3 Posisi Tidur yang tepat bagi Ibu Hamil

Oleh : Dirk Christ | Jumat, 24 Pebruari 2017 | 12:05 WIB


(Ist)

Wartakesehatan.com – Seperti yang kita tahu bahwa tidur sangat baik bagi kesehatan namun posisi tidur menentukan kenyamanan dan kesehatan tubuh. Untuk itu mementukan posisi tidur itu penting apalagi bagi para ibu hamil. Jika masih ada yang bingung menentukan posisi tidur yang baik saat hamil.

Berikut posisi tidur yang baik saat hamil.

Tidur Dengan Posisi Terlentang

Posisi ini di anjurkan setelah kehamilan 16 minggu ibu hamil untuk tidak tidur terlentang, karena dengan tidur posisi terlentang Anda akan meletakan seluruh berat rahim ke bagian belakang, usus, dan vena cava inferior. Tidur posisi terlentang juga dapat meningkatkan resiko sakit pinggang, wasir,dan gangguan pencernaan, dan mengganggu pernapasan dan sirkulasi. Posisi tidur terlentang pada trimester kedua dan ketiga juga dapat mempengaruhi tekanan darah. Untuk beberapa wanita, dapat menyebabkan penurunan darah yang membuat mereka merasa pusing, untuk yang lain malah meningkatkan tekanan darah. Pada kasus kehamilan dengan tekanan darah tinggi, tidur pada posisi terlentang sangat tidak dianjurkan.

Tidur Dengan Posisi Miring

Lalu posisi tidur yang bagaimanakah yang terbaik? Sampai saat ini belum ada penelitian lebih lanjut tentang posisi tidur yang aman untuk wanita hamil. Tapi sangat dianjurkan setelah kehamilan   16 minggu, sebaiknya ibu hamil tidur dengan posisi miring ke sebelah kiri, karena posisi ini memberi keuntungan untuk bayi anda untuk mendapatkan aliran darah dan nutrisi yang maksimal ke  plasenta karena adanya vena besar (vena cava inferior ) dibagian belakang sebelah kanan svina yang mengembalikan aliran darah ke tubuh bagian bawah ke jantung. yang juga dapat membantu ginjal untuk membuang sisa produk dan cairan dari tubuh ibu sehingga mengurangi pembengkakan pada kaki, pegelangan kaki dan tangan. Sebaiknya ketika tidur dengan posisi miring gunakan bantal diantara dengkul anda dan satu di punggung anda. Atau anda dapat membeli khusus bantal ibu hamil

Tidur Dengan Posisi Tengkurap

Posisi ini sebenarnya cukup aman untuk ibu hamil. Tapi biasanya pasca kehamilan trimester pertama, karena adanya pembesaran payudara dan juga rangsang payudara yang lebih sensitif akan menimbulkan ketidaknyamanan untuk tidur tengkurap. Dan pada saat di mana perut anda sudah mulai membesar (awal 14 minggu) tidur dengan posisi tengkurap menjadi sangat tidak nyaman karena anda harus menyokong paha dengan bantal untuk dapat tidur tengkurap karena perut yang mulai membesar.

Jika saat ini anda sedang hamil dan masih belum benar dalam posisi tidur anda. Mulai dari sekarang perbaiki posisi tidur anda demi kenyamanan dan kesehatan janin anda.




#Tidur
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






2 jam yang lalu

Ini Dia Tanda - Tanda Tubuh Alami Dehidrasi

Wartakesehatan.com - Rata-rata tubuh memerlukan air putih sebanyak 8 gelas per hari. Meski begitu, tidak sedikit orang yang..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Mengkonsumsi Air Putih Saat Perut Kosong Ini Manfaatnya

Wartakesehatan.com - Berdasarkan penelitian mengonsumsi air putih secara rutin dalam kadar yang telah ditentukan dapat..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Lemak Salmon Dapat Mencegah Terjadinya Kanker

Wartakesehatan.com - Tahukah anda bahwa daging salmon juga sangat bermanfaat bagi peremajaan kulit. Dr Rachel Nazarian,..
5 jam yang lalu

Tidur Miring Mencegah Penyakit Maag

Wartakesehatan.com -  Banyak orang justru mengalami masalah kesehatan, ketika mereka mulai mengalami kesulitan..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Anda Wajib Hindari Beberapa Kesalahan Kesehatan Ini

Wartakesehatan.com - Sangat penting untuk menjaga kesehatan untuk mencegah penyakit tertentu. Sudah menerapkan gaya hidup..
7 jam yang lalu

Ini Dia Beberapa Manfaat Tidur Siang Saat Puasa

Wartakesehatan.com - Para ahli mengungkapkan jika tidur siang memiliki banyak manfaat kesehatan. Manfaat tersebut salah satunya..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Tidur Siang bisa Tingkatkan Mood

Wartakesehatan.com - Studi membuktikan, tidur siang bermanfaat bagi kesehatan. Nyatanya, studi yang memberitakan dalam..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

5 Langkah Hindari Terjadinya Pikun

Wartakesehatan.com - Pikun terjadi akibat adanya kerusakan pada sel-sel otak yang membuat kemampuan komunikasi antar..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Puasa Bermanfaat Penting bagi Kesehatan Paru-paru

Wartakesehatan.com - Saat sedang menjalankan puasa  ternyata memiliki banya manfaat untuk kesehatan tubuh. Tapi..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Buka Puasa dengan Kurma bisa Cegah Diare

Wartakesehatan.com - Selain rasanya yang manis alami, kurma juga memiliki banyak manfaat kesehatan selama berpuasa lho. Salah..

+Indeks