Makanan dan Minuman Ini Bantu Mood Anda Selalu Baik

Oleh : nurul kinanti/kabar.news | Minggu, 06 Mei 2018 | 14:01 WIB



Wartakesehatan.com - Jika sering mengalami suasana hati yang tak baik, ada baiknya mulai sekarang lebih memperhatikan makanan dan minuman yang sering dikonsumsi. Karena para ahli menyatakan jika makanan yang kita makan akan menentukan perasaan, apakah baik atau akan menjadi buruk dalam waktu yang cepat atau waktu relatif lama.

Makanan yang setiap hari dikonsumsi bisa mempengaruhi kondisi kadar gula darah yang membuat seseorang memiliki energi. Jika kadar gula tidak dalam kondisi yang stabil baik itu dalam kondisi tinggi ataupaun rendah pasti akan memeberikan perasan yang tidak nyaman. Selain itu juga dapat menyebabkan konstipasi atau sembelit karena kekurangan serat dan air.

Diane M. Becker MPH, ScD, Director of  The Center for Health Promotion di Johns Hopkins School of Medicine mengatakan,"Jika mengkonsumsi makanan yang sehat untuk jantung, kaya serat dan rendah lemak jenuh, ini sangat baik untuk merangsang mood jadi lebih baik.

Melansir dari laman WebMD, berikut ini sejumlah jenis makanan dan minuman yang bisa membantu mood seseorang selalu dalam kondisi yang baik:

1. Kandungan Vitamin B12 dan asam folat yang tinggi

Tahukah Anda mengapa stew daging (chili con carne) selalu didampingi dengan kacang merah? Atau Ikan salmon yang di Grill selalu didampingi dengan setup sayuran seperti brokoli? "Makanan tadi satunya kaya akan folat sedangkan pendampingnya kaya akan vitamin B12.

Kedua vitamin ini mampu mencegah penurunan fungsi sistem saraf, menstabilkan kondisi mood, dan mencegag dementia," jelas Edward Reynolds, MD dari Institute of Epileptology, King’s College, London.

Asam folat biasa terdapat pada kacang-kacangan dan sayuran hijau, sedangkan B12 banyak ditemukan dalam daging, ikan, dan unggas.

2. Konsumsi Buah-Buahan dan Sayuran

Buah dan sayur merupakan sumber nutrisi dan mengandung antioksidan, yang sangat baik untuk kesehatan  dan juga memperbaiki kualitas kesehatan tubuh Anda. Sebuah studi mengatakan, mengkonsumsi dua atau lebih buah dan sayur dalam sehari akan memberikan kualitas kesehatan 11% yang akan berpengaruh pada kualitas hidup Anda.

3. Konsumsi Makanan yang Banyak Mengandung Selenium

Selenium adalah salah satu jenis mineral yang bisa menjadi antioksidan dalam tubuh. Anti oksidan mampu membuat perasaan menjadi lebih baik dan bisa mengurangi 'bad mood'. Cobalah konsumsi setidaknya 55 micrograms selenium setiap hari, baik untuk pria maupun wanita. Selenium dapat dietmukan dalam gandum utuh, bisa dari oatmeal, roti gandum, maupun beras merah.

 
4. Konsumsi Ikan Lebih Banyak Dalam Seminggu

Beberapa studi menemukan bahwa laki-laki dan perempuan memiliki sedikit kemungkinan mengalami gejala depresi jika mengkonsumsi banyak ikan. Secara tidak langsung asam lemak dalam ikan khususnya salmon yang mengandung asam lemak omega 3. 

5. Minum Vitamin D Setiap Hari

Sinar matahari menstimulus tubuh kita untuk mengambil dan memproses vitamin D. Ada baiknya untuk mengkonsumsi ikan, seperti salmon, tuna, dan mackarel untuk penuhi kebutuhan vitamin D. Selain itu bisa juga dengan hati sapi, kaju, dan kuning telur.

6. Konsumsi Sepotong Cokelat

Hormon endorphin, hormon yang membuat perasan senang, seperti sedang jatuh cinta, bisa ditingkatkan dengan makan dark cokelat. Tidak hanya itu saja, dark cokelat juga dapat membantu kesehatan jantung agar tidak terjadi penymbatan pembuluh darah.

 




#Kesehatan #Minuman #Mood #Makanna
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Tomat Mrncegah Kanker dan Menyehatkan Jantung

Wartakesehatan.com - Seringkali tomat juga diolah menjadi minuman, seperti jus atau untuk tambahan bahan salad. Seperti yag..
3 hari yang lalu

Tidur Mangap Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Tidur nyenyak memang menjadi keinginan banyak orang, karena tidak semua orang bisa tertidur..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Ini Dia Yang Menpengaruhi Kualitas Kesehatan Anda

Wartakesehatan.com -  Banyak hal yang dapat mempengaruhi kualitas kesehatan seseorang. Diantaranya ada enam faktor utama..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Sayur dan Buah Merah Baik untuk Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan.com  - Sayur dan buah-buahan yang berwarna merah mampu membantu mengubah karbohidrat, protein, dan lemak,..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Rajin Membaca Dapat Memperbaiki Kualitas Tidur

Wartakesehatan.com - Sebuah penelitian menemukan, jika orang yang rutin membaca menunjukkan memiliki tingkat stres dan depresi..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Tidur Telanjang Membantu Kehidupan Seksual

Wartakesehatan.com - Ada lima keuntungan utama yang bisa didapatkan dengan membiasakan tidurtanpa busana, yakni..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Benarkah Mayones Tak Selalu Baik untuk Kesehatan

Wartakesehatan.com - Pakar medis mengklaim bahwa mayones tidak sehat karena faktanya mengonsumsi mayones itu bisa menambah..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Darah Haid yang Sedikit Perlu Diwaspadai

Wartakesehatan.com - Umumnya, seseorang akan mengalami menstruasi selama 5 sampai 8 hari. Namun, beberapa orang mungkin akan..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Lobak Mengandung Vitamin dan Kaya Mineral

Wartakesehatan.com - Diketahui bahwa lobak memiliki jumlah kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan kentang. Dan,..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Susu Melindungi Kita dari Penyakit Kardiovaskular

Wartakesehatan.com - Susu juga memberikan khasiat lain pada tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat rutin konsumsi susu tiap..

+Indeks