Mengapa Udara Dingin Membuat Nafsu Makan Bertambah? Ini Penjelasannya

Oleh : Venza | Senin, 13 Pebruari 2017 | 16:05 WIB


IST

Wartakesehatan.com - Saat menjalani program diet, hal utama yang diharapkan adalah bisa menekan nafsu makan. Namun ada kalanya orang tak sadar bahwa nafsu makan ditentukan  oleh banyak hal dan faktor yang jarang mereka ketahui.

Meski sudah menjaga pola makan dengan baik dan melakukan olahraga, diet akan tetap terasa sulit jika Anda tak bisa mengontrol nafsu makan.

Lisa Young, Ph.D. R.D, penulis buku The Portion Teller Plan menjelaskan bahwa nafsu makan bisa bertambah karena hal-hal yang tak diperhatikan dan terlihat remeh. Berikut adalah hal tak terduga yang ternyata bisa meningkatkan nafsu makan dan menjadi penghalang untuk diet Anda, seperti dilansir oleh Women's Health Mag.

Pendingin ruangan

Pendingin ruangan (AC) saat ini sudah digunakan di banyak tempat. Kantor, sekolah, rumah, bahkan di kamar tidur. Tak banyak yang mengetahui bahwa pendingin ruangan juga bisa meningkatkan nafsu makan. Ini karena orang cenderung makan lebih banyak di suhu yang dingin. Young menjelaskan bahwa orang akan terpicu untuk makan lebih banyak di suhu dingin agar bisa mempertahankan kehangatan tubuh dan menjaga tubuh tetap hangat. Jika tak diperlukan, sebaiknya jangan terlalu sering memakai pendingin ruangan. Buka saja jendela Anda dan dapatkan udara segar.

Obat-obatan

Obat-obatan tertentu yang dikonsumsi juga bisa meningkatkan nafsu makan, terutama anti-depresan. Reaksi obat bagi setiap orang berbeda-beda, namun secara umum obat anti-depresan memang bisa membuat nafsu makan bertambah. Sebelum mengonsumsi obat, pastikan untuk menanyakan terlebih dahulu pada dokter mengenai efek sampingnya. Sehingga Anda bisa mempertimbangkan jika obat tersebut meningkatkan rasa lapar.

Suplemen

Seperti halnya obat-obatan, suplemen juga bisa mempengaruhi seseorang. Beberapa jenis suplemen bisa meningkatkan nafsu makan pada seseorang. Jika Anda ingin mencobanya, coba kontrol tingkat lapar Anda setiap kali mengonsumsi suplemen. Apakah nafsu makan berubah? Jika iya, kemungkinan hal itu disebabkan oleh suplemen yang Anda konsumsi.

Mengubah rutinitas olahraga

Mengubah rutinitas olahraga sekali-kali memang tidak berbahaya. Namun berhati-hatilah karena mengubah rutinitas olahraga juga bisa meningkatkan nafsu makan. Begitu juga ketika Anda mencoba olahraga jenis baru dan berbeda dari yang pernah Anda lakukan. Jika Anda sedang berdiet dan tidak ingin memiliki nafsu makan yang tinggi, sebaiknya jangan terlalu sering mengubah rutinitas olahraga.




Fokus : Nafsu Makan


#Kesehatan #Nafsu Makan #Gemuk #Diet #Udara dingin #Pemicu nafsu makan #Program diet
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 5 hari yang lalu

TB. Hasanuddin: Penerapan New Normal Tanpa Persiapan Matang Akan Timbulkan Kematian Massal

Wartakesehatan.com - Indonesia bersiap memasuki fase New Normal atau penormalan baru ditengah pandemi covid-19. Sejumlah..
Tekhnologi - 2 minggu yang lalu

Helm Cerdas Deteksi Corona Sangat Penting dan Perlu

Wartakesehatan.com -  Polda Riau memberikan contoh inisiatif dan inovasi dalam perjuangannya melawan pandemi coronavirus...
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Di Tengah Pandemi, Hasanuddin Kunjungi Dapil dan Bagikan Ribuan Masker dan Sembako 

Wartakesehatan.com - Di tengah pandemi covid-19 dan jelang Hari Raya Idul Fitri ini, anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDI..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Covid-19, Sunan Kalijaga Gandeng Nikita Mirzani Baksos ke Markas TNI

Wartakesehatan.com - Ditengah pandemi Covid-19, Pengacara Sunan Kalijaga Bersama Artis dan Forum Kader Bela Negara (FKBN)..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

BPOM: Biasakan Minum Obat Herbal dan Suplemen Kesehatan untuk Daya Tahan Tubuh Menghadapi Pandemi COVID-19

Wartakesehatan.com -  Pandemi COVID-19 membuat sebagian besar masyarakat lebih sadar pentingnya menjaga kesehatan. Salah..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

Studi: Sistem Imun Krusial dalam Melawan Infeksi Virus Corona

Wartakesehat.com - Sebuah penelitian di Australia dalam jurnal Nature Medicine menyimpulkan, sistem imun..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

8 Cara Jaga Imun tetap Sehat Lawan Virus Corona

Wartakesehatan.com - Untuk melindungi diri dari paparan virus corona, masyarakat dunia telah banyak menjalankan langkah..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

Imunomodulator untuk Cegah Virus Masuk Tubuh

Wartakesehatan.com - Membekali diri dengan cara cegah infeksi virus, dapat “membentengi” tubuh Anda dari berbagai..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Penderita Covid di Indonesia Capai 14.749 dan Terus Naik

Wartakesehatan.com - Angka positif COVID-19 yang terkonfirmasi lewat tes laboratorium di Indonesia kini..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Edukasi Pemeriksaan Rapid Test dan Swab Beredar di WA

Wartakesehatan.com - Sebuah pesan berantai untuk edukasi virus Corona beredar. Isi pesan berantai tersebut sebagai..

+Indeks