Obati Flu dengan Tidur yang Cukup

Oleh : Dirk/rep | Senin, 20 Mei 2019 | 08:10 WIB


(Ist)

Wartakesehatan.com - Flu merupakan salah satu penyakit yang sangat mudah menyerang di musim hujan seperti sekarang, walaupun kelihatannya sangat sepele namun apabila tidak ditangani secara tepat penyakit ini bisa mengakibatkan sesuatu yang lebih serius dan menjengkelkan.

Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mencegah pilek atau flu adalah tidur yang cukup di malam hari.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa orang yang secara teratur tidur kurang dari enam jam tidur per malam akan 4,5 kali lebih mungkin terserang flu. Dibandingkan dengan mereka yang tidur setidaknya tujuh malam tiap malam.

Menunjukkan bahwa waktu yang cukup untuk menutup mata benar-benar dapat membantu sistem kekebalan tubuh mengenali dan bereaksi terhadap virus dan bakteri lebih cepat.

Dikutip dari Shape, tubuh akan bekerja seperti ini. Sistem kekebalan tubuh Anda memiliki kemampuan untuk "mengingat" bakteri atau virus yang telah dialami di masa lalu. Membuatnya bisa mengenali dan menanggapi lebih cepat ketika tubuh bertemu jenis yang sama lagi. 

Mengurangi jam tidur juga dapat mengurangi sistem kekebalan tubuh. Jika tidak cukup tidur tubuh akan bereaksi dengan membuatnya mudah terjangkit penyakit yang sama seperti sebelumnya.

Mengurangi waktu Anda untuk menutup mata atau jam tidur Anda tidak hanya berhenti pada merusak memori sistem kekebalan tubuh Anda. "Tidur adalah perawatan alami," kata Wayne Scott Andersen, MD. "Ini cara tubuh Anda memulihkan fungsi organ, menstabilkan ketidakseimbangan kimia, menyegarkan area otak yang mengontrol suasana hati dan perilaku, dan meningkatkan kinerja yang semuanya dikompromikan jika Anda tidak mendapatkan tidur yang cukup di malam hari."

Sementara itu, flu biasa mungkin dipandang tidak serius. Tapi terjangkit flu bisa mengurangi produktivitas Anda di tempat kerja dan membuat Anda keluar dari gym untuk jangka yang panjang. Ditambah lagi, sakit mengganggu jam tidur Anda.

Padahal tidur satu malam yang tidak memadai dapat merusak suasana hati Anda, merusak penilaian Anda, dan interaksi Anda dengan orang lain, tambah Andersen.

Pikirkan cara ini. Jika Anda berfokus pada menempatkan tidur dari tujuh hingga delapan jam semalam, bisa diartikan dengan Anda membunuh dua burung dengan satu batu.




Fokus : Flu


#Flu
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Mamin - 11 jam yang lalu

Makanan yang bisa Atasi Insomnia

Wartakesehatan.com - Kekurangan tidur dapat menyebabkan berbagai masalah, mulai dari menurunnya kondisi mental dan juga..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

Bahanya 'Sleep Apnea' berujung Kematian

Wartakesehatan - Sleep Apnea Merupakan ganguan tidur yang menyebabkan nafas berhenti selama beberapa detik. Penyakit ini..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Pentingnya Mandi pada Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri masih banyak orang yang mengabaikan kebersihan tubuh atau bisa disebut dengan jarang..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Dampak Kurang Minum Air Putih Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Minimnya asupan air mineral, bisa berdampak pada kesehatan tubuh Anda lho. Tak hanya sembelit saja,..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Cara Mengetahui Kesehatan Rambut

Wartakesehatan.com - Penting sekali untuk mengetahui bagaimana perawatan rambut yang tepat sesuai jenis dan juga..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

7 Tips untuk Berhenti Merokok

Wartakesehatan - Beberapa perokok mungkin memiliki keinginan untuk berhenti merokok. Alasannya sederhana karena merokok..
Mamin - 17 jam yang lalu

Jaga Kesehatan Usus dengan 5 Makanan ini!

Wartakesehatan.com - Usus merupakan organ tubuh yang harus dijaga agar selalu sehat dan bekerja secara optimal. Usus..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Tips Tetap Sehat di Tempat Kerja

Wartakesehatan.com - Selain waktu yang banyak dihabiskan di kantor, gaya hidup tidak sehat, kurang olahraga dan sering..
Warta Sehat - 19 jam yang lalu

Cara Alami Ini Bisa Putihkan Gigi

Wartakesehatan.com - Hal yang satu ini mungkin aneh bagi masyarakat indonesia.Mencampurkan teh dengan sedikit susu..
Obat & Penyakit - 20 jam yang lalu

Sabun Anti Bakteri bisa atasi Bisul

Wartakesehatan - Bisul merupakan salah satu gangguan kulit yang umur terjadi. Bisul adalah benjolan merah pada kulit yang..

+Indeks