Tips Mencegah Penyakit Berbahaya Diusia Senja

Oleh : Dirk Christ | Sabtu, 28 April 2018 | 12:10 WIB


(Ist)

BACA JUGA :

    Wartakesehatan.com - Munculnya penyakit degeneratif, seperti diabetes, penyakit jantung, stroke, Alzheimer, sampai kanker. Kabar baiknya, kita bisa merasakan hari tua yang sehat dengan cara hidup lebih sehat mulai dari sekarang. 

    Riwayat keluarga memang ikut menentukan penyakit. Tapi menurut para ahli, yang lebih menentukan apakah kita akan mendapatkan penyakit ini atau tidak, adalah bagaimana cara hidup sekarang. Dengan kata lain, kendati pun genetik ikut berperan, kita tetap bisa mengendalikan kesehatan. Berikut, cara mencegah penyakit berbahaya yang sering muncul di usia senja:

    Diabetes tipe 2
    Dalam tubuh yang sehat, insulin mengangkut gula darah atau glukosa ke dalam sel-sel sehingga dapat diubah menjadi energi. Orang dengan diabetes tipe 2 punya satu dari dua masalah, yakni pankreasnya gagal mengeluarkan insulin atau pankreasnya mengeluarkan insulin tapi tubuh mengabaikannya. Jadi, biarpun kadar gula darah naik tinggi, sel-sel yang lapar tetap tak bisa menyerap glukosa. Lama kelamaan, keadaan ini dapat merusak jantung, ginjal, saraf, dan mata.

    Mengenali risiko
    Para pakar sekarang paham, diabetes ditentukan oleh berbagai gen, tapi belum diketahui yang mana. Peluang rata-rata  perempuan berumur 18 sampai 44 tahun terserang diabetes adalah 1 dari 48 orang. Di atas umur ini dapat melonjak menjadi satu di antara sembilan orang. Risiko meningkat dua kali lipat jika salah satu orangtua atau saudara kandung menderita diabetes sebelum 45 tahun dan meningkat empat kali jika kedua-duanya ada riwayat diabetes.

    Faktor yang dapat meningkatkan risiko
    Kelebihan berat badan dan tidak banyak bergerak adalah dua penyebab besar. Pada kenyataannya, 80 sampai 90 persen orang dewasa dengan diabetes mempunyai indeks massa tubuh di atas 25. Perempuan juga mempunyai beberapa faktor khusus. Orang yang menderita diabetes gestational, bayi super besar (lebih dari 4,5 kg), atau polycystic ovarian syndrome, yang sering disertai dengan resisten insulin, berisiko lebih tinggi terkena diabetes.

    Pencegahan

    -Berolahraga secara teratur dan terukur meningkatkan sensitivitas terhadap insulin, menurunkan kadar gula darah, dan menurunkan risiko diabetes sampai separuhnya.

    -Kurangi makan. Orang yang kelebihan berat badan dengan kondisi pradiabetes yang menurunkan hanya 5 sampai 7 persen dari berat badan mereka, berkemungkinan lebih kecil hingga separuhnya untuk terserang penyakit ini dibanding mereka yang minum obat pencegah diabetes.

    -Beli alat monitor denyut jantung.Dapatkan manfaat terbesar dari olahraga, dengan memastikan denyut jantung mencapai dan bertahan pada 60 sampai 85 persen denyut maksimum selama 30 menit, paling sedikit tiga kali seminggu. Untuk menghitung denyut jantung yang ditargetkan, kurangi 220 dengan umur. Kalikan hasilnya dengan 0,6 lalu dengan 0,85. Denyut jantung harus berada di antara kedua angka ini.




    Fokus : Usia


    #Penyakit
    Kontak Informasi Wartakesehatan
    PT. SIBER MEDIA ABADI

    Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
    Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
    Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

    Baca Juga

      Komentar






      Warta Sehat - 2 bulan yang lalu

      Tomat Mrncegah Kanker dan Menyehatkan Jantung

      Wartakesehatan.com - Seringkali tomat juga diolah menjadi minuman, seperti jus atau untuk tambahan bahan salad. Seperti yag..
      2 bulan yang lalu

      Tidur Mangap Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

      Wartakesehatan.com - Tidur nyenyak memang menjadi keinginan banyak orang, karena tidak semua orang bisa tertidur..
      Warta Sehat - 2 bulan yang lalu

      Ini Dia Yang Menpengaruhi Kualitas Kesehatan Anda

      Wartakesehatan.com -  Banyak hal yang dapat mempengaruhi kualitas kesehatan seseorang. Diantaranya ada enam faktor utama..
      Warta Sehat - 2 bulan yang lalu

      Sayur dan Buah Merah Baik untuk Kesehatan Tubuh

      Wartakesehatan.com  - Sayur dan buah-buahan yang berwarna merah mampu membantu mengubah karbohidrat, protein, dan lemak,..
      Warta Sehat - 2 bulan yang lalu

      Rajin Membaca Dapat Memperbaiki Kualitas Tidur

      Wartakesehatan.com - Sebuah penelitian menemukan, jika orang yang rutin membaca menunjukkan memiliki tingkat stres dan depresi..
      Warta Sehat - 3 bulan yang lalu

      Tidur Telanjang Membantu Kehidupan Seksual

      Wartakesehatan.com - Ada lima keuntungan utama yang bisa didapatkan dengan membiasakan tidurtanpa busana, yakni..
      Warta Sehat - 3 bulan yang lalu

      Benarkah Mayones Tak Selalu Baik untuk Kesehatan

      Wartakesehatan.com - Pakar medis mengklaim bahwa mayones tidak sehat karena faktanya mengonsumsi mayones itu bisa menambah..
      Warta Sehat - 3 bulan yang lalu

      Darah Haid yang Sedikit Perlu Diwaspadai

      Wartakesehatan.com - Umumnya, seseorang akan mengalami menstruasi selama 5 sampai 8 hari. Namun, beberapa orang mungkin akan..
      Warta Sehat - 3 bulan yang lalu

      Lobak Mengandung Vitamin dan Kaya Mineral

      Wartakesehatan.com - Diketahui bahwa lobak memiliki jumlah kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan kentang. Dan,..
      Warta Sehat - 3 bulan yang lalu

      Susu Melindungi Kita dari Penyakit Kardiovaskular

      Wartakesehatan.com - Susu juga memberikan khasiat lain pada tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat rutin konsumsi susu tiap..

      +Indeks