IndoHCF Siap Fasilitasi Produk Inovasi Anak Bangsa

Oleh : Irawan Mohamad | Rabu, 25 April 2018 | 23:50 WIB


Ketua Umum Indonesia Healthcare Festival (IndoHCF) Dr. dr. Supriyanto SpP, MARS (nomor dua dari kiri) berfoto bersama saat press conference Indonesia Healthcare Festival (IndoHCF) Innovation Awards 2017, di Jakarta beberapa waktu lalu.

Wartakesehatan.com – Teknologi anak bangsa selama ini dipandang sebelah mata. Dari produk yang katanya kurang matang, hingga teknologi jiplakkan negara luar. Kemampuan anak negeri dalam melakukan inovasi dalam bidang teknologi, seharusnya patut di fasilitasi dan diberikan afresiasi yang tinggi. Kerena dengan itu, semangat akan membangun negeri dengan tangan-tangan terampilnya akan berbuah manis, yang tentunya akan menjadi kebanggan bangsa.

Seperti yang disampaikan oleh Ketua Umum Indonesia Healthcare Festival (IndoHCF) Dr. dr. Supriyanto SpP, MARS, dia mengatakan perkembangn inovasi saat ini sudah cukup banyak dilakukan oleh anak-anak bangsa. “Justru pelaksanaan IndoHCF dilakukan, karena kami melihat di lapangan terutama saat saya aktif bertugas, saat berkunjung ke daerah-daerah ternyata banyak orang melakukan inovasi-inovasi. Tetapi inovasi itu tidak terinformasikan dan kemudian tidak bisa dicontoh orang lain. Jadi hanya dipakai untuk kalangan sendiri saja. Kalau dilihat hasilnya bagus, baik dari segi program, maupun dari segi alat kesehatan,” ungkapnya kepada wartakesehatan.com, beberapa waktu lalu di Jakarta, sesaat temu media dalam rangka pembukaan ajang Indo HCF, di Jakarta.

Dia mencotohkan bagaimana saat dirinya melakukan kunjungan ke daerah tertinggal yang hanya memiliki tempat tidur biasa, ternyata para pekerjanya melakukan inovasi dengan mengkombinasikan dongkrak, yang akhirnya menjadi suatu tempat tidur yang bisa diturun naikkan.

“Itukan merupakan inovasi yang patut kita hargai. Jadi memang banyak inovasi di Indonesia, apalagi saat ini banyak sekali sesuatu yang inovatif. Dimana setelah mereka berkarya akan dikemanakan karya mereka ini. Nah wadah ini diharpkan mampu menjadi wadah untuk menyalurkan alat itu bisa di register, sehingga kami bisa perkenalkan kepada produsen yang membutuhkan. Mereka dapat melihat inovasi-inovasi yang mungkin mereka butuhkan. Jadi peran dari kegiatan ini bukan sekedar menjadi ajang lomba, namun sekaligus menjembatani atau menghubungkan antara mereka yang berinovasi dengan mereka yang bisa mengembangkan dan dapat mendistribusikannya,” papar pria yang juga penggagas program e catalog ini.

Rekomendasikan Kepada Pemerintah

Pelaksanaan IndoHCF diakuinya mendorong sekali kepada pihak pemerintah, bahkan kegiatan ini juga melibatkan Kementrian Kesehatan, contohnya untuk para juri dan kriteria lomba.

“Saya berbicara dengan kawan-kawan dari Kemenkes, kriteria yang kita buat, kriteria yang sejalan dengan peraturan pemerintah. Jadi jangan sampai nanti membuat kriteria beda, hasil bagus namun ada yang bertolak belakang dengan peraturan pemerintah. Berbagai kriteria lomba dan juri kita masukkan unsur dari Kementrian kesehatan sehingga apa yang kami anggap bagus dapat juga dianggap bagus oleh pemerintah,” katanya.

Diakhir wawancara, Dr. dr. Supriyanto, menyampaikan harapannya melalui IndoHCF akan muncul produk yang berkualitas yang dapat meningkatkan palayanan masyarakat dan dapat terdeteksi dan itu akan mampu diproduksi di dalam negeri. Demikian juga untuk program ibu dan anak, akan muncul dengan program hasil inovasi ini.

“Saya sudah membayangkan di mana saat final akan muncul satu produk apapun yang akan menjadi nilai tambah untuk dikembangkan ke depan. Karena nanti mereka yang masuk ke final, produk-produk mereka akan kami masukkan ke ajang expo,” pungkasnya.




Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Mamin - 9 jam yang lalu

Banyak Keuntungan dari Konsumsi Air Hangat

Wartakesehatan.com - Mungkin banyak orang lebih memilih mengonsumsi air dingan ketimbang air hangat apalagi dikalangan..
Herbal - 10 jam yang lalu

Mengonsumsi 3 Makanan Ini Bisa Mempercepat Penyembuhan DBD

Wartakesehatan.com-jika saran pengobatan dari dokter dijalani secara benar, maka biasanya gejala demam berdarah akan mulai..
Ibu & Anak - 11 jam yang lalu

Alergi Susu Sapi Pada Bayi,Bisa Sebabkan Sesak Napas

Wartakesehatan.com-Ketika bayi sesak napas, banyak faktor yang mungkin menyebabkan terjadinya gangguan pada saluran pernapasan..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

Minyak Kanola, Si Penurun Kolesterol

Wartakesehatan.com - Selama ini kita hanya mengenal minyak zaitun yang bermanfaat bagi kesehatan. Kini beberapa orang..
Obat & Penyakit - 13 jam yang lalu

Deteksi Kanker Pankreas melalui Urine

Wartakesehatan.com - Kanker pankreas adalah salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia. Penyakit ini disebabkan..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Habisi Lemak dengan Olahraga

Wartakesehatan.com - Begitu mendengar kata lemak, banyak orang bakal langsung berpikir negatif. Hal itu membuat banyak..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Konsumsi Jeruk Berlebihan, Awas Diabetes!!

Wartakesehatan.com - Beberapa makanan bisa menyebabkan diabetes atau  gula darah meningkat dan bisa menyebabkan..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

Wahana Visi Indonesia Ajak Korporasi Menjaga Kesehatan Sumber Daya Manusia Sebelum dan Saat Menghadapi Bencana

Wartakesehatan.com - Sumber Daya Manusia yang sehat dan bergizi baik merupakan salah satu faktor penentu kekuatan sebuah..
Obat & Penyakit - 16 jam yang lalu

Penyakit Infeksi Berpotensi pada Kematian

Wartakesehatan.com-Penyakit infeksi adalah masalah kesehatan yang disebabkan oleh organisme seperti virus, bakteri, jamur, dan..
Warta Sehat - 22 jam yang lalu

Ketahui, Dampak dari Masing-Masing Emosi

Wartakesehatan.com - Sebuah studi di Finlandia yang melibatkan 700 partisipan menunjukkan, emosi bisa memengaruhi kondisi..

+Indeks