5 Sayuran yang baik bagi Ibu Hamil

Oleh : Dirk/aktualita | Senin, 06 Pebruari 2017 | 19:05 WIB


(Ist)

Wartakesehatan.com  - Vitamin dan juga mineral sangat bermanfaat untuk ibu hamil karena baik bagi pertumbuhan janin yang ada di dalam kandungan. Berikut ini sayuran sehat untuk ibu hamil yang dapat anda konsumsi, untuk kesehatan janin dalam kandungan :

Daun Katuk

Ibu hamil pasca melahirkan dianjurkan mengkonsumsi daun katuk, lantaran daun katuk mampu memperlancar ASI yang ke luar. Daun katuk pula mengandung protein, zat besi, alkaloid, kalium, seskuiterna, fosfor, sterol, vitamin A, B1, dan juga vitamin C.

Kentang

Kentang merupakan sayuran yang baik bagi ibu hamil dan dapat diolah menjadi beraneka ragam masakan, mulai dari yang asin, manis, sampai pedas sekali. Kentang mempunyai kandungan namasolanumtuberosum beraneka nutrisi yang baik untuk ibu hamil. Kentang juga mampu melancarkan pencernaan terhadap ibu hamil, karena teksturnya lembut. Karena kentang mampu dicerna dengan cepat oleh organ pencernaan. Maka dari itu, ibu hamil yang sedang sembelit sebaiknya mengkonsumsi kentang, namun ingat jangan sampai berlebihan.

Kentang yang mengandung karbohidrat ini nyatanya bisa menurunkan berat tubuh. Kentang dapat menjadi pengganti nasi sebagai karbohidrat, ibu hamil yang mau menurunkan kelebihan berat tubuh sebab kehamilan, dapat mengkonsumsi kentang. Mengkonsumsi kentang dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung, karena kentang mengandung karotenoid yang menjaga kesehatan jantung.

Kentang mengandung serat alami yang teramat baik, salah satunya untuk meningkatkan produksi insulin Dan juga menurunkan kadar kolesterol didalam badan. Tidak Cuma itu kentang dapat menurunkan tekanan darah tinggi, karena memiliki kandungan vitamin B dan vitamin C.

Kacang Hijau

Kacang hijau mengandung asam folat, fosfor, vitamin B1, magnesium, protein, mangan, kalium, dan tiamin. Kandungan asam folat yang tinggi pada kacang hijau mampu mencegah bayi terlahir cacat dan juga dapat menunjang perkembangan saraf janin. Sayuran lain yang baik bagi ibu hamil dan mengandung asam folat yakni brokoli, bayam, kacang kedelai, dan masih banyak lagi.

Kedelai Jepang

Kedelai jepang mengandung senyawa fitoestrogen yang dapat menyembuhkan osteoporosisi. Tidak Hanya itu, kedelai jepang mengandung banyak kandungan gizi seperti kalium, protein, zat besi, fosfor, magnesium, riboflavin, vitamin K dan juga vitamin C. Kandungan tersebut mampu memberikan asupan yang baik untuk ibu hamil. Protein yang ada dalam kedelai jepang sangat tinggi, bahkan setara dengan kandungan protein yang ada di ikan, daging, dan ayam.

Labu siam

Labu siam merupakan sayuran umum yang banyak dijumpai di Indonesia. Sayuran ini mampu tumbuh di lingkungan mana pun. Untuk ibu sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi labu siam sebab memiliki banyak manfaat dan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Labu siam mengandung asam folat yang bermanfaat untuk pertumbuhan dan juga perkembangan janin, asa folat ini bakal mencegah bayi terlahir cacat.

Ibu hamil yang sulit buang air besar, sebaiknya mengkonsumsi labu siam. Karena labu siam mengandung serat baik untuk melancarkan pencernaan. Bahkan orang-orang yakin bahwa labu siam sanggup mencegah timbulnya kanker. Sayuran yang baik untuk ibu hamil ini mengandung kalium tinggi dan bermanfaat menurunkan tekanan darah.

Labu siam juga aman dikonsumsi penderita diabetes dan untuk orang yang diet. Labu siam mengandung karbohidrat yang mampu mengenyangkan, itu dapat membuat anda tidak makan nasi tidak dan akan terasa kenyang jika memakan labu siam.




Fokus : Sayuran


#Ibu Hamil
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Buah dan Sayuran Mentah Menjaga Kesehatan Tubuh Anda

Wartakesehatan.com - Bukan hanya menunjang kesehatan tubuh, buah dan sayurpun dapat memberi manfaat kesehatan untuk mental..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Ubi Ungu Cocok untuk Diet dan Penderita Diabetes

Wartakesehatan.com - Ubi jalar adalah sesuatu yang sudah familiar ditelinga masyarakat khususnya Indonesia. Hal ini karena ada..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Nutrisi Dalam Terong Membuatnya Banyak Manfaat

Wartakesehatan.com - Secara teknis terong sebenarnya adalah buah-buahan karena tumbuh dari tanaman berbunga dan mengandung..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Makanan Kaya Serat untuk Menjaga Berat Badan

Wartakesehatan.com - Dengan bertambahnya umur, maka tak mustahil kalau lemak mulai memenuhi perut dan membuat tubuh terlihat..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Hindari Hal Kecil Ini Agar Jantung Anda Sehat

Wartakesehatan.com - Secara garis besar, faktor resiko penyakit jantung dapat dikategorikan dalam dua jenis, yaitu faktor..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Kopi dan Teh Mana yang Baik?

Wartakesehatan.com - Kopi dan Teh adalah minuman yang di gemari masyarakat.  Nutrisionis dari Pritikin Longevity..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Tips yang Mampu Mencerahkan Puting Payudara

Wartakesehatan.com - Banyak cara yang perempuan lakukan agar penampilan mereka menjadi “sempurna”. Sekalipun bukan..
Warta Sehat - 8 jam yang lalu

Hidup Lebih Sehat dan Berat Badan Bisa Turun

Wartakesehatan.com - Konsisten adalah hal tersulit, baik untuk memperbaiki pola makan, atau berolahraga teratur. Akan lebih..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Ini Tanda Saat Tubuh Anda Alami Penurunan Zat Besi

Wartakesehatan.com - Wanita ternyata lebih rentan terhadap kekurangan zat besi. Apalagi disaat wanita mengalami menstruasi dan..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Minuman Ini Memiliki Manfaat yang Sama Dengan Kopi

Wartakesehatan.com - Tak sekadar minuman biasa, menurut penelitian, kopi dapat membantu mencegah kemunculan penyakit saraf..

+Indeks