Benarkah Suhu Dingin Sebabkan Flu ?

Oleh : nurul kinanti | Selasa, 22 Mei 2018 | 09:37 WIB



Wartakesehatan.com - Hasil studi dari pertengahan abad ke-20 yang ditemukan oleh metode ilmiah modern, menunjukkan beberapa hal berbeda  mengenai beberapa mitos, sehingga mitos yang selama ini dipercaya menjadi kurang akurat.

Diketahui, terdapat lima mitos kesehatan paling umum, melansir doktersehat, yang ternyata kurang tepat. Apa sajakah itu?

1. Konsumsi air delapan gelas per hari
Secara keseluruhan, minum cukup air setiap hari baik untuk kesehatan. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mencatat bahwa tidak ada pedoman tentang berapa banyak air yang harus diminum setiap hari.

Namun mereka terhubung dengan National Academy of Sciences, Engineering and Medicine, yang mengatakan bahwa wanita membutuhkan 2,7 liter dan pria membutuhkan 3,7 liter total air per hari.

Banyak orang percaya bahwa jumlah air harian yang disarankan adalah delapan gelas, sama dengan 2,5 liter. Angka ini tidak memperhitungkan jumlah air yang kita dapatkan dari minuman atau makanan lain sama sekali. Angka ini tidak muncul dalam pedoman Amerika Serikat resmi atau ilmiah tentang konsumsi air.

2. Suhu dingin sebabkan flu
Saat Anda terkena flu, bukan karena berada di dalam cuaca buruk, tetapi karena virus. Seseorang terinfeksi oleh virus dingin, yang dikenal sebagai rhinoviruses, melalui kontak fisik atau berada di ruang yang sama dengan orang yang terinfeksi. Jadi, suhu dingin yang menyebabkan orang terserang flu adalah mitos. Mekanisme yang menjadi dingin sebenarnya dapat membuat kita lebih rentan pilek.

Studi juga menemukan bahwa virus dingin berkembang dalam cuaca yang lebih dingin, karena mereka kurang mampu bertahan hidup pada suhu tubuh normal. Jadi, sebagian besar disebabkan oleh virus dan bukan hanya konsekuensi dari cuaca dingin.

3. Meremas jari dapat sebabkan radang sendi
Para peneliti menjelaskan, ketika meremas jari hingga menimbukan suara, kita sedikit menarik sendi yang menyebabkan tekanan menurun pada cairan sinovial yang melumasi sendi. Ketika ini terjadi, gelembung terbentuk dalam cairan.

Variasi tekanan menyebabkan gelembung cepat berfluktuasi, menciptakan suara retak khas, yang sangat menyenangkan saat memijat.

4. Deodoran dapat sebabkan kanker payudara
Hampir semua penelitian yang telah menguji hal ini menemukan sedikit bukti untuk mendukung klaim bahwa deodoran dapat menyebabkan kanker payudara. Satu penelitian retrospektif mengungkapkan, penderita kanker payudara yang menggunakan deodoran secara teratur didiagnosis lebih muda daripada wanita yang tidak secara teratur menggunakannya.

Tetapi karena ini adalah penelitian retrospektif, hasilnya tidak dapat membuktikan hubungan antara penggunaan deodoran dan perkembangan kanker payudara. The National Cancer Institute mengatakan bahwa penelitian tambahan akan diperlukan untuk membuktikan bahwa hubungan antara penggunaan deodoran dan kanker payudara.

5. Telur tidak baik untuk jantung
Beberapa orang merekomendasikan bahwa kita harus makan hanya dua sampai empat telur per minggu, dan bahwa individu dengan diabetes tipe 2 atau riwayat penyakit jantung harus makan lebih sedikit.

Tetapi penelitian baru menunjukkan tidak ada hubungan antara makan banyak telur dan ketidakseimbangan kolesterol atau peningkatan risiko masalah jantung dan diabetes tipe 2. Bukti menunjukkan bahwa makan dua telur setiap hari aman dan memiliki efek netral atau sedikit bermanfaat pada faktor risiko untuk penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Menurut CDC, telur adalah salah satu makanan paling bergizi dan ekonomis yang ditawarkan oleh alam. Risiko utama kesehatan yang ditimbulkan telur adalah infeksi Salmonella. CDC memberikan panduan tentang cara terbaik menghindari salmonella




#Mitos
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Tomat Mrncegah Kanker dan Menyehatkan Jantung

Wartakesehatan.com - Seringkali tomat juga diolah menjadi minuman, seperti jus atau untuk tambahan bahan salad. Seperti yag..
3 hari yang lalu

Tidur Mangap Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Tidur nyenyak memang menjadi keinginan banyak orang, karena tidak semua orang bisa tertidur..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Ini Dia Yang Menpengaruhi Kualitas Kesehatan Anda

Wartakesehatan.com -  Banyak hal yang dapat mempengaruhi kualitas kesehatan seseorang. Diantaranya ada enam faktor utama..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Sayur dan Buah Merah Baik untuk Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan.com  - Sayur dan buah-buahan yang berwarna merah mampu membantu mengubah karbohidrat, protein, dan lemak,..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Rajin Membaca Dapat Memperbaiki Kualitas Tidur

Wartakesehatan.com - Sebuah penelitian menemukan, jika orang yang rutin membaca menunjukkan memiliki tingkat stres dan depresi..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Tidur Telanjang Membantu Kehidupan Seksual

Wartakesehatan.com - Ada lima keuntungan utama yang bisa didapatkan dengan membiasakan tidurtanpa busana, yakni..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Benarkah Mayones Tak Selalu Baik untuk Kesehatan

Wartakesehatan.com - Pakar medis mengklaim bahwa mayones tidak sehat karena faktanya mengonsumsi mayones itu bisa menambah..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Darah Haid yang Sedikit Perlu Diwaspadai

Wartakesehatan.com - Umumnya, seseorang akan mengalami menstruasi selama 5 sampai 8 hari. Namun, beberapa orang mungkin akan..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Lobak Mengandung Vitamin dan Kaya Mineral

Wartakesehatan.com - Diketahui bahwa lobak memiliki jumlah kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan kentang. Dan,..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Susu Melindungi Kita dari Penyakit Kardiovaskular

Wartakesehatan.com - Susu juga memberikan khasiat lain pada tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat rutin konsumsi susu tiap..

+Indeks