5 Cara Mudah Atasi Keracunan Makanan

Oleh : Venza | Jumat, 24 Pebruari 2017 | 16:00 WIB


IST

Wartakesehatan.com - Keracunan makanan biasanya tidak memerlukan pengobatan khusus dan orang yang mengalaminya akan pulih dengan sendirinya setelah beberapa hari. Karena gejala umum dari keracunan makanan adalah muntah dan diare, Anda harus berusaha untuk menghindari dehidrasi. Pastikan untuk minum banyak air untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang.

Anda disarankan untuk beristirahat secukupnya dan tetap mengonsumsi makanan ringan dan rendah berlemak. Agar gejala yang terjadi tidak bertambah buruk, hindari minuman keras, minuman berkafein, minuman bersoda, makanan pedas, dan makanan berlemak.

Jika gejala yang Anda alami bertambah parah dan berkelanjutan, dan kondisi tubuh rentan terhadap komplikasi yang lebih serius, maka terdapat kemungkinan Anda perlu mendapatkan pengobatan lebih lanjut. Tes dan diagnosis lebih lanjut juga akan diperlukan untuk mengetahui penyebab gejala yang dialami. Jika hasil tes menyatakan Anda terkena infeksi bakteri, Anda akan diberikan obat-obatan antibiotik untuk mengatasinya.

Center for Disease Control and Prevention memperkirakan bahwa 76 juta orang terkena sakit dari penyakit tersebut setiap tahunnya, yang mengakibatkan 325.000 dirawat dan 5.000 kematian.

Berikut adalah 5 cara mudah dan cepat untuk pengobatan di rumah, seperti dikutip Zeenews.com:

1. Jahe: Jahe adalah obat terkenal untuk berbagai masalah pencernaan. Sarat dengan senyawa anti-inflamasi ampuh, jahe mampu membantu menghilangkan mual dan gangguan lambung. Mengunyah sepotong jahe dan madu juga membantu meringankan mual yang parah. Teh jahe juga mengurangi kram perut dan menenangkan diri saat keracunan makanan.

2. Cumin (biji jintan): Tambahkan satu sendok makan hancuran biji jintan ke dalam sup untuk menenangkan peradangan pada perut Anda. Hancuran jintan yang dicampur dengan bubuk fenugreek dan segelas air atau setengah cangkir minyak kelapa sawit (crud) bisa membantu menyembuhkan sakit perut dan muntah. Biji jintan bermanfaat bagi sistem pencernaan karena membantu merangsang sekresi enzim pankreas, senyawa yang diperlukan untuk pencernaan dan asimilasi nutrisi.

3. Basil (daun kemangi): Basil merupakan obat rumah yang sangat baik untuk mengobati infeksi lambung karena bersifat anti-bakteri.

Meminum sari daun kemangi dan air saat perut kosong di pagi hari mampu meningkatkan daya pencernaan. Jus Basil juga membantu menghentikan muntah dengan segera. Saringlah jus dari daun kemangi dan tambahkan satu sendok makan madu untuk membuat obat instan.

Campurlah cincangan daun basil, garam laut dan satu shake lada hitam dengan tiga sendok makan minyak sawit. Minumlah ramuan ini sebanyak 3 kali sehari sampai Anda benar-benar sembuh dari keracunan makanan. Hal ini juga bisa menyembuhkan setiap kram atau masalah gas yang berkaitan dengan keracunan makanan.

4. Lemon: Tingkat keasaman jus lemon bisa membunuh mikroorganisme dan racun dalam saluran pencernaan.

Peraslah jeruk lemon dan tambahkan gula secukupnya, lalu diminum, atau Anda bisa menambahkan jeruk lemon untuk teh Anda. Dikarenakan asupan cairan sangat penting karena kehilangan banyak air melalui diare, meminum jus lemon dengan interval pendek bisa membantu Anda tetap terhidrasi.

5. Teh peppermint: Minyak peppermint bisa membantu meredakan gejala sindrom iritasi usus besar, termasuk gangguan pencernaan, dispepsia, dan kejang otot kolon. Hal ini sangat bermanfaat bagi orang yang menderita kejang perut akibat keracunan makanan. Tambahkan beberapa tetes minyak peppermint di teh, Anda bisa menghilangkan kram dalam beberapa jam




Fokus : Keracunan Makanan


#Kesehatan #Keracunan #Keracunan Makanan #Tips sehat #Mengatasi keracunan makanan
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 43 menit yang lalu

Waspada, Stres Pengaruhi Kesehatan Jantung

Wartakesehatan - Percaya atau tidak ternyata stres berkaitan dengan mengalami serangan jantung, hal ini ditemukan oleh..
Mamin - 12 jam yang lalu

Makanan Terbaik untuk Program Diet Anda

Wartakesehatan.com - Saat memilih jenis makanan, anda harus memilih makanan yang terutama mengandung serat lebih banyak,..
Obat & Penyakit - 13 jam yang lalu

Obati Batuk dan Flu dengan Kunyit

Wartakesehatan - Musim hujan yang datang tak menentu sering membawa bakteri dan virus yang bisa membuat kita mengalami..
Mamin - 14 jam yang lalu

Makanan Cepat Saji bisa Merusak Hormon

Wartakesehatan - Bila Anda ingin sehat, sebaiknya lupakan kesukaan mengonsumsi makanan cepat saji atau fast..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

Ini Dia Manfaat Konsumsi Buah Naga

Wartakesehatan.com - Buah naga termasuk dalam tanaman kaktus-kaktusan. Buah naga ada yang berwarna merah dan ada yang..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

Menangis Membuang Racun Pada Tubuh

Wartakesehatan.com - Air mata yang menetes berasal dari kelenjar lakrimal atau saluran air mata. Tak hanya untuk meluapkan..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Tidur Siang bisa Tingkatkan Sistem Kerja Otak

Wartakesehatan.com - Bagi para pekerja yang memiliki ritme beraktivitas mulai pagi hingga malam hari, tidur siang..
Warta Sehat - 19 jam yang lalu

4 Asupan Sehat Ini Ternyata picu Ngantuk Siang Hari

Wartakesehatan - Untuk membangkitkan semangat tubuh, mungkin kita bisa memanfaatkan khasiat dengan mengkonsumsi beberapa..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

Mulai Memasuki Masa Menopause, Ini Ciri-cirinya

Wartakesehatan.com - Menurut penelitian, wanita yang akan memasuki masa menopause akan dimulai dengan tanda terjadinya:-..
Ibu & Anak - 21 jam yang lalu

Alasan Ilmiah Ibu Hamil Dilarang Merokok

Wartakesehatan.com - Wanita hamil dilarang konsumsi jamu, tidak boleh olahraga terlalu berat, tidak boleh terlalu capek dan..

+Indeks