Tips Mencegah Penyakit Berbahaya Diusia Senja

Oleh : Dirk Christ | Sabtu, 28 April 2018 | 12:10 WIB


(Ist)

Wartakesehatan.com - Munculnya penyakit degeneratif, seperti diabetes, penyakit jantung, stroke, Alzheimer, sampai kanker. Kabar baiknya, kita bisa merasakan hari tua yang sehat dengan cara hidup lebih sehat mulai dari sekarang. 

Riwayat keluarga memang ikut menentukan penyakit. Tapi menurut para ahli, yang lebih menentukan apakah kita akan mendapatkan penyakit ini atau tidak, adalah bagaimana cara hidup sekarang. Dengan kata lain, kendati pun genetik ikut berperan, kita tetap bisa mengendalikan kesehatan. Berikut, cara mencegah penyakit berbahaya yang sering muncul di usia senja:

Diabetes tipe 2
Dalam tubuh yang sehat, insulin mengangkut gula darah atau glukosa ke dalam sel-sel sehingga dapat diubah menjadi energi. Orang dengan diabetes tipe 2 punya satu dari dua masalah, yakni pankreasnya gagal mengeluarkan insulin atau pankreasnya mengeluarkan insulin tapi tubuh mengabaikannya. Jadi, biarpun kadar gula darah naik tinggi, sel-sel yang lapar tetap tak bisa menyerap glukosa. Lama kelamaan, keadaan ini dapat merusak jantung, ginjal, saraf, dan mata.

Mengenali risiko
Para pakar sekarang paham, diabetes ditentukan oleh berbagai gen, tapi belum diketahui yang mana. Peluang rata-rata  perempuan berumur 18 sampai 44 tahun terserang diabetes adalah 1 dari 48 orang. Di atas umur ini dapat melonjak menjadi satu di antara sembilan orang. Risiko meningkat dua kali lipat jika salah satu orangtua atau saudara kandung menderita diabetes sebelum 45 tahun dan meningkat empat kali jika kedua-duanya ada riwayat diabetes.

Faktor yang dapat meningkatkan risiko
Kelebihan berat badan dan tidak banyak bergerak adalah dua penyebab besar. Pada kenyataannya, 80 sampai 90 persen orang dewasa dengan diabetes mempunyai indeks massa tubuh di atas 25. Perempuan juga mempunyai beberapa faktor khusus. Orang yang menderita diabetes gestational, bayi super besar (lebih dari 4,5 kg), atau polycystic ovarian syndrome, yang sering disertai dengan resisten insulin, berisiko lebih tinggi terkena diabetes.

Pencegahan

-Berolahraga secara teratur dan terukur meningkatkan sensitivitas terhadap insulin, menurunkan kadar gula darah, dan menurunkan risiko diabetes sampai separuhnya.

-Kurangi makan. Orang yang kelebihan berat badan dengan kondisi pradiabetes yang menurunkan hanya 5 sampai 7 persen dari berat badan mereka, berkemungkinan lebih kecil hingga separuhnya untuk terserang penyakit ini dibanding mereka yang minum obat pencegah diabetes.

-Beli alat monitor denyut jantung.Dapatkan manfaat terbesar dari olahraga, dengan memastikan denyut jantung mencapai dan bertahan pada 60 sampai 85 persen denyut maksimum selama 30 menit, paling sedikit tiga kali seminggu. Untuk menghitung denyut jantung yang ditargetkan, kurangi 220 dengan umur. Kalikan hasilnya dengan 0,6 lalu dengan 0,85. Denyut jantung harus berada di antara kedua angka ini.




Fokus : Usia


#Penyakit
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






2 jam yang lalu

Ini Dia Tanda - Tanda Tubuh Alami Dehidrasi

Wartakesehatan.com - Rata-rata tubuh memerlukan air putih sebanyak 8 gelas per hari. Meski begitu, tidak sedikit orang yang..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Mengkonsumsi Air Putih Saat Perut Kosong Ini Manfaatnya

Wartakesehatan.com - Berdasarkan penelitian mengonsumsi air putih secara rutin dalam kadar yang telah ditentukan dapat..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Lemak Salmon Dapat Mencegah Terjadinya Kanker

Wartakesehatan.com - Tahukah anda bahwa daging salmon juga sangat bermanfaat bagi peremajaan kulit. Dr Rachel Nazarian,..
4 jam yang lalu

Tidur Miring Mencegah Penyakit Maag

Wartakesehatan.com -  Banyak orang justru mengalami masalah kesehatan, ketika mereka mulai mengalami kesulitan..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Anda Wajib Hindari Beberapa Kesalahan Kesehatan Ini

Wartakesehatan.com - Sangat penting untuk menjaga kesehatan untuk mencegah penyakit tertentu. Sudah menerapkan gaya hidup..
7 jam yang lalu

Ini Dia Beberapa Manfaat Tidur Siang Saat Puasa

Wartakesehatan.com - Para ahli mengungkapkan jika tidur siang memiliki banyak manfaat kesehatan. Manfaat tersebut salah satunya..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Tidur Siang bisa Tingkatkan Mood

Wartakesehatan.com - Studi membuktikan, tidur siang bermanfaat bagi kesehatan. Nyatanya, studi yang memberitakan dalam..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

5 Langkah Hindari Terjadinya Pikun

Wartakesehatan.com - Pikun terjadi akibat adanya kerusakan pada sel-sel otak yang membuat kemampuan komunikasi antar..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Puasa Bermanfaat Penting bagi Kesehatan Paru-paru

Wartakesehatan.com - Saat sedang menjalankan puasa  ternyata memiliki banya manfaat untuk kesehatan tubuh. Tapi..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Buka Puasa dengan Kurma bisa Cegah Diare

Wartakesehatan.com - Selain rasanya yang manis alami, kurma juga memiliki banyak manfaat kesehatan selama berpuasa lho. Salah..

+Indeks