Ini Penyebab Air Seni Berbau Tak Sedap

Oleh : Venza | Senin, 13 Pebruari 2017 | 18:05 WIB


IST

Wartakesehatan.com - Air kencing atau urin merupakan salah satu sarana tubuh untuk mengeluarkan limbah dan kotoran. Itulah sebabnya air kencing memiliki bau tidak enak atau yang disebut dengan bau pesing.

Namun ketika Anda merasa bahwa air kencing Anda berbau lebih menyengat dari biasanya, maka sebenarnya di dalam tubuh Anda terdapat beberapa komplikasi kesehatan yang membuat air kencing jadi bau. Dilansir dari laman boldsky.com, berikut adalah beberapa faktor yang bikin kencing lebih berbau.

Diabetes

Penyakit diabetes ternyata bisa membuat air kencing lebih berbau. Bahkan ada aroma 'manis' namun tajam ketika tercium. "Kelebihan gula darah dalam urin menjadikan urin berbau tajam," tulis penelitian ini.

Kelebihan Vitamin

Meminum multivitamin bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Namun jika Anda berlebihan dalam mengonsumsinya, air seni Anda akan berbau seperti obat yang menyengat. Oleh karena itu konsultasikan dengan dokter sebelum Anda meminum multivitamin agar Anda tahu seberapa banyak multivitamin yang bisa Anda konsumsi.

Dehidrasi

Bau urin yang tak sedap juga bisa terjadi saat Anda dehidrasi. Sebabnya dehidrasi membuat urin jadi lebih pekat dan berbau. Oleh karena itu cukupilah kebutuhan air setiap hari.

Infeksi Bakteri

Ketika tubuh Anda terinfeksi oleh bakteri atau jamur, maka bakteri tersebut bisa masuk ke dalam aliran urin dan membuat terjadinya peradangan. Bau urin pun akan lebih menyengat dari sebelumnya.

Kebiasaan Menahan Kencing

Ketika ada panggilan alam untuk kencing, segera keluarkan dan jangan ditahan. 

"Kebiasaan menahan kencing dalam waktu yang lama akan menyebabkan terjadinya infeksi kandung kemih yang membuat kencing berbau pesing."

Mengonsumsi Makanan yang Tinggi Asam

Mengonsumsi makanan tertentu terutama yang mengandung asam amoniak akan membuat kencing jadi lebih bau. Beberapa contohnya adalah bawang-bawangan, lobak, hingga asparagus.

Infeksi Saluran Kencing (ISK)

Seperti dijelaskan sebelumnya, ISK yang terjadi karena menahan kencing membuat bakteri masuk ke dalam saluran kencing. Membuat terjadinya infeksi, bernanah, dan kemudian urin jadi bau.

Itulah beberapa penyebab yang membuat air seni Anda menjadi lebih berbau pesing. Untuk menghindarinya, tentu saja minum banyak air putih dan hindari kebiasaan tidak higienis yang membuat terjadinya ISK.




Fokus : Urine


#Kesehatan #Penyakit #Urin #Bau Tak Sedap #Penyebab urin bau #Bau urin
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






9 jam yang lalu

Posisi Tidur yang Tepat untuk Ibu Hamil

Wartakesehatab.com -Tidur dengan terlentang memang membuat nyaman karena perut berada di atas, jadi mom tidak perlu merasa..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Kebiasaan Ini Dapat Mengakibatkan Depresi

Wartakeswhatan.com - Terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan depresi, antara lain gangguan fisik dan gangguan..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Gangguan Kesehatan yang Sering Ditemui Saat Bulan Puasa

Wartakesehatan.com - Berdasarkan studi yang dilaporkan oleh Gulf News, puasa dapat membantu pembakaran lemak jahat di dalam..
12 jam yang lalu

Tips Berbuka Puasa Bagi Pengidap Asma

Wartakesehatan.com - Sejauh ini berpuasa di bulan Ramadan dinyatakan aman oleh para dokter dan tenaga kesehatan. Bahkan menurut..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Bercinta Dapat Menghindarkan Kita Dari Penyakit

Wartakesehatan.com   - Memang bulan puasa waktu untuk menahan segala hawa nafsu, namun pasangan suami istri..
1 hari yang lalu

Ini Dia Tanda - Tanda Tubuh Alami Dehidrasi

Wartakesehatan.com - Rata-rata tubuh memerlukan air putih sebanyak 8 gelas per hari. Meski begitu, tidak sedikit orang yang..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Mengkonsumsi Air Putih Saat Perut Kosong Ini Manfaatnya

Wartakesehatan.com - Berdasarkan penelitian mengonsumsi air putih secara rutin dalam kadar yang telah ditentukan dapat..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Lemak Salmon Dapat Mencegah Terjadinya Kanker

Wartakesehatan.com - Tahukah anda bahwa daging salmon juga sangat bermanfaat bagi peremajaan kulit. Dr Rachel Nazarian,..
1 hari yang lalu

Tidur Miring Mencegah Penyakit Maag

Wartakesehatan.com -  Banyak orang justru mengalami masalah kesehatan, ketika mereka mulai mengalami kesulitan..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Anda Wajib Hindari Beberapa Kesalahan Kesehatan Ini

Wartakesehatan.com - Sangat penting untuk menjaga kesehatan untuk mencegah penyakit tertentu. Sudah menerapkan gaya hidup..

+Indeks