4 Manfaat Tertawa bagi Kesehatan

Oleh : Dirk Christ | Rabu, 15 Pebruari 2017 | 10:05 WIB


(ist)

Wartakesehatan.com - Ketawa merupakan ekspresi kebahagian yang muncul secara spontan tanpa bisa direkayasa. Menurut Charlie Chaplin, tertawa merupakan obat yang baik untuk mengatasi rasa nyeri.

Maciej Buchowski, peneliti dari Vanderbilt University, menemukan bahwa kita mengeluarkan sekitar 50 kalori di setiap jumlah waktu 10-15 menit yang dihabiskan untuk tertawa.

Manfaat tertawa sering disepelekan oleh banyak orang karena dianggap tidak memiliki fungsi dalam kesehatan ataupun dalam psikologis. Tetapi ternyata tertawa memiliki dampak positif bagi kesehatan. Berikut manfaat tertawa bagi kesehatan :

Mencegah Timbulnya Stres
Salah satu manfaat tertawa yaitu bisa mencegah timbulnya stres. Hormon penyebab stres tidak akan menyerang orang yang perasaannya selalu gembira dengan tertawa. Saat tertawa hormon penyebab stres seperti epinephrine dan juga cortisol akan menurun saat anda tertawa.

Membuat Perasaan Lebih Baik
Saat seseorang tertawa, perasaannya akan terasa lebih baik. Apabila pada suatu saat Anda merasa sangat stres, dan seseorang tiba-tiba membuat lelucon lucu yang bisa membuat Anda tertawa keras, maka hal itu akan membuat Anda merasa lebih baik dan akan melupakan masalah yang dihadapi.

Membuat Awet muda
Stres membuat seseorang akan cepat lebih tua karena stress tersebut akan memicu keluarnya hormon yang disebut dengan kortisol. Hormon dan kortisol yang berlebihan akibat stres yang berlarut-larut bisa menyebabkan darah tinggi, gula darah tinggi, menurunnya sistem kekebalan tubuh. Jadi, kita harus tertawa agar awet muda.

Memiliki Umur Panjang
Umur memang di tangan Tuhan dan kita tidak pernah tahu sampai kapan umur kita di dunia ini. Namun sejumlah fakta ditemukan bahwa orang yang mudah dan sering tertawa jauh lebih sehat dibandingkan dengan orang yang cemberut. Hal itu dikarenakan tertawa bisa membuat lebih sehat jiwa dan raga.




Fokus : Tertawa


#Tertawa
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Konsumsi Toge bisa bikin Sperma Sehat

Wartakesehatan.com - Toge merupakan salah satu sumber vitamin E, antioksidan yang penting untuk reproduksi. Vitamin..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Konsumsi Toge bisa bikin Sperma Sehat

Wartakesehatan.com - Toge merupakan salah satu sumber vitamin E, antioksidan yang penting untuk reproduksi. Vitamin..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Atasi Masalah Kesehatan dengan Jus Kentang

Wartakesehatan.com - Mengonsumsi jus kentang juga ampuh mengatasi berbagai masalah penyakit. Berikut masalah kesehatan..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Berjalan Tanpa Alas Kaki Menyehatkan Tulang

Wartakesehatan.com - Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika berolahraga dengan melepas alas kaki bisa memberikan banyak..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Pisang Merah Melindungi Kesehatan Jantung

Wartakesehatan.com - Menurut riset yang ditulis dari medicaldaily. com, pisang merah mempunyai kalori sejumlah 30 kalori..
Warta Sehat - 2 hari yang lalu

Buah Mangga Mengandung Banyak Vitamin

Wartyakesehatan.com - Tahukah Anda bahwa buah mangga merupakan jenis buah khas Indonesia, selain jenis buah-buahan lain..
Tekhnologi - 2 hari yang lalu

6 Bahaya jika Berlebihan Menggunakan AC

Wartakesehatan.com - Dampak penggunaan AC bagi kesehatan bisa muncul jika tubuh manusia sering terkena Air Conditioner..
Mamin - 2 hari yang lalu

Dapatkan Kulit Sehat dengan Sarapan Sehat

Wartakesehatan.com - Selain sehat dan memberikan energi, makan pagi juga membantu menjaga konsentrasi seseorang. Banyak..
Warta Sehat - 6 hari yang lalu

Kesuburan Anak dipengaruhi oleh Pola Makan Ayah

Wartakesehatan - Percaya atau tidak ternyata pola makan seorang ayah terutama asupan protein ternyata sangat mempengaruhi..
Warta Sehat - 6 hari yang lalu

Perhatikan Hal ini, Sebelum memakai Lensa Kontak

Wartakesehatan - Lensa kontak akhir-akhir ini menjadi pilihan bagi mereka yang mengalami mata minus karena selain mudah..

+Indeks