Waspada, Tidur Berlebihan picu Stroke

Oleh : Dirk/rp | Rabu, 02 Mei 2018 | 21:35 WIB


(Ist)

Wartakesehatan.com - Kesehatan bisa terganggu jika tubuh tidak mendapat cukup waktu untuk tidur. Tapi tahukah kamu kalau ternyata kebanyakan tidur juga bisa berdampak buruk untuk kesehatan?

Orang dewasa disarankan untuk tidur 7-8 jam per malamnya. Jika lebih dari itu, ternyata ada resiko yang cukup berbahaya untuk kesehatan tubuh lho. Para peneliti dari ‘Chicago School of Medicine’ menemukan bahwa orang yang tidur lebih dari 8 jam per malamnya mempunyai resiko 2 kali lebih besar terkena angina atau sakit dada dan 10% berisiko lebih tinggi terkena penyakit jantung koroner.

Selain itu, ada empat resiko bahaya lain yang mungkin bisa dialami jika kebanyakan tidur. Berikut ini merupakan 4 bahaya kebanyakan tidur untuk kesehatan.

Berisiko kena obesitas

Naiknya berat badan bisa jadi akibat dari kebanyakan tidur lho ladies. Seorang profesor ilmu psikiatri dan tingkah laku hayati menjelaskan jika orang yang mengalami obesitas biasanya adalah orang yang kebanyakan tidur. Terlalu banyak tidur, jadi tidak ada waktu untuk olahraga atau sekadar menggerakkan tubuh. Kalori yang dibakar pun makin sedikit. Dalam sebuah penelitian dari Kanada, orang yang kebanyakan tidur mempunyai resiko 25% lebih tinggi berat badannya naik 5 kg dalam kurun waktu penelitian selama 6 tahun dan 21% beresiko lebih tinggi mengalami obesitas.

Gejala depresi

Salah satu gejala depresi yakni kebanyakan tidur. Dengan kata lain, saat kamu susah bangun tidur, itu bisa jadi salah satu sinyal bahwa sebenarnya kamu mengalami masalah atau gangguan mental. Elizabeth McDevitt, PhD, peneliti di Sleep and Cognition Lab, University of California, Riverside mempunyai sebuah hipotesis. Dia menyebutkan bahwa durasi waktu tidur yang panjang itu ada kaitannya dengan menurunnya aktivitas fisik. Aktivitas fisik berkaitan dengan menurunkan resiko depresi karena bisa meningkatkan kadar neurotransmiter dopamin dan juga serotonin, meningkatkan pelepasan endorfin, mencegah rangsangan stres, serta meningkatkan rasa percaya diri. Singkatnya, orang yang depresi sering menjadikan tidur sebagai pelampiasan atau untuk beradaptasi dengan kondisi tubuh sehingga jadi tidur lebih lama.

Otak tidak bekerja dengan optimal

Selain pusing, kamu juga bisa mengalami otak berkabut jika kebanyakan tidur. Sebuah penelitian dari Harvard menunjukkan bahwa perempuan dewasa yang tidur lebih dari 9 jam mempunyai kondisi kognitif yang buruk, setara dengan mengalami 2 tahun penuaan. Gangguan tidur yang dialami orang yang kebanyakan tidur bisa menyebabkan penurunan fungsi pada otak. Sehingga fungsi kognitif serta kemampuan berpikir otak bisa ikut terganggu.

Berisiko terkena stroke

Selain bisa meningkatkan resiko terkena penyakit jantung, kebanyakan tidur juga bisa meningkatkan resiko terkena penyakit kanker. Sebuah penelitian dari Inggris menunjukkan orang yang kebanyakan tidur mempunyai risiko 46% lebih tinggi terserang stroke.

Kekurangan ataupun kebanyakan tidur sama-sama bisa berdampak buruk untuk kesehatan. Bahkan tubuh bisa terasa sakit dan nyeri semua akibat kebanyakan tidur.




Fokus : Tidur


#Stroke
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Tomat Mrncegah Kanker dan Menyehatkan Jantung

Wartakesehatan.com - Seringkali tomat juga diolah menjadi minuman, seperti jus atau untuk tambahan bahan salad. Seperti yag..
3 hari yang lalu

Tidur Mangap Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Tidur nyenyak memang menjadi keinginan banyak orang, karena tidak semua orang bisa tertidur..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Ini Dia Yang Menpengaruhi Kualitas Kesehatan Anda

Wartakesehatan.com -  Banyak hal yang dapat mempengaruhi kualitas kesehatan seseorang. Diantaranya ada enam faktor utama..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Sayur dan Buah Merah Baik untuk Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan.com  - Sayur dan buah-buahan yang berwarna merah mampu membantu mengubah karbohidrat, protein, dan lemak,..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Rajin Membaca Dapat Memperbaiki Kualitas Tidur

Wartakesehatan.com - Sebuah penelitian menemukan, jika orang yang rutin membaca menunjukkan memiliki tingkat stres dan depresi..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Tidur Telanjang Membantu Kehidupan Seksual

Wartakesehatan.com - Ada lima keuntungan utama yang bisa didapatkan dengan membiasakan tidurtanpa busana, yakni..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Benarkah Mayones Tak Selalu Baik untuk Kesehatan

Wartakesehatan.com - Pakar medis mengklaim bahwa mayones tidak sehat karena faktanya mengonsumsi mayones itu bisa menambah..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Darah Haid yang Sedikit Perlu Diwaspadai

Wartakesehatan.com - Umumnya, seseorang akan mengalami menstruasi selama 5 sampai 8 hari. Namun, beberapa orang mungkin akan..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Lobak Mengandung Vitamin dan Kaya Mineral

Wartakesehatan.com - Diketahui bahwa lobak memiliki jumlah kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan kentang. Dan,..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Susu Melindungi Kita dari Penyakit Kardiovaskular

Wartakesehatan.com - Susu juga memberikan khasiat lain pada tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat rutin konsumsi susu tiap..

+Indeks