Wow, 9 Makanan ini Ampuh Lawan Nyeri saat Haid

Oleh : Dirk/CNN | Senin, 02 Juli 2018 | 13:05 WIB


(Ist)

Wartakesehatan.com - Nyeri haid datang setiap bulan sekali yang di alami kaum hawa. Bagi yang sanggup beraktivitas pun pasti tak maksimal karena sakit yang menyiksa bisa mengganggu pikiran dan menguras tenaga. Kadang obat pun dipilih sebagai penawar demi keberlangsungan produktivitas. 

Jika Anda sedang mengalami nyeri datang bulan, jangan terburu-buru memilih obat sebagai jalan keluar. Ada cara alami yang bisa meredakan nyeri datang bulan Anda. 

Ternyata, ada beberapa makanan yang bisa dikonsumsi selama datang bulan untuk meringankan rasa sakit, kembung dan ketidaknyamanan pada perut Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah memasukkan makanan tersebut ke dalam menu Anda terutama selama hari-hari menstruasi. 

Dilansir dari Boldsky, berikut beberapa makanan yang bisa membantu Anda melawan nyeri menstruasi. 

1. Air putih
Jangan pernah meremehkan kualitas minuman alami dan menyegarkan ini. Selama menstruasi pastikan Anda mengonsumsi banyak air.

Dengan mengonsumsi dua liter air setiap hari akan membuat Anda terhidrasi dengan baik dan membawa keseimbangan dalam tubuh Anda. Selain itu, jika Anda penggemar teh atau kopi, kurangi konsumsinya karena minuman berkafein hanya menambahkan ketidaknyamanan perut Anda. 

2. Pisang
Pisang merupakan salah satu sumber terbaik potasium. Buah berkulit kuning ini juga kaya akan vitamin B dan melancarkan buang air besar. 

Ketika menstruasi makanlah 1-2 pisang setiap hari untuk mendapatkan manfaatnya serta melawan rasa nyeri. Anda juga bisa membuatnya menjadi smoothie pisang untuk mendapatkan manfaat ganda dari kalsiumnya. 

3. Buah berry
Raspberry, cranberry, stroberi, blueberry, ceri merupakan buah-buah yang sangat lezat dan sehat untuk dikonsumsi selama masa menstruasi. Konsumsilah satu di antara beberapa buah tersebut setiap kali Anda merasa sakit dan butuh penyegaran. 

4. Kalsium
Konsumsilah kalsium dalam bentuk apapun yang Anda inginkan, baik itu susu atau non-susu. Anda pun dapat mengonsumsi yoghurt, buttermilk dan keju. Selain itu ada juga brokoli dan kol. 

5. Cokelat
Adanya kandungan kafein dan banyaknya gula dalam cokelat membuat makanan ini diperdebatkan untuk dikonsumsi saat menstruasi. Tapi ternyata, cokelat juga bisa memberikan manfaat. 

Jika Anda mengonsumsi cokelat hitam, Anda akan mendapatkan dosis magnesium yang cukup dan dibutuhkan selama menstruasi. 

Selain itu, cokelat juga mampu memicu produksi serotonin. Hal ini dapat membantu meningkatkan suasana hati Anda selama masa sulit menstruasi. 

6. Sayuran hijau
Manfaat sayuran hijau sudah tak bisa dielakkan lagi. Sayuran hijau pun ternyata juga bermanfaat sebagai makanan pereda nyeri menstruasi. 

Sayuran hijau merupakan sumber zat besi terbaik yang diperlukan tubuh ketika menstruasi. Anda bisa mengonsumsinya dalam keadaan mentah atau bisa dimasak. 

7. Ikan
Jika Anda menyukai ikan Anda pasti akan menyukai makan tuna dan salmon selama masa menstruasi Anda. Kedua ikan yang kaya akan omega 3 dan memainkan peran membantu dalam relaksasi otot-otot. Hal ini sangat diperlukan selama kram menyiksa perut Anda. 

8. Daging merah
Seperti yang Anda ketahui selama menstruasi Anda kehilangan banyak darah. Ini berarti bahwa menu makan Anda saat menstruasi harus mencakup sumber zat besi dan itu bisa Anda dapatkan dari daging. 

Jika Anda menyukai daging merah ini adalah waktu yang tepat untuk memanjakan diri jika sebelumnya selalu saja ada alasan untuk menghindari daging. 

9. Kacang dan biji
Saat perut tidak nyaman dan sakit akibat menstruasi, beberapa perempuan lebih suka ngemil. Alih-alih makan gorengan atau snack lainnya, konsumsilah kacang-kacangan dan biji-bijian.

Kacang-kacangan dan biji-bijian sarat dengan vitamin dan juga mengenyangkan. Tapi konsumsilah yang tidak mengandung gula, garam atau manisan.

Selain mengonsumsi makanan yang tepat selama menstruasi, Anda juga dapat mencoba untuk olahraga teratur demi menjaga tubuh tetap bugar. Tubuh yang selalu dibawa berolahraga akan lebih siap menghadapi serangan nyeri saat menstruasi. 




Fokus : Haid


#Makanan #Menstrusi
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 bulan yang lalu

Tomat Mrncegah Kanker dan Menyehatkan Jantung

Wartakesehatan.com - Seringkali tomat juga diolah menjadi minuman, seperti jus atau untuk tambahan bahan salad. Seperti yag..
1 bulan yang lalu

Tidur Mangap Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Tidur nyenyak memang menjadi keinginan banyak orang, karena tidak semua orang bisa tertidur..
Warta Sehat - 1 bulan yang lalu

Ini Dia Yang Menpengaruhi Kualitas Kesehatan Anda

Wartakesehatan.com -  Banyak hal yang dapat mempengaruhi kualitas kesehatan seseorang. Diantaranya ada enam faktor utama..
Warta Sehat - 1 bulan yang lalu

Sayur dan Buah Merah Baik untuk Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan.com  - Sayur dan buah-buahan yang berwarna merah mampu membantu mengubah karbohidrat, protein, dan lemak,..
Warta Sehat - 1 bulan yang lalu

Rajin Membaca Dapat Memperbaiki Kualitas Tidur

Wartakesehatan.com - Sebuah penelitian menemukan, jika orang yang rutin membaca menunjukkan memiliki tingkat stres dan depresi..
Warta Sehat - 1 bulan yang lalu

Tidur Telanjang Membantu Kehidupan Seksual

Wartakesehatan.com - Ada lima keuntungan utama yang bisa didapatkan dengan membiasakan tidurtanpa busana, yakni..
Warta Sehat - 1 bulan yang lalu

Benarkah Mayones Tak Selalu Baik untuk Kesehatan

Wartakesehatan.com - Pakar medis mengklaim bahwa mayones tidak sehat karena faktanya mengonsumsi mayones itu bisa menambah..
Warta Sehat - 1 bulan yang lalu

Darah Haid yang Sedikit Perlu Diwaspadai

Wartakesehatan.com - Umumnya, seseorang akan mengalami menstruasi selama 5 sampai 8 hari. Namun, beberapa orang mungkin akan..
Warta Sehat - 1 bulan yang lalu

Lobak Mengandung Vitamin dan Kaya Mineral

Wartakesehatan.com - Diketahui bahwa lobak memiliki jumlah kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan kentang. Dan,..
Warta Sehat - 1 bulan yang lalu

Susu Melindungi Kita dari Penyakit Kardiovaskular

Wartakesehatan.com - Susu juga memberikan khasiat lain pada tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat rutin konsumsi susu tiap..

+Indeks