke dalam menu konsumsi..
Warta Sehat - 22 jam yang lalu

Inilah Manfaat Lari Bagi Tubuh Anda

Wartakesehaan.com - Olahraga lari tidak hanya murah, tapi juga mudah dan bisa dilakukan kapan saja. Lari memiliki banyak..
Mamin - 23 jam yang lalu

Konsumsi Pare bisa Meredakan Jerawat

Wartakesehatan.com - Pare memiliki banyak manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya. Dilansir dari..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Kualitas Tidur Perlu Dijaga, Ini Alasannya

Wartakesehatan.com - Menjaga kualitas tidur memang perlu diperhatikan. Karena jika kita tidak tidur dalam waktu sehari..
1 hari yang lalu

Jus Ceri Mampu Mengatasi Masalah Susah Tidur

Wartakesehatan.com - Peneliti dari Louisiana State University, AS, menemukan bahwa setelah mengonsumsi jus Ceri selama dua..

+Indeks