Kesuburan Anak dipengaruhi oleh Pola Makan Ayah

Oleh : Dirk/Metro | Jumat, 15 Juni 2018 | 19:05 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Percaya atau tidak ternyata pola makan seorang ayah terutama asupan protein ternyata sangat mempengaruhi kesuburan keturunan mereka, hal ini dibenarkan oleh sebuah studi.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Biology Letters tersebut menunjukkan bahwa pola makan ayah dapat memengaruhi kemampuan sperma anak laki-laki mereka untuk bersaing saat pembuahan.

Studi tersebut menggarisbawahi pentingnya lingkungan orang  tua pada generasi selanjutnya, meskipun sebelum keturunan tersebut diproduksi.

Studi tersebut mencoba mengerti fungsi riwayat nutrisi ayah pada anak melalui lalat buah , yang memiliki karakter mirip dengan manusia.

"Studi kami menemukan bahwa pria yang tumbuh dengan mengkonsumsi protein dalam jumlah banyak atau sedikit, namun saat dewasa hanya dalam tingkat sedang, akan memiliki anak laki-laki dengan perbedaan ekspresi gen berbeda, yang cenderung berkontribusi dalam hal kompetisi sperma," ujar salah satu peneliti Susanne Zajitschek dari Monash University di Melbourne, Australia.  

Ayah yang mengkonsumsi banyak protein memiliki anak dengan kompetisi sperma yang lebih banyak dimana sperma tersebut akan lebih bisa menang melawan kompetitor sperma lain saat berada dalam saluran reproduksi wanita.

Namun, pola makan ayah bukanlah satu-satunya penentu kualitas sperma anak. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kesehatan dan jumlah sperma, seprti pola makan sehat, menghindari rokok dan alkohol, serta menjauhkan diri dari paparan panas berlebih.

Selain itu, kualitas sperma juga dipengaruhi kondisi psikologis seperti stres sehingga cobalah hindari gangguan mental tersebut, misalnya dengan melakukan yoga.




Fokus : Anak


#Anak #Kesuburan #Ayah
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 46 menit yang lalu

Mie Instan Sehat Dikonsumsi , Mungkinkah ?

Wartakesehatan.com - Hampir seluruh kalangan menggemari makanan yang satu ini karena dianggap praktis dan tidak memakan banyak..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Efek Samping Konsumsi Vitamin Berlebihan

Wartakesehatan.com - Jika mengonsumsinya secara berlebihan, maka bisa muncul keluhan. Misal, konsumsi vitamin C dosis tinggi..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Jangan Terlalu Sering Mengkonsumsi Suplemen

Wartakesehatan.com - Terutama saat menjalani ibadah puasa seperti sekarang, kita perlu mengkonsumsi suplemen. Jika..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

Tips Sehat Jaga dan Turunkan Kadar Kolesterol

Wartakesehatan.com - Tingginya kadar kolesterol dalam aliran darah dapat memblokir pembuluh darah dan meningkatkan..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Cara Sehat Agar Tidur Nyenyak

Wartakesehatan.com - Bagi sebagian orang tidur tak semudah yang dibayangkan. Ada kalanya, sudah 10 menit, 20 menit, bahkan..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Menangis Memiliki 5 Manfaat Kesehatan

Wartakesehatan.com - Sering menangis tidaklah selalu identik dengan cengeng, memiliki mental lemah dan..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Ini Dia Manfaat Air Dingin dan Air Hangat

Wartakesehatan.com - Menurut beberapa ahli gizi, air hangat bermanfaat dalam memudahkan proses pencernaan, sementara air dingin..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

Makan Kulit Ayam Goreng untuk Buka Puasa? Sehat atau Ngga

Wartakesehatan.com - Meski rasanya sangat enak, sebetulnya sehat atau tidak makan kulit ayam goreng untuk buka puasa? Dikutip..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

Konsumsi Yoghurt Dapat Meredakan nyeri PMS

Wartakesehatan.com - Kandungan probiotiknya memberi keuntungan bagi kesehatan pencernaan, begitu juga dengan kalsium dan..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Inilah Manfaat Angkat Beban Bagi Otak

Wartakesehatan.com - Studi terbaru menunjukkan bahwa salah satu latihan yang paling bermanfaat yang dapat dilakukan untuk..

+Indeks