5 Nutrisi yang Terkandung Dalam Ikan Lele

Oleh : Venza | Rabu, 22 Pebruari 2017 | 23:05 WIB


IST

Wartakesehatan.com - Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia, khususnya Indonesia bagian barat sangat senang mengonsumsi ikan lele. Ikan lele memang sangat lezat dan nikmat untuk dikonsumsi selain itu juga ternyata ikan ini juga menyimpan manfaat sehat yang membuat kita tak perlu ragu lagi untuk menyantapnya. Di lansir dari laman livestrong.com, berikut ini merupakan nutrisi yang dibutuhkan tubuh yang bisa kamu dapatkan dari lezatnya ikan lele.

1. Rendah kalori dan lemak

Sekitar 90gr ikan lele mengandung 122 kalori dan 6,1gr lemak. Kandungan rendah kalori dalam ikan lele ini membuatnya menjadi pilihan tepat dalam menu diet. Wanita pada umumnya membutuhkan sekitar 300-500 kalori dalam makanannya, sedangkan pria membutuhkan sekitar 400-600 kalori. Selain itu, kandungan lemak dalam lele juga relatif rendah, yaitu mengandung sekitar 2gr lemak jenuh.

2. Asam lemak omega-3 dan omega-6

Butuh asupan omega-3 dan omega-6? Memilih untuk mengonsumsi ikan lele adalah pilihan yang tepat. Ini karena satu ikan lele menyajikan sekitar 220mg asam lemak omega-3 dan 875mg omega-6. Kedua nutrisi ini memainkan peran penting bagi kesehatan jantung dan kesehatan kognitif otak kita.

3. Protein

Sekitar 15,6 protein dalam satu porsi ikan lele menyediakan semua asam amino yang dibutuhkan tubuh. Protein lengkap dalam ikan lele membantu tubuh untuk membangun massa otot tubuh dan juga membantu meningkatkan efektivitas sistem kekebalan tubuh. Selain itu, protein juga membantu menyediakan energi, terutama jika tubuh telah menggunakan semua karbohidrat yang dikonsumsi sebagai bahan bakar.

4. Sumber vitamin B-12

Mengonsumsi satu porsi ikan lele berarti kamu telah memenuhi setidaknya 40% asupan harian vitamin B-12 yang direkomendasikan. Vitamin B-12 yang bisa kamu temukan dalam ikan lele membantu tubuh dalam pemecahan makanan yang dikonsumsi untuk menjadi energi yang bisa digunakan. Selain itu vitamin B-12 berfungsi melindungi sistem saraf dan menghindarkan tubuh dari rasa lesu.

5. Rendah merkuri

Hampir semua jenis ikan mengandung merkuri, yaitu kontaminan yang dapat memengaruhi sistem saraf kita. tetapi, kamu tak perlu khawatir untuk mengonsumsi ikan lele, karena dia memiliki kandungan rendah merkuri. Meskipun demikian, kita harus tetap membatasi konsumsi ikan lele. Mengonsumsi ikan lele paling banyak sekitar 340 gr setiap minggu adalah jumlah yang dianjurkan. Membatasi jumlah asupan ikan lele juga sangat penting bagi ibu hamil, karena kandungan merkuri dapat membahayakan kesehatan janin.




Fokus : Ikan Lele


#Kesehatan #Sehat #Ikan Lele #Makan ikan lele #Manfaat ikan lele #Kandungan ikan lele #Kandungan gizi
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Bersepeda Menurunkan Resiko Beberapa Penyakit

Wartakesehatan.com - Rutin bersepeda juga memiliki manfaat untuk menurunkan risiko sejumlah penyakit kronis, seperti diabetes..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Manfaat Kesehatan Kacang-Kacangan Bagi Anda

Wartakesehatan.com - Nutritionist dari Metropolitan State University of Denver, Malena Perdomo, MS, RDN, CDE menuturkan..
Herbal - 4 jam yang lalu

5 Manfaat Buah Timun Suri

Wartakesehatan.com -Inilah 5 Manfaat Buah Timun Suri Yang Tidak Kita Ketahui   1. Memperlembut Kulit Kandungan..
Herbal - 4 jam yang lalu

Manfaat Kopi Tanpa Gula

Wartakesehatan.com-Minum kopi sudah menjadi candu bagi para penikmatnya. Setiap harinya, para penikmat tak melewatkan secangkir..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Penyebab Bintik Merah Pada Ibu Hamil Muda

Wartakesehatan.com-Adanya timbul bintik-bintik merah pada kulit ibu hamil  merupakan gejala yang disebut dengan ruam. Ruam..
Herbal - 6 jam yang lalu

5 Manfaat Buah Pare Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com-Tidak banyak orang yang suka dengan makanan yang memiliki rasa pahit seperti buah pare. Padahal, pare kerap..
Obat & Penyakit - 6 jam yang lalu

Cacing Tanah Barmanfaat Untuk Kesehatan

Wartakesehatan.com-Manfaat cacing tanah untuk kesehatan sudah banyak yang tahu. Salah satunya ekstrak cacing dalam bentuk..
Seks - 7 jam yang lalu

Wanita Berdada Besar Rentan Terkena Penyakit Pernapasan

Wartakesehatan.com-Wanita yang memiliki payudara besar ternyata tak hanya berisiko menderita sakit punggung, namun juga..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Faktor yang Menyebabkan Perbedaan Pertumbuhan Anak

Wartakesehatan.com - Anaknya tumbuh sehat Tentu merupakan keinginan setiap orangtua untuk melihatnya. Pada beberapa..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Penyebab Nyeri Perut Bagian Kanan Bawah

Wartakesehatan - Sakit perut memang suatu keluhan yang umum terjadi pada seseorang. Lokasi bagian perut yang terasa sakit..

+Indeks