Obati Flu dengan Tidur yang Cukup

Oleh : Dirk/rep | Senin, 20 Mei 2019 | 08:10 WIB


(Ist)

Wartakesehatan.com - Flu merupakan salah satu penyakit yang sangat mudah menyerang di musim hujan seperti sekarang, walaupun kelihatannya sangat sepele namun apabila tidak ditangani secara tepat penyakit ini bisa mengakibatkan sesuatu yang lebih serius dan menjengkelkan.

Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mencegah pilek atau flu adalah tidur yang cukup di malam hari.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa orang yang secara teratur tidur kurang dari enam jam tidur per malam akan 4,5 kali lebih mungkin terserang flu. Dibandingkan dengan mereka yang tidur setidaknya tujuh malam tiap malam.

Menunjukkan bahwa waktu yang cukup untuk menutup mata benar-benar dapat membantu sistem kekebalan tubuh mengenali dan bereaksi terhadap virus dan bakteri lebih cepat.

Dikutip dari Shape, tubuh akan bekerja seperti ini. Sistem kekebalan tubuh Anda memiliki kemampuan untuk "mengingat" bakteri atau virus yang telah dialami di masa lalu. Membuatnya bisa mengenali dan menanggapi lebih cepat ketika tubuh bertemu jenis yang sama lagi. 

Mengurangi jam tidur juga dapat mengurangi sistem kekebalan tubuh. Jika tidak cukup tidur tubuh akan bereaksi dengan membuatnya mudah terjangkit penyakit yang sama seperti sebelumnya.

Mengurangi waktu Anda untuk menutup mata atau jam tidur Anda tidak hanya berhenti pada merusak memori sistem kekebalan tubuh Anda. "Tidur adalah perawatan alami," kata Wayne Scott Andersen, MD. "Ini cara tubuh Anda memulihkan fungsi organ, menstabilkan ketidakseimbangan kimia, menyegarkan area otak yang mengontrol suasana hati dan perilaku, dan meningkatkan kinerja yang semuanya dikompromikan jika Anda tidak mendapatkan tidur yang cukup di malam hari."

Sementara itu, flu biasa mungkin dipandang tidak serius. Tapi terjangkit flu bisa mengurangi produktivitas Anda di tempat kerja dan membuat Anda keluar dari gym untuk jangka yang panjang. Ditambah lagi, sakit mengganggu jam tidur Anda.

Padahal tidur satu malam yang tidak memadai dapat merusak suasana hati Anda, merusak penilaian Anda, dan interaksi Anda dengan orang lain, tambah Andersen.

Pikirkan cara ini. Jika Anda berfokus pada menempatkan tidur dari tujuh hingga delapan jam semalam, bisa diartikan dengan Anda membunuh dua burung dengan satu batu.




Fokus : Flu


#Flu
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 18 menit yang lalu

Konsumsi Teh Hijau Berlebihan, ini Bahayanya!

Wartakesehatan.com - Selama ini teh hijau dikenal sebagai salah satu minuman yang memiliki manfaat kesehatan dan..
Obat & Penyakit - 9 jam yang lalu

Stop Kebiasaan Begadang, Tubuh bisa Rusak!

Wartakesehatan.com - Menurut para ahli, tidur bukan hanya untuk penghilang lelah. Studi terbaru menemukan bahwa kehilangan..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

5 Tips Atasi Sulit Tidur

Wartakesehatan.com - Tidur merupakan aktivitas rutin yang dilakukan oleh manusia untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran...
Obat & Penyakit - 11 jam yang lalu

5 Cara Pintar Atasi Nyeri saat Haid

Wartakesehatan.com - Pada umumnya wanita merasakan nyeri atau kram perut saat haid (Dismenore) yang dapat berlangsung..
Ibu & Anak - 12 jam yang lalu

Penting! Ibu Hamil jaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Wartakesehatan.com - Kesehatan mulut dan gigi ibu hamil sebaiknya mendapat perhatian yang serius, bahkan sejak sebelum..
Mamin - 13 jam yang lalu

Basmi Jerawat Dengan Makanan Sehat ini!

Wartakesehatan.com - Wajah penuh jerawat dan terlihat kusam adalah tanda telah terjadi penumpukan racun dalam jumlah yang..
Tekhnologi - 13 jam yang lalu

ASUS VivoBook A409, Laptop Klasik dengan NanoEdge Display

Jakarta, Warkes.com - ASUS kembali menghadirkan laptop klasik mainstream ke pasaran Indonesia. Laptop sehari-hari yang..
Tekhnologi - 13 jam yang lalu

Sophia the Robot Gambaran Kecerdasan Manusia di Atas Manusia Buatan

Jakarta, Warkes.com – Bagaimanapun pintarnya robot, tentu merupakan sebuah program yang dalam hal ini dibuat oleh..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Kembangkan Sayap Bisnis di Yogyakarta Toys Kingdom Buku Toko ke Tiga-nya

Yogyakarta, Warkes.com - Toys Kingdom, pusat mainan dan hobi untuk segala usia kembali membuka toko terbaru tepatnya di Jogja..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Waspada, Ruang AC bisa bikin Gemuk

Wartakesehatan.com - Di jaman yang sudah modern ini, AC tampaknya telah jadi bagian kehidupan kita sehari-hari. Di kantor,..

+Indeks