Waspada, Dampak Dari Kekurangan Vitamin D

Oleh : Dirk/nationalgeographic | Rabu, 13 Juni 2018 | 12:00 WIB


(Ist)

Wartakesehatan.com - Vitamin D sangat diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Selain itu, banyak penelitian yang menunjukkan bahwa vitamin D juga berperan penting dalam organ dan jaringan lain. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan tulang Anda menjadi tipis, rapuh atau cacat serta beberapa masalah kesehatan lain. Berikut diantaranya:

Kepala berkeringat berlebih

Salah satu tanda umum kekurangan vitamin D ialah kepala yang selalu berkeringat. Para dokter biasanya bertanya pada ibu yang baru melahirkan apakah kepala bayinya kerap berkeringat untuk alasan yang sama. Keringat berlebihan pada bayi yang baru lahir disebabkan oleh iritabilitas neuromuskular tetap dideskripsikan sebagai gejala awal paling umum dari kekurangan vitamin D.

Masalah pencernaan

Sekali lagi, vitamin D merupakan pelarut lemak. Artinya, jika Anda memiliki kondisi pencernaan yang mempengaruhi kemampuan tubuh dalam menyerap lemak, kemungkinan Anda kekurangan vitamin pelarut lemak seperti vitamin D. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa masalah pencernaan tersebut disebabkan oleh kondisi usus seperti penyakit Chron, intoleran gluten dan radang usus.

Selalu merasa muram

Serotonin, hormon otak yang terkait dengan tingkat suasana hati, meningkat ketika tubuh terpapar sinar matahari, dan menurun jika tubuh kekurangan cahaya matahari. Pada penelitian tahun 2006, para ilmuwan mengevaluasi efek vitamin D pada kesehatan mental 80 pasien lansia dan menemukan bahwa mereka yang kekurangan vitamin D, 11 kali lebih rentan dibanding pasien yang memiliki kadar vitamin D cukup.

Kelebihan berat badan atau obesitas

Vitamin D merupakan pelarut lemak yang dapat mengurangi lemak tubuh. Jika Anda kelebihan berat badan atau obesitas, kemungkinan Anda harus mengkonsumsi lebih banyak asupan yang mengandung kadar vitamin D tinggi dibanding orang yang langsing.  Hal yang sama juga dianjurkan bagi orang-orang dengan massa otot yang tinggi.




Fokus : Vitamin D


#Vitamin
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Konsumsi Toge bisa bikin Sperma Sehat

Wartakesehatan.com - Toge merupakan salah satu sumber vitamin E, antioksidan yang penting untuk reproduksi. Vitamin..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Konsumsi Toge bisa bikin Sperma Sehat

Wartakesehatan.com - Toge merupakan salah satu sumber vitamin E, antioksidan yang penting untuk reproduksi. Vitamin..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Atasi Masalah Kesehatan dengan Jus Kentang

Wartakesehatan.com - Mengonsumsi jus kentang juga ampuh mengatasi berbagai masalah penyakit. Berikut masalah kesehatan..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Berjalan Tanpa Alas Kaki Menyehatkan Tulang

Wartakesehatan.com - Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika berolahraga dengan melepas alas kaki bisa memberikan banyak..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Pisang Merah Melindungi Kesehatan Jantung

Wartakesehatan.com - Menurut riset yang ditulis dari medicaldaily. com, pisang merah mempunyai kalori sejumlah 30 kalori..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Buah Mangga Mengandung Banyak Vitamin

Wartyakesehatan.com - Tahukah Anda bahwa buah mangga merupakan jenis buah khas Indonesia, selain jenis buah-buahan lain..
Tekhnologi - 7 jam yang lalu

6 Bahaya jika Berlebihan Menggunakan AC

Wartakesehatan.com - Dampak penggunaan AC bagi kesehatan bisa muncul jika tubuh manusia sering terkena Air Conditioner..
Mamin - 8 jam yang lalu

Dapatkan Kulit Sehat dengan Sarapan Sehat

Wartakesehatan.com - Selain sehat dan memberikan energi, makan pagi juga membantu menjaga konsentrasi seseorang. Banyak..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Kesuburan Anak dipengaruhi oleh Pola Makan Ayah

Wartakesehatan - Percaya atau tidak ternyata pola makan seorang ayah terutama asupan protein ternyata sangat mempengaruhi..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Perhatikan Hal ini, Sebelum memakai Lensa Kontak

Wartakesehatan - Lensa kontak akhir-akhir ini menjadi pilihan bagi mereka yang mengalami mata minus karena selain mudah..

+Indeks