IndoHCF Siap Fasilitasi Produk Inovasi Anak Bangsa

Oleh : Irawan Mohamad | Rabu, 25 April 2018 | 23:50 WIB


Ketua Umum Indonesia Healthcare Festival (IndoHCF) Dr. dr. Supriyanto SpP, MARS (nomor dua dari kiri) berfoto bersama saat press conference Indonesia Healthcare Festival (IndoHCF) Innovation Awards 2017, di Jakarta beberapa waktu lalu.

Wartakesehatan.com – Teknologi anak bangsa selama ini dipandang sebelah mata. Dari produk yang katanya kurang matang, hingga teknologi jiplakkan negara luar. Kemampuan anak negeri dalam melakukan inovasi dalam bidang teknologi, seharusnya patut di fasilitasi dan diberikan afresiasi yang tinggi. Kerena dengan itu, semangat akan membangun negeri dengan tangan-tangan terampilnya akan berbuah manis, yang tentunya akan menjadi kebanggan bangsa.

Seperti yang disampaikan oleh Ketua Umum Indonesia Healthcare Festival (IndoHCF) Dr. dr. Supriyanto SpP, MARS, dia mengatakan perkembangn inovasi saat ini sudah cukup banyak dilakukan oleh anak-anak bangsa. “Justru pelaksanaan IndoHCF dilakukan, karena kami melihat di lapangan terutama saat saya aktif bertugas, saat berkunjung ke daerah-daerah ternyata banyak orang melakukan inovasi-inovasi. Tetapi inovasi itu tidak terinformasikan dan kemudian tidak bisa dicontoh orang lain. Jadi hanya dipakai untuk kalangan sendiri saja. Kalau dilihat hasilnya bagus, baik dari segi program, maupun dari segi alat kesehatan,” ungkapnya kepada wartakesehatan.com, beberapa waktu lalu di Jakarta, sesaat temu media dalam rangka pembukaan ajang Indo HCF, di Jakarta.

Dia mencotohkan bagaimana saat dirinya melakukan kunjungan ke daerah tertinggal yang hanya memiliki tempat tidur biasa, ternyata para pekerjanya melakukan inovasi dengan mengkombinasikan dongkrak, yang akhirnya menjadi suatu tempat tidur yang bisa diturun naikkan.

“Itukan merupakan inovasi yang patut kita hargai. Jadi memang banyak inovasi di Indonesia, apalagi saat ini banyak sekali sesuatu yang inovatif. Dimana setelah mereka berkarya akan dikemanakan karya mereka ini. Nah wadah ini diharpkan mampu menjadi wadah untuk menyalurkan alat itu bisa di register, sehingga kami bisa perkenalkan kepada produsen yang membutuhkan. Mereka dapat melihat inovasi-inovasi yang mungkin mereka butuhkan. Jadi peran dari kegiatan ini bukan sekedar menjadi ajang lomba, namun sekaligus menjembatani atau menghubungkan antara mereka yang berinovasi dengan mereka yang bisa mengembangkan dan dapat mendistribusikannya,” papar pria yang juga penggagas program e catalog ini.

Rekomendasikan Kepada Pemerintah

Pelaksanaan IndoHCF diakuinya mendorong sekali kepada pihak pemerintah, bahkan kegiatan ini juga melibatkan Kementrian Kesehatan, contohnya untuk para juri dan kriteria lomba.

“Saya berbicara dengan kawan-kawan dari Kemenkes, kriteria yang kita buat, kriteria yang sejalan dengan peraturan pemerintah. Jadi jangan sampai nanti membuat kriteria beda, hasil bagus namun ada yang bertolak belakang dengan peraturan pemerintah. Berbagai kriteria lomba dan juri kita masukkan unsur dari Kementrian kesehatan sehingga apa yang kami anggap bagus dapat juga dianggap bagus oleh pemerintah,” katanya.

Diakhir wawancara, Dr. dr. Supriyanto, menyampaikan harapannya melalui IndoHCF akan muncul produk yang berkualitas yang dapat meningkatkan palayanan masyarakat dan dapat terdeteksi dan itu akan mampu diproduksi di dalam negeri. Demikian juga untuk program ibu dan anak, akan muncul dengan program hasil inovasi ini.

“Saya sudah membayangkan di mana saat final akan muncul satu produk apapun yang akan menjadi nilai tambah untuk dikembangkan ke depan. Karena nanti mereka yang masuk ke final, produk-produk mereka akan kami masukkan ke ajang expo,” pungkasnya.




Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Liputan Khusus - 6 hari yang lalu

Idul Adha 1441 H : Masjid Baiturrahman & Al-Islam Cipayung Ikuti Protokol Kesehatan

Wartakesehatan.com - Dalam menjalankan rangkaian ibadah Idul Adha 1441 H/2020 M pada tahun ini sangat berbeda sekali dari..
Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

Lurah Cipayung Tinjau Penerapan Protokol Kesehatan Saat Idul Adha 1441 H/2020

Wartakesehatan.com - Masih tingginya penyebaran wabah Covid-19 di wilayah DKI Jakarta menjadi perhatian bagi pemangku kebijakan..
Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

Masjid Nurul Hikmah Terapkan Protokol Kesehatan & Konsisten Jaga Kualitas Daging Qurban

Wartakesehatan.com - Rangkaian pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1441 H/2020 pada tahun ini sangat dipengaruhi dengan situasi..
Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

Daging Qurban Masjid Al Falah Terpantau & Terapkan Protokol Kesehatan

Pelaksanaan pemotongan hewan qurban di Masjid Al Falah Cipayung Jakarta Timur.
Herbal - 3 minggu yang lalu

Kelompok Usia Produktif Waspadai PTM

Wartakesehatan.com -- Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan menunjukkan bahwa saat ini perkembangan Penyakit Tidak..
Herbal - 3 minggu yang lalu

Cegah Virus dengan Herbal

Wartakesehatan.com - Antivirus corona berbasis tanaman eucalyptus belakangan ini ramai diperbincangkan. Potensi antivirus..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

Menkes Sebut Meniran Hijau untuk Penanggulangan Covid-19

Wartakesehatan.com - Menteri Kesehatan Terawan patut diberikan apreasiasi dengan sebutan bapak Herbal karena mendukung Obat..
Warta Sehat - 4 minggu yang lalu

Awas! Protokol Kesehatan Anak di Sekolah Bisa Jadi Cluster Baru

Wartakesehatan.com - Banyak pihak yang meminta pemerintah menunda untuk melaksanan kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah..
Warta Sehat - 4 minggu yang lalu

Cegah Penularan Droplet dengan Masker di Mana Saja

Wartakesehatan.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengakui munculnya bukti-bukti yang melihat virus Corona COVID-19 bisa..
Warta Sehat - 1 bulan yang lalu

Waspadai Droplet di Ruangan tertutup

Wartakesehatan.com - New Normal membuat sebagian kantor-kantor buka dan para karyawan kembali bekerja sedia kala, namun masih..

+Indeks