Kenali Ciri-ciri Kandungan Sehat

Oleh : Dirk/Metro | Sabtu, 11 Pebruari 2017 | 15:10 WIB


(Ist)

Wartakesehatan.com - Wanita mana sih yang tidak menginginkan anak ??? Semua wanita pasti ingin menjadi sosok ibu bukan ???  Tapi ada beberapa wanita yang mengalami kesusahan dalam hamil, misalnya lamanya tidak dikarunia anak, sering mengalami keguguran. Nah sebaliknya wanita yang sudah hamil pun perlu menjaga dan mengetahui apakah kandungan Anda sehat atau tidak.

Yuk, coba cek apakah kehamilan Anda sehat atau tidak dengan melihat tanda-tanda berikut.

Berat badan
Seorang dokter biasanya akan merekomendasikan peningkatan 13 sampai 15 kilo selama kehamilan, terutama jika calon ibu hamil mempertahankan berat badan yang sehat sebelum kehamilan. Namun, jika wanita sudah kelebihan berat badan, maka dokter biasanya cenderung menyarankan untuk mengurangi berat badan.

Tingkat hormon
Progesteron dan estrogen, dua hormon yang menggambarkan tanda sehat kehamilan. Seorang wanita hamil dapat menghasilkan 400 mg progesteron, bila dibandingkan dengan wanita yang tidak hamil sehat yang menghasilkan sekitar 20 mg progesteron. Hormon-hormon ini mengatur endometrium untuk implantasi. Di sisi lain, pekerjaan utama estrogen adalah untuk membangun jaringan. 

Perkembangan perut
Seharusnya seorang dokter melakukan pengukuran rutin pada perut bakal calon ibu. Hal ini untuk memastikan bahwa pertumbuhan dan perkembangan bayi mengalami kemajuan yang sehat.

Gerakan janin
Dokter selalu menyarankan untuk menghitung gerakan janin selama kehamilan. Biasanya gerakan ini mulai dapat dirasakan saat kandungan berusia 16 atau 18 minggu kehamilan. Janin yang bergerak menunjukkan bahwa bayi telah menerima cukup oksigen dan dalam keadaan baik-baik saja.

Tekanan gula darah normal
Indikator utama dari kehamilan yang sehat, tekanan darah dan kadar gula harus dipantau secara rutin. Pemantauan ini harus didasarkan pada trimester yang berbeda. Bila terjadi lonjakan yang intens dapat menyebabkan pre eklamsia, yang pada akhirnya mengharuskan untuk melakukan persalinan prematur. 

Pertumbuhan janin
Tingkat di mana janin tumbuh dapat menentukan pertumbuhan bayi. Hal ini dapat diperiksa dengan memeriksa berat wanita hamil atau selama USG. Kurangnya pertumbuhan janin dapat menjadi tanda kekurangan oksigen di dalam rahim dan dapat mengakibatkan gangguan pada fungsi plasenta juga. Artinya, bisa jadi Anda akan mengalami keguguran.




Fokus : Kandungan Sehat


#Kandungan Sehat
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 10 menit yang lalu

Konsumsi Probiotik bisa Redakan Stres

Wartakesehatan - Mungkin jika berbicara tentang probiotik masih banyak orang awam yang belum mengetahui akan hal ini. Padahal..
17 jam yang lalu

Tersenyum bisa Menurunkan Tekanan Darah

Wartakesehatan.com - Menurut beberapa penelitian dan analisis yang dilakukan oleh para dokter dan peneliti, sering..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Pentingnya Hindari Gaya Hidup Tak Sehat

Wartakesehatan.com - Ada jutaan orang di seluruh dunia yang memiliki gaya hidup buruk dan hanya sedikit yang menyadari..
Mamin - 19 jam yang lalu

Inilah Tujuh Efek Samping Konsumsi Junk Food

Wartakesehatan.com - Menurut Jim White, RD, pemilik Jim White Fitness and Nutrition Studios di Virginia Beach, makanan..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

3 Waktu yang Kurang Tepat untuk Mandi

Wartakesehatan.com - Menurut rumus kesehatan, ada tiga waktu yang nggak disarankan buat mandi. Pada waktu-waktu tersebut,..
Mamin - 21 jam yang lalu

Rutin Minum Teh Hijau Setiap Hari, Ini Manfaatnya

Wartakesehatan.com - satu dari sekian banyak alasan semakin banyak orang memasukkan teh hijau ke dalam menu konsumsi..
Warta Sehat - 22 jam yang lalu

Inilah Manfaat Lari Bagi Tubuh Anda

Wartakesehaan.com - Olahraga lari tidak hanya murah, tapi juga mudah dan bisa dilakukan kapan saja. Lari memiliki banyak..
Mamin - 23 jam yang lalu

Konsumsi Pare bisa Meredakan Jerawat

Wartakesehatan.com - Pare memiliki banyak manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya. Dilansir dari..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Kualitas Tidur Perlu Dijaga, Ini Alasannya

Wartakesehatan.com - Menjaga kualitas tidur memang perlu diperhatikan. Karena jika kita tidak tidur dalam waktu sehari..
1 hari yang lalu

Jus Ceri Mampu Mengatasi Masalah Susah Tidur

Wartakesehatan.com - Peneliti dari Louisiana State University, AS, menemukan bahwa setelah mengonsumsi jus Ceri selama dua..

+Indeks