Mengapa Udara Dingin Membuat Nafsu Makan Bertambah? Ini Penjelasannya

Oleh : Venza | Senin, 13 Pebruari 2017 | 16:05 WIB


IST

Wartakesehatan.com - Saat menjalani program diet, hal utama yang diharapkan adalah bisa menekan nafsu makan. Namun ada kalanya orang tak sadar bahwa nafsu makan ditentukan  oleh banyak hal dan faktor yang jarang mereka ketahui.

Meski sudah menjaga pola makan dengan baik dan melakukan olahraga, diet akan tetap terasa sulit jika Anda tak bisa mengontrol nafsu makan.

Lisa Young, Ph.D. R.D, penulis buku The Portion Teller Plan menjelaskan bahwa nafsu makan bisa bertambah karena hal-hal yang tak diperhatikan dan terlihat remeh. Berikut adalah hal tak terduga yang ternyata bisa meningkatkan nafsu makan dan menjadi penghalang untuk diet Anda, seperti dilansir oleh Women's Health Mag.

Pendingin ruangan

Pendingin ruangan (AC) saat ini sudah digunakan di banyak tempat. Kantor, sekolah, rumah, bahkan di kamar tidur. Tak banyak yang mengetahui bahwa pendingin ruangan juga bisa meningkatkan nafsu makan. Ini karena orang cenderung makan lebih banyak di suhu yang dingin. Young menjelaskan bahwa orang akan terpicu untuk makan lebih banyak di suhu dingin agar bisa mempertahankan kehangatan tubuh dan menjaga tubuh tetap hangat. Jika tak diperlukan, sebaiknya jangan terlalu sering memakai pendingin ruangan. Buka saja jendela Anda dan dapatkan udara segar.

Obat-obatan

Obat-obatan tertentu yang dikonsumsi juga bisa meningkatkan nafsu makan, terutama anti-depresan. Reaksi obat bagi setiap orang berbeda-beda, namun secara umum obat anti-depresan memang bisa membuat nafsu makan bertambah. Sebelum mengonsumsi obat, pastikan untuk menanyakan terlebih dahulu pada dokter mengenai efek sampingnya. Sehingga Anda bisa mempertimbangkan jika obat tersebut meningkatkan rasa lapar.

Suplemen

Seperti halnya obat-obatan, suplemen juga bisa mempengaruhi seseorang. Beberapa jenis suplemen bisa meningkatkan nafsu makan pada seseorang. Jika Anda ingin mencobanya, coba kontrol tingkat lapar Anda setiap kali mengonsumsi suplemen. Apakah nafsu makan berubah? Jika iya, kemungkinan hal itu disebabkan oleh suplemen yang Anda konsumsi.

Mengubah rutinitas olahraga

Mengubah rutinitas olahraga sekali-kali memang tidak berbahaya. Namun berhati-hatilah karena mengubah rutinitas olahraga juga bisa meningkatkan nafsu makan. Begitu juga ketika Anda mencoba olahraga jenis baru dan berbeda dari yang pernah Anda lakukan. Jika Anda sedang berdiet dan tidak ingin memiliki nafsu makan yang tinggi, sebaiknya jangan terlalu sering mengubah rutinitas olahraga.




Fokus : Nafsu Makan


#Kesehatan #Diet #Gemuk #Nafsu Makan #Udara dingin #Pemicu nafsu makan #Program diet
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Tips atasi Bau Mulut yang Kronis

Wartakesehatan - Ada orang memiliki bau mulut yang menyengat. Meski sudah sikat gigi namun entah mengapa, bagi beberapa..
Herbal - 3 jam yang lalu

4 Obat Sederhana dan alami atasi Bisul

Wartakesehatan - Hampir sebagaian orang merasa terganggu dengan munculnya bisul ditubuh, selain membuat tidak percaya..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

5 Manfaat Berkeringat bagi Tubuh

Wartakesehatan - Ada beberapa orang yang saat beraktivitas sangat mudah berkeringat bagi sebagian besar orang berkeringat..
Obat & Penyakit - 5 jam yang lalu

Cermati 5 Gejala Awal Stroke

Wartakesehatan.com - Stroke kini tak hanya menghinggapi orang yang berusia lanjut. Bahkan, menurut American Heart..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Cek Kesehatan Melalui Bibir Anda

Wartakesehatan.com - Bibir kita berfungsi bukan hanya untuk makan ataupun menambah keintiman dengan pasangan, tetapi..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

8 Manfaat Minum Teh Kunyit

Wartakesehatan.com - Kunyit diklaim sebagai salah satu obat alami atau obat herbal untuk mengatasi berbagai penyakit. Hal..
Obat & Penyakit - 23 jam yang lalu

5 Gejala jika Tubuh Kekurangan Kalium

Wartakesehatan - Kalium merupakan salah satu elektrolit yang paling penting dalam tubuh. Kalium bermanfaat untuk..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Minyak Kelapa yang Bermanfaat bagi Kesehatan

Wartakesheatan - Siapa sih yang tak kenal minyak kelapa? Minyak kelapa dipercaya memiliki segudang manfaat bagi kecantikan..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

5 Efek Samping jika Kelebihan Vitamin C

Wartakesehatan.com - Vitamin C memang sangat berperan meningkatkan daya tahan tubuh untuk mencegah tubuh anda terpapar..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Minum Cokelat Panas Tingkatkan Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan.com - Tidak hanya membuat Anda hangat sepanjang musim dingin, cokelat panas ini juga dapat meningkatkan..

+Indeks