Kenali Ciri-ciri Kandungan Sehat

Oleh : Dirk/Metro | Selasa, 02 Juli 2019 | 08:10 WIB


(Ist)

Wartakesehatan.com - Wanita mana sih yang tidak menginginkan anak ??? Semua wanita pasti ingin menjadi sosok ibu bukan ???  Tapi ada beberapa wanita yang mengalami kesusahan dalam hamil, misalnya lamanya tidak dikarunia anak, sering mengalami keguguran. Nah sebaliknya wanita yang sudah hamil pun perlu menjaga dan mengetahui apakah kandungan Anda sehat atau tidak.

Yuk, coba cek apakah kehamilan Anda sehat atau tidak dengan melihat tanda-tanda berikut.

Berat badan
Seorang dokter biasanya akan merekomendasikan peningkatan 13 sampai 15 kilo selama kehamilan, terutama jika calon ibu hamil mempertahankan berat badan yang sehat sebelum kehamilan. Namun, jika wanita sudah kelebihan berat badan, maka dokter biasanya cenderung menyarankan untuk mengurangi berat badan.

Tingkat hormon
Progesteron dan estrogen, dua hormon yang menggambarkan tanda sehat kehamilan. Seorang wanita hamil dapat menghasilkan 400 mg progesteron, bila dibandingkan dengan wanita yang tidak hamil sehat yang menghasilkan sekitar 20 mg progesteron. Hormon-hormon ini mengatur endometrium untuk implantasi. Di sisi lain, pekerjaan utama estrogen adalah untuk membangun jaringan. 

Perkembangan perut
Seharusnya seorang dokter melakukan pengukuran rutin pada perut bakal calon ibu. Hal ini untuk memastikan bahwa pertumbuhan dan perkembangan bayi mengalami kemajuan yang sehat.

Gerakan janin
Dokter selalu menyarankan untuk menghitung gerakan janin selama kehamilan. Biasanya gerakan ini mulai dapat dirasakan saat kandungan berusia 16 atau 18 minggu kehamilan. Janin yang bergerak menunjukkan bahwa bayi telah menerima cukup oksigen dan dalam keadaan baik-baik saja.

Tekanan gula darah normal
Indikator utama dari kehamilan yang sehat, tekanan darah dan kadar gula harus dipantau secara rutin. Pemantauan ini harus didasarkan pada trimester yang berbeda. Bila terjadi lonjakan yang intens dapat menyebabkan pre eklamsia, yang pada akhirnya mengharuskan untuk melakukan persalinan prematur. 

Pertumbuhan janin
Tingkat di mana janin tumbuh dapat menentukan pertumbuhan bayi. Hal ini dapat diperiksa dengan memeriksa berat wanita hamil atau selama USG. Kurangnya pertumbuhan janin dapat menjadi tanda kekurangan oksigen di dalam rahim dan dapat mengakibatkan gangguan pada fungsi plasenta juga. Artinya, bisa jadi Anda akan mengalami keguguran.




Fokus : Kandungan Sehat


#Kandungan Sehat
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 8 menit yang lalu

Cara Alami Atasi Perut Kembung

Wartakesehatan.com - Perut kembung adalah kondisi dimana perut terasa kenyang walaupun belum makan, dan biasanya juga..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Banyak Hutang awas Dampaknya bagi Kesehatan!

Wartakesehatan.com - Mungkin besarnya utang sudah selalu dihubungkan dengan efek buruk bagi kesehatan. Beberapa ancaman..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Ketahui, 10 Kategori Mimpi Basah

Wartakesehatan.com - Mimpi basah atau dalam bahasa medis disebut emisi nokturnal adalah peristiwa alami yang dialami pria...
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

5 Manfaat Belimbing bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Belimbing merupakan buah yang berasal dari wilayah negara dengan iklim tropis. Belimbing merupakan..
Obat & Penyakit - 4 jam yang lalu

5 Tips Mencegah Ganasnya Diabetes

Wartakesehatan.com - Diabetes adalah penyakit jangka panjang yang ditandai dengan kadar gula darah yang sangat tinggi...
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Alasan Mengapa Kita Gampang Kehilangan Energi

Wartakesehatan.com - Banyak diantara kita yang sering kehilangan energi meski masih pagi hari. Biasanya tiba-tiba merasa..
Mamin - 6 jam yang lalu

Waspada, Daging Merah pengaruhi Raut Wajah

Wartakesehatan - Hampir setiap makanan seperti hamburger, steak atau jenis-jenis kuliner berbahan dasar daging sapi atau..
Mamin - 7 jam yang lalu

Ingin Anak Bertumbuh dengan Sehat berikan Makanan Bernutrisi

Wartakesehatan - Anak adalah salah satu pemberian Tuhan yang paling mulia oleh sebab itu kita harus menjaga dan mendidik dengan..
Obat & Penyakit - 8 jam yang lalu

Kenali Gangguan Jantung dan Tanda-tandanya!

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri beberapa orang percaya bahwa serangan jantung adalah penyakit yang menghantui orang tua,..
Tekhnologi - 20 jam yang lalu

Rokok Elektrik Membahayakan Kesehatan Gigi

Wartakesehatan.com - Sebuah penelitian menunjukkan bahwa rokok elektrik dapat membahayakan kesehatan gigi dan gusi..

+Indeks