Inilah 5 Kategori Award Kesehatan 2017 yang Siap Direbutkan

Oleh : Irawan Mohamad | Sabtu, 25 Pebruari 2017 | 10:34 WIB


Dr.dr. Supriyanto, SpP, MARS, dalam suatu diskusi.

Wartakesehatan.com - Sebagai negara yang besar, bukan berarti Indonesia menjadi negara yang luput dari berbagai macam permasalahan alam. Dari gempa bumi, banjir, hingga gunung meletus merupakan bencana alam yang pernah dan masih sering terjadi di beberapa daerah. Bahkan, kejadian ini telah menyumbang korban jiwa yang tidak sedikit. 

Sebagai garda terdepan dalam memberikan pertolongan kemanusiaan, dunia pelayanan kesehatan baik dari layanan infrastruktur, alat kesehatan dan lain sebagainya tentunya menjadi penyumbang yang amat berharga dalam menangani setiap permasalahan disetiap kejadian. Untuk itu, pemberian penghargaan diharapkan dapat menjadi penggiat prestasi dikemudian hari dalam peningkatan layanan.

Indonesia Healthcare Forum (IndoHCF), berinisiatif memberikan penghargaan yang terbagi dalam beberapa kategori dalam dunia kesehatan yang dikemas dalam IndoHCF Innovation Award 2017.

Berikut adalah kategori-kategori yang akan menerima penghargaan pada IndoHCF Innovation Award:

Inovasi SPGDT (Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu) Pra-RS

Pemberian penghargaan kepada Pemda Kabupaten/Kota yang melakukan inovasi dalam pengembangan/penguatan Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu mulai dari lokasi kejadian sampai dengan dibawa ke rumah sakit. Bertujuan untuk mendukung percepatan integrasi SPGDT Pra-RS di suatu daerah.

Inovasi Program KIA (Kesehatan Ibu dan Anak)

Pemberian penghargaan kepada Pemda Kabupaten/Kota yang melakukan inovasi dalam upaya peningkatan kesehatan Ibu dan Anak yang sudah diimplementasikan dan dapat diukur keberhasilannya. Bertujuan untuk percepatan tercapainya peningkatan kesehatan Ibu & Anak khususnya dalam upaya menurunkan angka stunting, morbiditas dan mortalitas.

Inovasi Alat Kesehatan

Pemberian penghargaan kepada individu/institusi/kelompok yang melakukan inovasi/temuan di bidang alat kesehatan yang tepat guna dan berdaya guna. Bertujuan untuk mendorong peningkatan produksi alat kesehatan dalam negeri yang berkualitas.

Inovasi E-Health

Pemberian penghargaan kepada individu/institusi/kelompok yang melakukan inovasi/temuan ICT (Information & Communication Technology) di bidang kesehatan. Bertujuan untuk mendorong pengembangan ICT di bidang kesehatan baik dalam upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif.

Inovasi Seni Kreasi Promosi Kesehatan

Pemberian penghargaan kepada individu/institusi/kelompok yang melakukan inovasi/kreasi seni pertunjukan (dalam bentuk kreasi tarian atau parodi) dengan tema promosi kesehatan. Bertujuan untuk mendorong pengembangan kreativitas dalam mengkomunikasikan program promosi kesehatan kepada masyarakat.

Ketua Umum IndoHCF Dr. dr. Supriyanto SpP, MARS, menjelaskan, dasar pemilihan lima kategori tersebut didasarkan pada pelbagai isu kesesehatan saat ini. Sebut saja terkait SPGDTbahwa prosentase angka kematian akibat kecelakaan lalu lintas masih menjadi yang tertinggi di Indonesia. Isu kedua adalah bahwa angka kematian ibu dan bayi juga masih tinggi.

Di sisi lain, jelas Supriyantoro produk alat kesesehatan dalam negeri baru mampu memenuhi 10 persen dari kebutuhan yang ada. Selanjutnya, terkait e-health, perkembangan IT yang pesat dengan banyaknya inovasi di bidang kesehatan di kalangan muda, perlu didorong dan diapresiasi pencapainnya. Sementara itu, di era JKN saat ini, masih juga dirasakan biaya kesehatan yang tinggi, dan bahkan BPJS Kesehatan selalu defisit. Salah satu mata rantai penting untuk menekan hal tersebut adalah dengan meningkatkan inovasi di bidang kesehatan.

“Untuk itu perlu juga dilakukan Seminar, danWorkshop serta Award, yang tujuan jangka panjangnya adalah bahwa, berkembangnya kemampuan pelaku industri kesehatan, baik dari penyediaan alat, farmasi, hingga pelayanan kesehatan akan semakin optimal sehingga kualitas kesehatan masyarakat Indonesia, juga untuk mewujudkan kemandirian produk kesehatan," ujarnya dalam konferensi pers beberapa waktu lalu di Jakarta.

Selain itu, Supriyantoro menilai, Indonesia harus segera meningkatkan pengembangan teknologi terutama dalam pengembangan bahan baku obat, sediaan biologi, serta alat kesehatan berteknologi tinggi agar meningkatkan daya saing industri kesehatan.

“Banyak aspek yang harus ditangani dalam pelaksanaan pembangunan kesehatan terutama peningkatan derajat kesehatan masyarakat Indonesia melalui upaya prefentif, promotif, uratif, dan rehabilitatif. Semoga dengan diadakannya IndoHCF Innovation Award dapat menjadi salah satu pendorong untuk meningkatnya kualitas industri kesehatan di Indonesia,” pungkas Supriyantoro.




Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Liputan Khusus - 6 hari yang lalu

Idul Adha 1441 H : Masjid Baiturrahman & Al-Islam Cipayung Ikuti Protokol Kesehatan

Wartakesehatan.com - Dalam menjalankan rangkaian ibadah Idul Adha 1441 H/2020 M pada tahun ini sangat berbeda sekali dari..
Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

Lurah Cipayung Tinjau Penerapan Protokol Kesehatan Saat Idul Adha 1441 H/2020

Wartakesehatan.com - Masih tingginya penyebaran wabah Covid-19 di wilayah DKI Jakarta menjadi perhatian bagi pemangku kebijakan..
Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

Masjid Nurul Hikmah Terapkan Protokol Kesehatan & Konsisten Jaga Kualitas Daging Qurban

Wartakesehatan.com - Rangkaian pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1441 H/2020 pada tahun ini sangat dipengaruhi dengan situasi..
Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

Daging Qurban Masjid Al Falah Terpantau & Terapkan Protokol Kesehatan

Pelaksanaan pemotongan hewan qurban di Masjid Al Falah Cipayung Jakarta Timur.
Herbal - 3 minggu yang lalu

Kelompok Usia Produktif Waspadai PTM

Wartakesehatan.com -- Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan menunjukkan bahwa saat ini perkembangan Penyakit Tidak..
Herbal - 3 minggu yang lalu

Cegah Virus dengan Herbal

Wartakesehatan.com - Antivirus corona berbasis tanaman eucalyptus belakangan ini ramai diperbincangkan. Potensi antivirus..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

Menkes Sebut Meniran Hijau untuk Penanggulangan Covid-19

Wartakesehatan.com - Menteri Kesehatan Terawan patut diberikan apreasiasi dengan sebutan bapak Herbal karena mendukung Obat..
Warta Sehat - 4 minggu yang lalu

Awas! Protokol Kesehatan Anak di Sekolah Bisa Jadi Cluster Baru

Wartakesehatan.com - Banyak pihak yang meminta pemerintah menunda untuk melaksanan kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah..
Warta Sehat - 4 minggu yang lalu

Cegah Penularan Droplet dengan Masker di Mana Saja

Wartakesehatan.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengakui munculnya bukti-bukti yang melihat virus Corona COVID-19 bisa..
Warta Sehat - 1 bulan yang lalu

Waspadai Droplet di Ruangan tertutup

Wartakesehatan.com - New Normal membuat sebagian kantor-kantor buka dan para karyawan kembali bekerja sedia kala, namun masih..

+Indeks