Cegah Batu Ginjal Dengan Segelas Kopi di Pagi Hari

Oleh : Venza | Sabtu, 18 Pebruari 2017 | 17:05 WIB


IST

Wartakesehatan.com - Keberadaan batu ginjal pada umumnya menyebabkan nyeri yang amat sangat dimulai pada sisi tubuh atau punggung, di bawah pinggul serta bergerak ke perut bagian bawah hingga ke pangkal paha. Rasa nyeri berubah seiring dengan pergerakan batu ginjal pada saluran urin.

Batu ginjal juga bisa menyebabkan Anda kesulitan berkemih dan hal ini akan semakin memperburuk kondisi. Hindari terbentuknya batu di dalam ginjal Anda dengan langkah-langkah berikut.

Minum air dan minum lagi

Batu ginjal biasanya terdiri dari kalsium baik itu fosfat maupun oksalat. Mineral diserap dari makanan dan biasanya dibuang melalui urin. Ketika urin terlalu pekat, mineral dapat mengkristal untuk membentuk batu. Minum setidaknya enam sampai delapan gelas air sehari untuk menjaga urin tidak menjadi terlalu pekat.

Aktivitas fisik

Olahraga dapat mengurangi risiko Anda terkena batu ginjal, sebanyak lebih dari 33 persen, menurut sebuah studi yang dimuat dalam Journal of the American Society of Nephrology. Berjalan kaki tiga jam seminggu atau jogging selama satu jam seminggu, akan mampu mengubah cara tubuh Anda menangani mineral yang masuk melalui makanan dan mengurangi mineral itu berkembang menjadi batu ginjal.

Menghindari soda

Sebuah studi terbaru dari Brigham and Women's Hospital menemukan bahwa orang yang minum setidaknya satu porsi minuman ringan bergula setiap hari memiliki risiko 23 persen lebih tinggi terkena batu ginjal daripada mereka yang minum kurang dari satu porsi dalam seminggu. Mengapa? Karena fruktosa di dalam minuman tersebut dapat meningkatkan kadar kalsium, oksalat, dan ekskresi asam urat, yang pada akhirnya berkontribusi terhadap pembentukan batu ginjal.

Tingkatkan asupan kalsium Anda

Karena batu ginjal biasanya terbentuk dari kalsium, banyak orang berpikir bahwa menghindari mineral ini dapat mencegah terjadinya batu ginjal. Tapi, berbagai penelitian ilmiah membuat kita tahu bahwa justru yang sebaliknyalah yang benar. Kalsium sebenarnya dapat membantu mencegah pembentukan batu ginjal dengan cara mengikat oksalat di usus sehingga tidak mencapai ginjal.

Nikmati secangkir kopi pagi

Orang yang minum setidaknya satu cangkir kopi berkafein memiliki risiko 26 persen lebih rendah menderita batu ginjal. Sedangkan mereka yang minum kopi tanpa kafein memiliki risiko 16 persen lebih rendah, dan peminum teh 11 persen lebih rendah, menurut sebuah studi yang dimuat dalam Journal Clinical of American Society of Nephrology.

Waspadai sindrom ini

Sindrom metabolik adalah kondisi serius yang berhubungan dengan serangan jantung, diabetes, dan bahkan kematian. Tanda-tandanya adalah kelebihan lemak perut, trigliserida darah tinggi, HDL rendah, tekanan darah tinggi, dan gangguan toleransi glukosa. Peluang Anda untuk mengembangkan batu ginjal adalah sebesar 54 persen jika Anda memiliki dua ciri-ciri tersebut, dan 70 persen jika Anda memiliki tiga dari lima gejala tersebut.

Kurangi protein

Para ahli mengatakan terlalu banyak protein dapat menciptakan lingkungan yang ideal untuk batu ginjal berkembang. Cobalah untuk mengurangi asupan daging terutama daging merah.




Fokus : Kopi


#Kesehatan #Kopi #Ginjal #Penyakit #Batu Ginjal #Obat batu ginjal
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 5 hari yang lalu

TB. Hasanuddin: Penerapan New Normal Tanpa Persiapan Matang Akan Timbulkan Kematian Massal

Wartakesehatan.com - Indonesia bersiap memasuki fase New Normal atau penormalan baru ditengah pandemi covid-19. Sejumlah..
Tekhnologi - 2 minggu yang lalu

Helm Cerdas Deteksi Corona Sangat Penting dan Perlu

Wartakesehatan.com -  Polda Riau memberikan contoh inisiatif dan inovasi dalam perjuangannya melawan pandemi coronavirus...
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Di Tengah Pandemi, Hasanuddin Kunjungi Dapil dan Bagikan Ribuan Masker dan Sembako 

Wartakesehatan.com - Di tengah pandemi covid-19 dan jelang Hari Raya Idul Fitri ini, anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDI..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Covid-19, Sunan Kalijaga Gandeng Nikita Mirzani Baksos ke Markas TNI

Wartakesehatan.com - Ditengah pandemi Covid-19, Pengacara Sunan Kalijaga Bersama Artis dan Forum Kader Bela Negara (FKBN)..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

BPOM: Biasakan Minum Obat Herbal dan Suplemen Kesehatan untuk Daya Tahan Tubuh Menghadapi Pandemi COVID-19

Wartakesehatan.com -  Pandemi COVID-19 membuat sebagian besar masyarakat lebih sadar pentingnya menjaga kesehatan. Salah..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

Studi: Sistem Imun Krusial dalam Melawan Infeksi Virus Corona

Wartakesehat.com - Sebuah penelitian di Australia dalam jurnal Nature Medicine menyimpulkan, sistem imun..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

8 Cara Jaga Imun tetap Sehat Lawan Virus Corona

Wartakesehatan.com - Untuk melindungi diri dari paparan virus corona, masyarakat dunia telah banyak menjalankan langkah..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

Imunomodulator untuk Cegah Virus Masuk Tubuh

Wartakesehatan.com - Membekali diri dengan cara cegah infeksi virus, dapat “membentengi” tubuh Anda dari berbagai..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Penderita Covid di Indonesia Capai 14.749 dan Terus Naik

Wartakesehatan.com - Angka positif COVID-19 yang terkonfirmasi lewat tes laboratorium di Indonesia kini..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Edukasi Pemeriksaan Rapid Test dan Swab Beredar di WA

Wartakesehatan.com - Sebuah pesan berantai untuk edukasi virus Corona beredar. Isi pesan berantai tersebut sebagai..

+Indeks