7 Menu Buka Puasa Terbaik Bagi Kesehatan

Oleh : nurul kinanti | Sabtu, 19 Mei 2018 | 15:37 WIB



Wartakesehatan.com - Puasa sendiri merupakan kegiatan menahan diri dari hal-hal yang dapat membatalkan puasa dari terbit hingga tenggelamnya matahari, termasuk di antaranya adalah makan dan minum.
 
Karena merupakan ibadah jasmani dan rohani, menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa tentu menjadi sebuah keharusan. Dalam hal ini, salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan memperhatikan menu makanan ketika sahur dan berbuka.
 
Biasanya, orang yang berpuasa cenderung memiliki hasrat untuk makan banyak ketika berbuka. Terlebih ketika mereka dihadapkan dengan hidangan-hidangan yang lezat dan mengundang selera. Hal ini sebenarnya sah-sah saja. Namun, pastikan komposisi makanan yang Anda konsumsi memiliki nikai gizi tinggi dan baik untuk kesehatan.
 
 
Nah dilansir dari situs Health24, berikut adalah beberapa pilihan menu untuk berbuka puasa yang sebaiknya Anda konsumsi agar tubuh tetap sehat selama menjalani bulan puasa.
  • Kurma
Anjuran Rasulullah Saw. untuk memakan 3 buah kurma ketika berbuka puasa tentu bukan tanpa alasan. Pasalnya, buah manis yang memiliki tekstur berserat ini sangat kaya akan kandungan glukosa, fruktosa, serta sukrosa dengan kadar kalori rendah yang efektif untuk mengembalikan energi yang hilang ketika berpuasa.
 
Bahkan, menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh sekelompok peneliti dari Weill Cornell Medicine Qatar, kurma juga banyak mengandung phytochemical—bahan kimia alami yang dapat menurunkan kolesterol, mengurangi risiko penyakit jantung, serta memiliki sifat antikanker, antioksidan, dan antiinflamasi.
 
  • Air Putih
Mencukupi kebutuhan cairan selama berpuasa adalah hal yang sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah lemas. Karenanya, sangat dianjurkan untuk meminum air putih terlebih dahulu ketika berbuka agar cairan tubuh yang hilang saat berpuasa bisa kembali normal.
  • Madu
Madu memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Menurut sejumlah penelitian, cairan ini kaya akan kandungan antioksidan, kalium, vitamin, zat besi, sulfur, serta zat-zat baik lainnya yang dapat menjadi obat alami untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, termasuk di antaranya seperti gangguan pencernaan, diabetes, kardiovaskular, asma, hingga obesitas.
Di samping itu, kandungan fruktosa dan glukosa yang dimiliki madu juga sangat mudah diserap tubuh sehingga dapat mengembalikan energi dan stamina yang hilang ketika berpuasa.
 
  • Buah-Buahan Berserat
Menu buka puasa sehat selanjutnya yang juga sangat dianjurkan adalah buah-buahan segar. Selain mengandung banyak cairan, kandungan serat yang dimiliki oleh buah juga dapat membantu mengembalikan energi yang hilang setelah seharian menahan lapar dan haus. Untuk itu, pastikan untuk mengonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung air dan serat seperti semangka, melon, anggur, apel, serta pepaya.
  • Sayur-Sayuran
Selain buah, sayur-sayuran juga sangat baik untuk dikonsumsi sebagai menu berbuka. Pasalnya, ukuran lambung orang yang berpuasa akan cenderung dan memproduksi sedikit enzim pencernaan. Itu sebabnya, sangat disarankan untuk mengonsumsi bahan makanan yang mudah dicerna agar lambung tidak kaget dan bekerja terlalu berat. Adapun beberapa sayuran yang bisa Anda konsumsi sebagai menu berbuka antara lain adalah bayam, sawi, brokoli, kangkung, serta sayuran-sayuran hijau lainnya.
 
  • Ikan
Ikan juga bisa Anda konsumsi sebagai pendamping ketika berbuka. Pasalnya, ikan sangat kaya akan kandungan protein, antioksidan, omega 3, vitamin D, vitamin B2, serta sejumlah mineral-mineral baik yang berguna untuk menjaga daya tahan tubuh selama menjalani ibadah puasa. Adapun beberapa jenis ikan yang bisa Anda konsumsi di antaranya adalah ikan tuna, ikan cod, serta ikan salmon.
  • Telur
Sumber protein lain yang juga disarankan sebagai menu berbuka adalah telur. Selain mudah dicerna oleh tubuh, telur juga sangat kaya akan kandungan protein. Dalam satu butir telur, setidaknya terdapat 6 gram protein dan 9 macam asam amino yang sangat diperlukan oleh tubuh.
 



#Makanan #Buka Puasa #Menu
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Konsumsi Toge bisa bikin Sperma Sehat

Wartakesehatan.com - Toge merupakan salah satu sumber vitamin E, antioksidan yang penting untuk reproduksi. Vitamin..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Konsumsi Toge bisa bikin Sperma Sehat

Wartakesehatan.com - Toge merupakan salah satu sumber vitamin E, antioksidan yang penting untuk reproduksi. Vitamin..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Atasi Masalah Kesehatan dengan Jus Kentang

Wartakesehatan.com - Mengonsumsi jus kentang juga ampuh mengatasi berbagai masalah penyakit. Berikut masalah kesehatan..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Berjalan Tanpa Alas Kaki Menyehatkan Tulang

Wartakesehatan.com - Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika berolahraga dengan melepas alas kaki bisa memberikan banyak..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Pisang Merah Melindungi Kesehatan Jantung

Wartakesehatan.com - Menurut riset yang ditulis dari medicaldaily. com, pisang merah mempunyai kalori sejumlah 30 kalori..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Buah Mangga Mengandung Banyak Vitamin

Wartyakesehatan.com - Tahukah Anda bahwa buah mangga merupakan jenis buah khas Indonesia, selain jenis buah-buahan lain..
Tekhnologi - 7 jam yang lalu

6 Bahaya jika Berlebihan Menggunakan AC

Wartakesehatan.com - Dampak penggunaan AC bagi kesehatan bisa muncul jika tubuh manusia sering terkena Air Conditioner..
Mamin - 8 jam yang lalu

Dapatkan Kulit Sehat dengan Sarapan Sehat

Wartakesehatan.com - Selain sehat dan memberikan energi, makan pagi juga membantu menjaga konsentrasi seseorang. Banyak..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Kesuburan Anak dipengaruhi oleh Pola Makan Ayah

Wartakesehatan - Percaya atau tidak ternyata pola makan seorang ayah terutama asupan protein ternyata sangat mempengaruhi..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Perhatikan Hal ini, Sebelum memakai Lensa Kontak

Wartakesehatan - Lensa kontak akhir-akhir ini menjadi pilihan bagi mereka yang mengalami mata minus karena selain mudah..

+Indeks