Manfaat Melakukan Olahraga saat Hamil

Oleh : Dirk/tempo | Minggu, 19 Mei 2019 | 08:05 WIB


(Ist)

Wartakesehatan.com - College of Obstetri dan Ginekologi Amerika Serikat baru-baru ini menerbitkan penelitian tentang efek berolahraga selama kehamilan. Dalam riset mereka menyebutkan, berolahraga baik dilakukan selama masa kehamilan, asalkan tidak melakukan latihan yang keras. 

Olahraga yang ideal bagi ibu hamil yakni, berjalan, berenang dan peregangan ringan. Mereka disarankan melakukan olah tubuh sederhana selama 30 menit. Olahraga selama hamil bermanfaat bagi ibu dan bayi yang dikandungnya.

Bagi ibu hamil yang rajin melakukan olah tubuh, rata-rata bayi yang dilahirkannya nanti tidak akan mengalami kelebihan berat badan hingga usia 5 tahun. Hanya saja, jenis olahraga aerobik dianggap kurang tepat karena dapat memicu sakit punggung pada ibu.

Latihan yang disarankan untuk ibu hamil adalah yang fokus pada perut bagian bawah. Cegahlah latihan fisik yang menguras tenaga, seperti mengangkat beban berat di punggung karena membahayakan kondisi tubuh, terutama pada trimester kedua dan ketiga. Untuk olahraga berkuda dan bela diri, ibu hamil berisiko terjatuh dan tergelincir, sehingga tentu membahayakan janin..

Sebelum mennjalani olahraga tertentu, sebaiknya ibu hamil berkonsultasi ke dokter, terutama ibu yang mempunyai masalah tekanan darah, paru-paru, atau penyakit jantung. Berdasarkan data Cayuga Medical Centre, beberapa wanita hamil dapat mengalami gangguan kesehatan seperti diabetes, hipertensi. Konsultasi dengan dokter dapat menghindarkan risiko selama kehamilan.




Fokus : Olahraga


#Hamil
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Mamin - 11 jam yang lalu

Makanan yang bisa Atasi Insomnia

Wartakesehatan.com - Kekurangan tidur dapat menyebabkan berbagai masalah, mulai dari menurunnya kondisi mental dan juga..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

Bahanya 'Sleep Apnea' berujung Kematian

Wartakesehatan - Sleep Apnea Merupakan ganguan tidur yang menyebabkan nafas berhenti selama beberapa detik. Penyakit ini..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Pentingnya Mandi pada Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri masih banyak orang yang mengabaikan kebersihan tubuh atau bisa disebut dengan jarang..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Dampak Kurang Minum Air Putih Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Minimnya asupan air mineral, bisa berdampak pada kesehatan tubuh Anda lho. Tak hanya sembelit saja,..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Cara Mengetahui Kesehatan Rambut

Wartakesehatan.com - Penting sekali untuk mengetahui bagaimana perawatan rambut yang tepat sesuai jenis dan juga..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

7 Tips untuk Berhenti Merokok

Wartakesehatan - Beberapa perokok mungkin memiliki keinginan untuk berhenti merokok. Alasannya sederhana karena merokok..
Mamin - 17 jam yang lalu

Jaga Kesehatan Usus dengan 5 Makanan ini!

Wartakesehatan.com - Usus merupakan organ tubuh yang harus dijaga agar selalu sehat dan bekerja secara optimal. Usus..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Tips Tetap Sehat di Tempat Kerja

Wartakesehatan.com - Selain waktu yang banyak dihabiskan di kantor, gaya hidup tidak sehat, kurang olahraga dan sering..
Warta Sehat - 19 jam yang lalu

Cara Alami Ini Bisa Putihkan Gigi

Wartakesehatan.com - Hal yang satu ini mungkin aneh bagi masyarakat indonesia.Mencampurkan teh dengan sedikit susu..
Obat & Penyakit - 20 jam yang lalu

Sabun Anti Bakteri bisa atasi Bisul

Wartakesehatan - Bisul merupakan salah satu gangguan kulit yang umur terjadi. Bisul adalah benjolan merah pada kulit yang..

+Indeks