Apa yang Menyebabkan Vertigo Saat Puasa?

Oleh : nurul kinanti | Jumat, 11 Mei 2018 | 16:18 WIB



Wartakesehatan.com - Puasa mungkin tidak mudah dijalani bagi sebagian orang, terutama yang mengalami masalah kesehatan. Menahan lapar dan haus selama kurang lebih 13 jam kadang tidak mudah. Anda mungkin bisa mengalami kelelahan, pusing, sakit kepala, ingin pingsan, bahkan vertigo saat puasa.

Apa yang menyebabkan vertigo saat puasa? Berikut covesia.com mengulasnya dari laman hellosehat.

Apa itu vertigo?

Vertigo adalah rasa tidak seimbang, sehingga Anda merasa seperti sedang berputar atau lingkungan di sekitar anda terasa berputar dan anda merasa pusing akan hal itu. Ini bisa menjadi sangat parah dan membuat anda merasa sulit dalam melakukan aktivitas anda sehari-hari.

Umumnya, vertigo terjadi pada lansia yang sudah berusia 65 tahun ke atas, namun juga bisa terjadi pada usia berapapun.

Vertigo bisa muncul tiba-tiba dan berlangsung selama beberapa detik atau lebih lama. Saat anda mengalami vertigo, anda akan merasakan kehilangan keseimbangan (membuat sulit untuk berdiri atau bahkan berjalan), merasa sakit, dan pusing.

Apa penyebab vertigo saat puasa?

Vertigo disebabkan karena adanya gangguan keseimbangan dalam tubuh anda, yang bergantung pada berbagai bagian sistem sensorik, seperti mata, saraf sensorik, dan telinga bagian dalam.

Adanya gangguan pada telinga dalam membuat otak menerima sinyal dari telinga bagian dalam yang tidak sesuai dengan apa yang diterima oleh mata dan saraf sensorik. Sehingga, otak anda pun mengalami kebingungan, dan anda merasa pusing serta tidak seimbang.

Saat anda puasa, beberapa hal bisa menjadi pemicu anda mengalami vertigo saat puasa, yaitu:

  • Migrain. Migrain atau sakit kepala sebelah saat puasa dapat menyebabkan anda juga mengalami vertigo, bahkan jika migrain yang anda rasakan tidak terlalu parah. Migrain ini bisa dipicu oleh kebisingan atau sensitif terhadap cahaya. Vertigo yang anda rasakan bisa berlangsung beberapa menit atau lebih lama.
  • Sirkulasi darah yang buruk. Hal ini membuat jantung anda tidak cukup memompa darah sampai ke otak atau telinga bagian dalam, sehingga anda bisa merasa pusing, ingin pingsan, dan tidak seimbang (vertigo).
  • Tekanan darah rendah. Kondisi ini juga dapat menyebabkan aliran darah dari jantung ke otak dan telinga bagian dalam terhambat, sehingga anda bisa mengalami pusing, lemas, dan vertigo saat puasa. Biasanya, anda bisa mengalami hal ini jika berdiri terlalu cepat dari duduk atau berbaring.
  • Gula darah rendah. Saat puasa, umum terjadi gula darah menurun karena tidak ada asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh anda. Hal ini membuat anda merasa lemas, lelah, dan pusing. Juga, dapat menyebabkan vertigo Anda kambuh.
  • Dehidrasi. Kekurangan cairan atau dehidrasi juga umum terjadi saat puasa ketika jumlah cairan yang Anda minum kurang dari jumlah cairan yang keluar dari tubuh anda. Hal ini membuat anda merasa pusing, lemas, dan juga lelah, serta memicu vertigo.



#Puasa #Vertigo
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






2 jam yang lalu

Ini Dia Tanda - Tanda Tubuh Alami Dehidrasi

Wartakesehatan.com - Rata-rata tubuh memerlukan air putih sebanyak 8 gelas per hari. Meski begitu, tidak sedikit orang yang..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Mengkonsumsi Air Putih Saat Perut Kosong Ini Manfaatnya

Wartakesehatan.com - Berdasarkan penelitian mengonsumsi air putih secara rutin dalam kadar yang telah ditentukan dapat..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Lemak Salmon Dapat Mencegah Terjadinya Kanker

Wartakesehatan.com - Tahukah anda bahwa daging salmon juga sangat bermanfaat bagi peremajaan kulit. Dr Rachel Nazarian,..
4 jam yang lalu

Tidur Miring Mencegah Penyakit Maag

Wartakesehatan.com -  Banyak orang justru mengalami masalah kesehatan, ketika mereka mulai mengalami kesulitan..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Anda Wajib Hindari Beberapa Kesalahan Kesehatan Ini

Wartakesehatan.com - Sangat penting untuk menjaga kesehatan untuk mencegah penyakit tertentu. Sudah menerapkan gaya hidup..
7 jam yang lalu

Ini Dia Beberapa Manfaat Tidur Siang Saat Puasa

Wartakesehatan.com - Para ahli mengungkapkan jika tidur siang memiliki banyak manfaat kesehatan. Manfaat tersebut salah satunya..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Tidur Siang bisa Tingkatkan Mood

Wartakesehatan.com - Studi membuktikan, tidur siang bermanfaat bagi kesehatan. Nyatanya, studi yang memberitakan dalam..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

5 Langkah Hindari Terjadinya Pikun

Wartakesehatan.com - Pikun terjadi akibat adanya kerusakan pada sel-sel otak yang membuat kemampuan komunikasi antar..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Puasa Bermanfaat Penting bagi Kesehatan Paru-paru

Wartakesehatan.com - Saat sedang menjalankan puasa  ternyata memiliki banya manfaat untuk kesehatan tubuh. Tapi..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Buka Puasa dengan Kurma bisa Cegah Diare

Wartakesehatan.com - Selain rasanya yang manis alami, kurma juga memiliki banyak manfaat kesehatan selama berpuasa lho. Salah..

+Indeks