Rajin Minum Air bisa Menjaga Kesehatan Ginjal

Oleh : Dirk Christ | Minggu, 19 Mei 2019 | 07:05 WIB


(Ist)

Wartakesehatn.com - Saat kerja ginjal terganggu, maka risiko tak disaringnya racun yang masuk ke dalam tubuh pun meningkat. Bagi penderita ginjal, yang telah mengalami kerusakan ginjal, pasti bertanya-tanya, bagaimana cara membantu fungsi ginjal agar tetap bekerja dengan baik.

Berikut beberapa kebiasaan yang bisa Anda terapkan untuk membantu fungsi ginjal. Meskipun kebiasaan sehat ini belum tentu mengembalikan fungsi ginjal sepenuhnya, namun kebiasaan ini bisa memperlambat kerusakan ginjal yang lebih parah.

1. Minum air
Mengonsumsi air adalah cara yang bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan ginjal. Hanya saja Anda perlu memilih minuman yang tidak mengandung gula atau kafein yang berlebihan, sebab bisa menyebabkan 'stres' tambahan pada ginjal. Anda perlu mengonsumsi cairan sesuai anjuran dokter. Anda juga mungkin harus membatasi asupan cairan bila ginjal sudah tidak berfungsi dengan baik. Umumnya, orang dewasa perlu mengonsumsi cairan setidaknya delapan gelas setiap hari.

2. Batasi konsumsi natrium
Ginjal yang sudah tidak berfungsi normal tidak dapat 'membersihkan' kelebihan natrium dari dalam tubuh. Akibatnya, natrium ini akan tetap ada di dalam aliran darah dan menyebabkan retensi cairan yang bisa mengakibatkan pembengkakan atau odema. Inilah sebabnya, pada penderita ginjal kronis, mereka perlu membatasi asupan garam atau makanan bergaram yang mengandung natrium.

3. Batasi asupan protein
Penderita ginjal kronis juga perlu membatasi asupan protein. meskipun protein dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan secara umum, namun hasil 'limbah' protein membuat ginjal bekerja lebih keras. Ginjal yang mengalami kerusakan akan kesulitan dalam mengolah limbah protein. Itulah sebabnya, mereka perlu mendapatkan diet rendah protein.

4. Batasi konsumsi makanan yang mengandung fosfor
Ginjal yang sudah rusak juga akan mengalami kesulitan dalam menghilangkan kelebihan fosfor di dalam darah. kadar fosfor yang terlalu tinggi bisa menyebabkan tulang kehilangan kalsium dan berpotensi pada risiko terjadinya osteoporosis. Beberapa makanan yang banyak mengandung fosfor dan sebaiknya dibatasi adalah yoghurt, susu, ikan, unggas, daging sapi, telur dan kacang-kacangan.

5. Hindari alkohol
Penderita ginjal harus menjauhkan diri dari alkkohol. Konsumsi alkohol bisa membuat kerusakan ginjal semakin parah.




Fokus : Minum Air


#Kesehatan #Ginjal
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Mamin - 12 jam yang lalu

Makanan yang bisa Atasi Insomnia

Wartakesehatan.com - Kekurangan tidur dapat menyebabkan berbagai masalah, mulai dari menurunnya kondisi mental dan juga..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Bahanya 'Sleep Apnea' berujung Kematian

Wartakesehatan - Sleep Apnea Merupakan ganguan tidur yang menyebabkan nafas berhenti selama beberapa detik. Penyakit ini..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Pentingnya Mandi pada Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri masih banyak orang yang mengabaikan kebersihan tubuh atau bisa disebut dengan jarang..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Dampak Kurang Minum Air Putih Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Minimnya asupan air mineral, bisa berdampak pada kesehatan tubuh Anda lho. Tak hanya sembelit saja,..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

Cara Mengetahui Kesehatan Rambut

Wartakesehatan.com - Penting sekali untuk mengetahui bagaimana perawatan rambut yang tepat sesuai jenis dan juga..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

7 Tips untuk Berhenti Merokok

Wartakesehatan - Beberapa perokok mungkin memiliki keinginan untuk berhenti merokok. Alasannya sederhana karena merokok..
Mamin - 18 jam yang lalu

Jaga Kesehatan Usus dengan 5 Makanan ini!

Wartakesehatan.com - Usus merupakan organ tubuh yang harus dijaga agar selalu sehat dan bekerja secara optimal. Usus..
Warta Sehat - 19 jam yang lalu

Tips Tetap Sehat di Tempat Kerja

Wartakesehatan.com - Selain waktu yang banyak dihabiskan di kantor, gaya hidup tidak sehat, kurang olahraga dan sering..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

Cara Alami Ini Bisa Putihkan Gigi

Wartakesehatan.com - Hal yang satu ini mungkin aneh bagi masyarakat indonesia.Mencampurkan teh dengan sedikit susu..
Obat & Penyakit - 21 jam yang lalu

Sabun Anti Bakteri bisa atasi Bisul

Wartakesehatan - Bisul merupakan salah satu gangguan kulit yang umur terjadi. Bisul adalah benjolan merah pada kulit yang..

+Indeks