3 Posisi Tidur yang tepat bagi Ibu Hamil

Oleh : Dirk Christ | Jumat, 24 Pebruari 2017 | 12:05 WIB


(Ist)

Wartakesehatan.com – Seperti yang kita tahu bahwa tidur sangat baik bagi kesehatan namun posisi tidur menentukan kenyamanan dan kesehatan tubuh. Untuk itu mementukan posisi tidur itu penting apalagi bagi para ibu hamil. Jika masih ada yang bingung menentukan posisi tidur yang baik saat hamil.

Berikut posisi tidur yang baik saat hamil.

Tidur Dengan Posisi Terlentang

Posisi ini di anjurkan setelah kehamilan 16 minggu ibu hamil untuk tidak tidur terlentang, karena dengan tidur posisi terlentang Anda akan meletakan seluruh berat rahim ke bagian belakang, usus, dan vena cava inferior. Tidur posisi terlentang juga dapat meningkatkan resiko sakit pinggang, wasir,dan gangguan pencernaan, dan mengganggu pernapasan dan sirkulasi. Posisi tidur terlentang pada trimester kedua dan ketiga juga dapat mempengaruhi tekanan darah. Untuk beberapa wanita, dapat menyebabkan penurunan darah yang membuat mereka merasa pusing, untuk yang lain malah meningkatkan tekanan darah. Pada kasus kehamilan dengan tekanan darah tinggi, tidur pada posisi terlentang sangat tidak dianjurkan.

Tidur Dengan Posisi Miring

Lalu posisi tidur yang bagaimanakah yang terbaik? Sampai saat ini belum ada penelitian lebih lanjut tentang posisi tidur yang aman untuk wanita hamil. Tapi sangat dianjurkan setelah kehamilan   16 minggu, sebaiknya ibu hamil tidur dengan posisi miring ke sebelah kiri, karena posisi ini memberi keuntungan untuk bayi anda untuk mendapatkan aliran darah dan nutrisi yang maksimal ke  plasenta karena adanya vena besar (vena cava inferior ) dibagian belakang sebelah kanan svina yang mengembalikan aliran darah ke tubuh bagian bawah ke jantung. yang juga dapat membantu ginjal untuk membuang sisa produk dan cairan dari tubuh ibu sehingga mengurangi pembengkakan pada kaki, pegelangan kaki dan tangan. Sebaiknya ketika tidur dengan posisi miring gunakan bantal diantara dengkul anda dan satu di punggung anda. Atau anda dapat membeli khusus bantal ibu hamil

Tidur Dengan Posisi Tengkurap

Posisi ini sebenarnya cukup aman untuk ibu hamil. Tapi biasanya pasca kehamilan trimester pertama, karena adanya pembesaran payudara dan juga rangsang payudara yang lebih sensitif akan menimbulkan ketidaknyamanan untuk tidur tengkurap. Dan pada saat di mana perut anda sudah mulai membesar (awal 14 minggu) tidur dengan posisi tengkurap menjadi sangat tidak nyaman karena anda harus menyokong paha dengan bantal untuk dapat tidur tengkurap karena perut yang mulai membesar.

Jika saat ini anda sedang hamil dan masih belum benar dalam posisi tidur anda. Mulai dari sekarang perbaiki posisi tidur anda demi kenyamanan dan kesehatan janin anda.




#Tidur
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Tomat Mrncegah Kanker dan Menyehatkan Jantung

Wartakesehatan.com - Seringkali tomat juga diolah menjadi minuman, seperti jus atau untuk tambahan bahan salad. Seperti yag..
3 hari yang lalu

Tidur Mangap Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Tidur nyenyak memang menjadi keinginan banyak orang, karena tidak semua orang bisa tertidur..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Ini Dia Yang Menpengaruhi Kualitas Kesehatan Anda

Wartakesehatan.com -  Banyak hal yang dapat mempengaruhi kualitas kesehatan seseorang. Diantaranya ada enam faktor utama..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Sayur dan Buah Merah Baik untuk Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan.com  - Sayur dan buah-buahan yang berwarna merah mampu membantu mengubah karbohidrat, protein, dan lemak,..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Rajin Membaca Dapat Memperbaiki Kualitas Tidur

Wartakesehatan.com - Sebuah penelitian menemukan, jika orang yang rutin membaca menunjukkan memiliki tingkat stres dan depresi..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Tidur Telanjang Membantu Kehidupan Seksual

Wartakesehatan.com - Ada lima keuntungan utama yang bisa didapatkan dengan membiasakan tidurtanpa busana, yakni..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Benarkah Mayones Tak Selalu Baik untuk Kesehatan

Wartakesehatan.com - Pakar medis mengklaim bahwa mayones tidak sehat karena faktanya mengonsumsi mayones itu bisa menambah..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Darah Haid yang Sedikit Perlu Diwaspadai

Wartakesehatan.com - Umumnya, seseorang akan mengalami menstruasi selama 5 sampai 8 hari. Namun, beberapa orang mungkin akan..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Lobak Mengandung Vitamin dan Kaya Mineral

Wartakesehatan.com - Diketahui bahwa lobak memiliki jumlah kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan kentang. Dan,..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Susu Melindungi Kita dari Penyakit Kardiovaskular

Wartakesehatan.com - Susu juga memberikan khasiat lain pada tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat rutin konsumsi susu tiap..

+Indeks