4 Tanda Tulang Anda Bermasalah

Oleh : Dirk/lputan6 | Kamis, 09 Mei 2019 | 21:35 WIB


(Ist)

Wartakesehatan.com - Salah satu penyakit tulang yang sering terjadi adalah osteoporosis atau pengeroposan tulang. Asupan kalsium yang tinggi sangat dibutuhkan untuk menjaga kekuatan tulang.

Ada beberapa tanda yang tanpa disadari merupakan petunjuk kesehatan tulang Anda bermasalah seperti berikut ini, dilasir dari Prevention:

1. Kuku rapuh

Jika sering mengalami kuku patah atau rapuh, itu bisa berarti bahwa tulang Anda rapuh. Studi awal menunjukkan bahwa orang yang memiliki tingkat kolagen rendah di kuku mereka, memiliki yang sedikit pula di tulang mereka. Selain itu, kuku yang rapuh menunjukkan bahwa tubuh Anda kekurangan kalsium.

2. Tidak kuat mendorong atau memegang pegangan pintu

Jika Anda kesulitan memutar kenop atau pegangan pintu atau tak sanggup mendorong diri Anda sendiri dari posisi duduk, bisa jadi itu tanda tulang Anda bermasalah. Studi menunjukkan ada hubungan antara kekuatan pegangan Anda dan kepadatan tulang di lengan, tulang belakang dan pinggul.

Untuk mengatasinya lakukan olahraga. Tak ada kata terlambat untuk membangun otot dan meningkatkan keseimbangan. Cobalah angkat beban, yoga atau tai chi yang bisa meningkatkan keseimbangan tubuh.

3. Jantung berdetak cepat

Denyut jantung saat Anda dalam keadaan santai dan tidak melakukan aktivitas berada di antara 60 dan 100 denyut per menit. Penelitian menunjukkan, 80 denyut per menit dapat meningkatkan risiko patah tulang pinggul, panggul dan tulang belakang. Alasannya, detak jantung Anda adalah refleksi dari tingkat kebugaran Anda.

Tingkat istirahat jantung cenderung lebih tinggi pada orang-orang yang tidak melakukan kegiatan apa-apa dan melakukan aktivitas fisik seperti menahan beban atau berjalan, yang merupakan kunci untuk membangun tulang yang kuat.

Untuk mengatasi ini, mulailah mencari tahu denyut jantung Anda. Di pagi hari saat baru bangun tidur, tempatkan satu atau dua jari di atas titik nadi di pergelangan tangan atau leher. Hitung jumlah ketukan yang terjadi dalam 15 detik. Kalikan jumlah itu dengan empat untuk dapatkan tingkat istirahat jantung Anda.

Jika denyut jantung Anda melebihi 80, sudah saatnya tubuh Anda lebih banyak bergerak. Meski aktivitas fisik membuat jantung berdetak lebih cepat, olahraga yang teratur secara bertahap bisa memicu denyut jantung istirahat yang rendah.

4. Gusi mulai menyusut

Tulang rahang Anda menyokong dan menahan gigi Anda. Seperti tulang, ini rentan melemah. Rahang yang kehilangan tulang, membuat gusi Anda menyusut atau melepaskan diri dari gigi Anda sehingga gigi dapat lepas dengan mudah. Studi menunjukkan, wanita dengan osteoporosis tiga kali lebih mungkin kehilangan gigi.




Fokus : Tulang


#Tulang
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 9 jam yang lalu

4 Jenis Insomnia yang Perlu Diketahui

Wartakesehatan - Dokter dari Klinik Gangguan Tidur Rumah Sakit Umum Pusat Dr Sardjito, Yogyakarta, Astuti,..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Menguap Teryata Miliki Manfaat Kesehatan

Wartakesehatan.com - Menguap adalah indikasi dari perasaan bosan, lelah dan juga mengantuk. Sadar atau tidak, saat kita..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

4 Hal Ini Bantu Menghilangkan Stres

Wartakesehatan.com - Stres seringkali sulit untuk dihindari ya ladies. Tapi masak iya mau menghabiskan hidup hanya untuk..
Seks - 13 jam yang lalu

Pentingnya Mengetahui Kesehatan Vagina

Wartakesehatan.com - Vagina yang terletak di bawah area pinggul ini tidak memiliki sirkulasi udara yang bagus sehingga..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Minum Cokelat Panas Tingkatkan Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan.com - Tidak hanya membuat Anda hangat sepanjang musim dingin, cokelat panas ini juga dapat meningkatkan..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Sebatang Rokok Sehari Tingkatkan Kematian

Wartakesehatan.com -  Studi belum lama ini menemukan, satu batang rokok sehari dapat meningkatkan risiko kematian..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

Nanas bisa bikin Gigi Putih Alami

Wartakesehatan.com - Gigi putih bisa menjadi satu tanda kesehatan gigi dan mulut yang terjaga. Dengan gigi yang putih,..
Mamin - 17 jam yang lalu

Makan Ikan Lele Beri Manfaat Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Ikan lele sekarang merupakan jenis ikan air tawar yang sering banyak Anda jumpai di pasar. Sebab Ikan..
Ibu & Anak - 18 jam yang lalu

Daftar Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Wartakesehatan.com - Mitos hamil mengatakan bahwa ibu hamil ketika makan adalah untuk dua orang, jadi kapasitas dan..
Mamin - 19 jam yang lalu

Makanan Ini Bantu Cegah Serangan Jantung

Wartakesehatan.com - Salah satu penyebab umum serangan jantung adalah pembuluh arteri yang tersumbat. Seperti yang dikutip..

+Indeks