Tidur Larut Malam Miliki Konsekuensi Kesehatan Bagi Tubuh

Oleh : nurul kinanti | Jumat, 11 Mei 2018 | 13:02 WIB



Wartakesehatan.com - Dari sebuah penelitian terhadap lebih dari 500.000 orang terungkap, orang yang tidur larut malam dan mengerjakan pekerjaan hingga pagi cenderung punya masalah kesehatan, dan sekitar 50.000 orang dari kelompok ini meninggal dalam studi enam setengah tahun.

Masalah kesehatan yang menghantui para penyuka begadang ini antara lain diabetes, gangguan psikologis, dan juga gangguan neurologi (saraf). Studi tersebut dilakukan oleh tim dari University of Surrey dan Northwestern University.

Mereka menilai resiko kematian secara keseluruhan pada dua tipe orang berbeda, orang yang tidur larut malam dan mendapatkan tidur dengan jam yang cukup. Kristen Knutson, profesor neurologi di Northwestern University, Feinberg School of Medicine, mengatakan kebiasaan tidur larut malam memiliki konsekuensi kesehatan bagi tubuh.

Mereka disebut juga bisa tidak cocok dengan lingkungan yang memiliki jam tidur normal. Beberapa dampak faktual yang terjadi seperti stres secara psikologis, kemudian makan pada waktu yang salah untuk tubuh, tidak cukup berolahraga, tidak cukup tidur, terjaga di malam hari, hingga menggunakan obat-obatan terlarang dan minuman keras.

“Ada berbagai macam perilaku tidak sehat yang berhubungan dengan tidur larut malam,” katanya. Tapi, menurut Knutson, pola tersebut bukan lah kutukan dan mudah diperbaiki, sehingga kita bisa membuat pola tidur lebih baik agar terhindar dari masalah-masalah kesehatan yang tidak diinginkan.






#Tidur #Larut Malam
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






2 jam yang lalu

Ini Dia Tanda - Tanda Tubuh Alami Dehidrasi

Wartakesehatan.com - Rata-rata tubuh memerlukan air putih sebanyak 8 gelas per hari. Meski begitu, tidak sedikit orang yang..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Mengkonsumsi Air Putih Saat Perut Kosong Ini Manfaatnya

Wartakesehatan.com - Berdasarkan penelitian mengonsumsi air putih secara rutin dalam kadar yang telah ditentukan dapat..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Lemak Salmon Dapat Mencegah Terjadinya Kanker

Wartakesehatan.com - Tahukah anda bahwa daging salmon juga sangat bermanfaat bagi peremajaan kulit. Dr Rachel Nazarian,..
4 jam yang lalu

Tidur Miring Mencegah Penyakit Maag

Wartakesehatan.com -  Banyak orang justru mengalami masalah kesehatan, ketika mereka mulai mengalami kesulitan..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Anda Wajib Hindari Beberapa Kesalahan Kesehatan Ini

Wartakesehatan.com - Sangat penting untuk menjaga kesehatan untuk mencegah penyakit tertentu. Sudah menerapkan gaya hidup..
7 jam yang lalu

Ini Dia Beberapa Manfaat Tidur Siang Saat Puasa

Wartakesehatan.com - Para ahli mengungkapkan jika tidur siang memiliki banyak manfaat kesehatan. Manfaat tersebut salah satunya..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Tidur Siang bisa Tingkatkan Mood

Wartakesehatan.com - Studi membuktikan, tidur siang bermanfaat bagi kesehatan. Nyatanya, studi yang memberitakan dalam..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

5 Langkah Hindari Terjadinya Pikun

Wartakesehatan.com - Pikun terjadi akibat adanya kerusakan pada sel-sel otak yang membuat kemampuan komunikasi antar..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Puasa Bermanfaat Penting bagi Kesehatan Paru-paru

Wartakesehatan.com - Saat sedang menjalankan puasa  ternyata memiliki banya manfaat untuk kesehatan tubuh. Tapi..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Buka Puasa dengan Kurma bisa Cegah Diare

Wartakesehatan.com - Selain rasanya yang manis alami, kurma juga memiliki banyak manfaat kesehatan selama berpuasa lho. Salah..

+Indeks